Apa Itu Garden By The Bay?

cegoh / Pixabay

cegoh / Pixabay

Singapura menjadi salah satu negara pilihan destinasi wisata luar negeri bagi orang Indonesia. Letaknya yang berbatasan langsung dengan wilayah Batam, membuat negara ini cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan Indonesia. Selain karena menjadi negara maju dengan berbagai fasilitasnya, keindahan wisata Singapura juga tak kalah menariknya. Bahkan dari sekian banyaknya wisata yang ada. Garden By The Bay menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat Anda bertandang kesana.

Apa Itu Garden Bay The Bay?

Nama Garden By The Bay mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Selain karena menjadi lokasi wisata favorit, tempat ini juga menjadi andalan bagi negara Singapura sendiri. Selain itu, lokasinya yang bertempat di belakang Hotel Marina Bay. Membuat tempat ini selalu ramai akan pengunjung setiap waktunya. Bahkan di hari libur akhir pekan, banyak wisatawan manca yang berkunjung demi melihat dan menikmati indahnya kebun yang dilengkap dengan fasilitas canggih ini.

Secara umum, Garden By The Bay adalah kebun kota yang dibuat dengan fasilitas yang sangat luar biasa. Namun jika biasanya Anda mengartikan kebun kota sebagai tempat penghijauan yang dilengkapi dengan fasilitas bermain ataupun yang lainnya. Namun berbeda jauh dengan tempat yang satu ini. Dimana Garden By The Bay bukanlah sebuah kebun biasa yang mirip di kota-kota besar lainnya. Kebun ini di desain dengan konsep yang sangat luas biasa sekaligus dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih lainnya.

Bahkan tidak sedikit dari wisatawan yang mengatakan jika kebun ini merupakan kebun tercantik dengan konsep terbaik di dunia. Karena kecantikannya tersebut, tempat ini pernah dinobatkan menjadi salah satu pemenang Arsitekture of The Year di tahun 2012 dan masuk sebagai Worlds Largest Glass Green House (Flower Dome) di penghargaan Guinness World Record di tahun 2015.

Dengan beberapa penghargaan yang disabetnya, tempat ini terus berbenah untuk menampilkan konsep dan ide-ide manarik lainnya. Di Garden By The Bay Anda akan melihat cantiknya berbagai jenis tanaman yang langsung didatangkan dari seluruh penjuru dunia. Tanaman-tanaman tersebut ditata dengan konsep yang sangat luar biasa hingga membuat decak kagum bagi siapa saja yang berkunjung ke sana.

Selain itu, tempat ini juga memiliki spot-spot utama, seperti Cloud Forest, Flower Dome (rumah kaca), dan SuperTree Grove atau taman Avatar yang terletak di outdoor area.

Arulonline / Pixabay

Cloud Forest

Cloud Forest adalah tempat yang di desain layaknya sebuah kubah besar dengan hembusan angin yang sangat dingin. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati udara dingin yang sangat segar. Udara dingin tersebut berasal dari air terjun yang berada di sebelahnya. Bayangkan saja, di dalam gedung bertingkat Anda bisa melihat indahnya air terjun buatan yang memiliki tinggi sekitar 35 meter.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati indahnya pemandangan dengan jembatan gantung di setiap lantainya. Bahkan yang menariknya lagi, di jam-jam tertentu tempat ini akan diberikan efek kabut sehingga pengunjung akan merasakan seolah mereka sedang berada di tengah hutan yang masih sangat segar dan alami.

Arulonline / Pixabay

Flower Dome (Rumah Kaca)

Flower Dome adalah sebuah kubah dengan bentuk yang sangat besar dilengkapi dengan berbagai jenis dan macam bunga yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Di tempat ini pengujung bisa menikmati indahnya bunga-bunga cantik yang ditata sedemikian rupa dan dilengkapi dengan teknologi canggih sehingga temanya dapat berganti-ganti setiap jamnya. Bahkan di kubah raksasa ini pengunjung bisa melihat pohon Baobab yang sangat besar.

jprohaszka / Pixabay

SuperTree Grove (Taman Avatar)

SuperTree Grove atau Taman Avatar adalah sebuah taman yang dibuat dengan model vertikal sehingga bentuknya menyerupai pohon-pohon raksasa. Di tempat ini Anda bisa melihat betapa kerennya Garden By The Bay yang dilengkapi dengan fasilitas sedemikian indahnya. Bahkan di malam hari, pengunjung bisa menikmati tempat ini dengan konsep yang lebih cantik. Pasalnya, pohon-pohon tersebut akan menyala dengan lampu warna-warna sehingga sangat kontras dengan pemandangan langit di malam hari.

Di tempat ini pengunjung juga dapat menikmati fasilitas OCBS Skyway, yaitu fasilitas dimana pengujung dapat naik di salah satu SuperTree dengan bantuan lift. Selain itu, pengunjung juga dapat melewati dari SuperTree satu ke SuperTree lainnya dengan jembatan gantung yang menghubungkan pohon-pohon raksasa tersebut.

mohamed_hassan / Pixabay

Jam Buka Garden By The Bay

Untuk pengunjung yang ingin berkunjung ke Garden By The Bay, berikut jadwal jam bukanya:

– Outdoor Garden: buka pukul 05.000 – 02.00 (setiap hari) dengan tikel
GRATIS
– Cloud Forest & Flower Dome: buka pukul 09.00 – 21.00 (setiap hari)
dengan tiket $28 untuk dewasa dan $15 untuk anak-anak (untuk tiket
terakhir dijual pukul 20.00)
– OCBS Skyway: buka pukul 09.00 – 21.00 (setiap hari) dengan tiket $8 untuk
dewasa dan $5 untuk anak-anak (untuk tiket terakhir dijual pukul 20.00)
– Childrens Garden: buka pukul 10.000 – 19.00 (Selasa – Jum’at) dan 09.00 –
21.00 (Sabtu – Minggu) dengan tikel GRATIS

Cara Menuju Garden By The Bay

Untuk pengunjung yang ingin bertandang ke Garden By The Bay bisa menggunakan kendaraan umum dengan beberapa pilihan berikut:

  • Jika naik MRT dari jalur Downtown Line atau Circle Line dan turun di
    Stasiun Bay Front (CE1/DT16) langsung ambil Exit B dan ikuti underground
    way. Jika sudah keluar, silahkan menyeberangi DragonFly Bridge dan masuk
    ke area Garden By The Bay.
  • Jika naik MRT dari jalur East West Line, turun di Stasiun Tanjong Pagar
    (EW15) langsung ambil Exit C. Setelah itu jalan ke Halte Bus 03223 yang
    ada di International Plaza, Anson Road setelah itu naik bus no.400,
    kemudian turun di bus stop no.03371 yang ada di depat Marina Garden
    Drive.
  • Dari Marina Bay Sands pengunjung bisa berjalan menyeberangi Lions Bridge
    yang ada di lantai 6 (buka pukul 08.00 – 23.00) yang langsung menyambung
    ke DragonFly Bridge dan bisa langsung masuk ke area Garden By The Bay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.