Art Science Museum Singapore

akenarinc / Pixabay

Singapore adalah salah satu negara tetangga yang menjadi tujuan wisata orang Indonesia. Pasalnya, selain letak geografisnya yang berdekatan dengan Indonesia. Negara ini juga memiliki sejumlah tempat wisata yang cukup mengagumkan. Dimana selain Marina Bay Sands yang menjadi lokasi tujuan utama wisatawan dunia, ada sejumlah tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi saat ke Singapore. Salah satunya adalah Art Science Museum Singapore.

Apa Itu Art Science Museum?

Art Science Museum adalah sebuah bangunan museum yang menggabungkan antara seni dan sains pertama yang ada di negara Singapore sekaligus yang pertama di dunia. Museum ini resmi di buka pada tahun 2011. Moshe Safdie merupakan seorang arsitek terkenal dunia yang memiliki peran dibalik megahnya bagunan museum ini.

Bahkan, Seldon Adelson yang merupakan pemimpin Visioner Las Vegas Sands Corp menyebutkan jika bangunan museum ini merupakan “The Wellcom Hand of Singapore” yang mana memiliki arti sebagai lambang dari 10 jari tangan yang terbuka untuk menyambut kedatangan pada wisatawan yang berkunjung ke Singapore.

Jika dilihat dari luar museum ini memiliki model bangunan yang sangat ikonik. Dimana bentuknya hampir mirip seperti bunga terai yang mekar ke atas. Selain itu, konsep yang disuguhkan dalam museum ini juga sangat menawan. Dimana para pengunjung dapat menikmati gabungan antara seni dan ilmu pengetahuan yang dilengkapi dengan beragam pameran indah yang bisa berganti-ganti. Tentunya saat Anda berkunjung ke Singapore, lokasi ini harus menjadi list liburan Anda yang tidak boleh ditinggalkan.

Mengenal Lebih Dekat Art Science Museum

Selain menyuguhkan bangunan yang sangat megah dan menawan, ternyata di balik museum ini pengunjung juga dapat menikmati berbagai macam fasilitas yang sudah tersedia di dalamnya, seperti:

1. Future World, Gabungan Antara Seni dan Sains

Di dalam museum Art Science ini tersedia banyak ruangan exhibition yang mana dapat dilihat oleh setiap pengunjung yang datang kesana. Salah satu yang populer dan menjadi ruang yang paling banyak dikunjungi adalah Future World yang merupakan karya dari TeamLab.

Future World ini merupakan salah satu ruangan yang dibentuk dengan konsep karya seni yang dipadukan dengan penggunaan teknologi canggih. Di ruangan ini pengunjung dapat menikmati kecanggihan teknologi sekaligus akan dibawa berimajinasi dalam pembuatan karya seni yang sangat menawan. Untuk Future World ini akan dibagi menjadi 4 section di dalamnya, yaitu nature, space, town dan park.

2. Nature

Di section pertama, yaitu nature pengunjung akan dibawa dalam suasana ruangan gelap yang akan dipadukan dengan sebuah ilustrasi yang berasal dari sorotan lampu proyektor yang akan mengelilingi seluruh ruangan di dalamnya.

Di section ini terdapat ruangan yang akan menampilkan sebuah karya seni yang berjudul “Black Waves” yang menggambarkan sebuah ombak laut lengkap dengan suaranya. Dimana gambar ombak akan mengelilingi seutuh ruangan tersebut. Di ruangan ini pengunjung akan dibawa seolah-olah mereka sedang berada di tengah deburan ombak laun yang sangat keras.

3. Space

Section berikutnya adalah Space. Di ruangan ini pengunjung akan melihat tampilan dari Crystal Universe atau sebuah instalasi dari lampu-lampu kristal yang akan berganti-ganti warna sesuai dengan musiknya. Lampu kristal yang digunakan dalam ruangan ini berjumlah 170.000 lampu LED yang digabungkan dengan sebuah teknologi interaktif 4D.

4. Town

Di section ini pengunjung dapat melihat sebuah karya seni yang dihasilkan dari karya-karya pengunjung yang datang sebelumnya. Jika Anda mengajak serta buah hati, tentu mereka akan senang berada di tempat ini. Pasalnya, pihak museum akan menyediakan fasilitas berupa kertas gambar lengkap dengan pewarnanya.

Disini pengunjung dapat memilih gambar yang ingin mereka warnai. Setelah itu, gambar akan di scan ke dalam Sceen Sketch Town kemudian gambar tersebut akan muncul di layar interaktif. Sehingga Anda dan pengunjung lain dapat melihat hasil karya yang dibuat sendiri.


5. Park

Konsepnya memang hampir sama dengan section Town. Dimana di ruangan ini pengunjung akan di bawa ke alam bawah laut bernama Sketch Aquarium yang dilengkapi dengan animasi air terjun lengkap dengan suara gemericiknya. Pengunjung akan disediakan sebuah kertas gambar lengkap dengan pewarnanya. Dimana mereka dapat memilih gambar yang ingin diwarnai, setelah itu gambar akan di scan dan masuk ke layar interaktif.

Lokasi Art Science Museum

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Art Science Museum, lokasinya berada di pusat kota Singapore tepatnya di 10 Bay Front Avenue yang masih satu kawasan dengan Marina Bay Sands. Sehingga jika Anda berkunjung ke kawasan Marina Bay, maka lokasi ini wajib juga untuk Anda kunjungi.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Untuk jam buka Art Science Museum dimulai dari pukul 10.00 pagi – 19.00 malam. Sedangkan untuk harga tiket sendiri dibagi menjadi beberapa. Karena di museum ini tersedia 21 galeri yang mana memiliki beragam jenis pameran yang bisa dikunjungi, seperti The Future World, Marvel Studio, dan masih banyak lagi. Sedangkan harga tiket masuk ke Art Science Museum (Future World and Digital Live Canvas)adalah S$ 19 (dewasa) dan S$ 14 (anak-anak)

Cara Menuju Art Science Museum

Karena Art Science Museum berlokasi di pusat kota Singapore dan masih satu kawasan dengan Marina Bay Sands, maka untuk berkunjung ke lokasi ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan beberapa fasilitas transportasi yang ada, seperti:

Bus: bisa dengan naik bus dengan nomor 133 dari Bugis Street, kemudian turun di kawasan Marina Bay Sands.

MRT: Anda bisa menggunakan fasilitas MRT kemudian turun di Bay Front Station (Circle Line), setelah itu lanjut dengan jalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai ke Art Science Museum atau bisa juga melalui Promanade Station atau Marina Bay Sands.

Taxi: dengan kendaraan ini Anda bisa langsung turun di Bay Front Avenue yang ada di Marina Bay Sands kemudian jalan kaki melewati Raffles Boulevard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.