Bea Masuk, Cukai dan Pajak untuk Barang Penumpang masuk ke Indonesia

Tax

Hal ini wajib diketahui oleh penumpang yang membawa barang bawaan pribadi masuk ke Indonesia. Dalam hal ini apabila anda membawa barang bawaan dari Singapura, baik lewat jalur udara maupun lewat jalur darat.

Untuk bea masuk dan pajak ke Singapura silakan lihat Bea Masuk Barang ke Singapura.

Barang pribadi penumpang adalah barang yang anda bawa dari luar negeri, barang yang anda pakai sendiri bukan untuk dijual lagi, bukan dalam bentuk paket atau pos. Ada aturan khusus yang memberi batasan maksimal barang bawaan anda bebas bea masuk dan bebas pajak. Bila barang anda melebih batas maksimal maka anda akan dikenakan bea masuk, bea cukai dan pajak, menurut aturan yang berlaku.

Ada dua jalur barang, yaitu jalur merah dan jalur hijau. Jalur merah adalah barang-barang yang kena bea-bea, barang yang dilarang, barang yang perlu ijin, dll. Barang jalur hijau adalah barang yang tidak kena bea-bea.

Pembebasan Bea Masuk, Cukai atau Pajak (Jalur Hijau)

Bila anda membawa barang dari luar negeri (barang pribadi penumpang, bukan barang dagangan), maka anda akan dibebaskan dari segala biaya bila:

  • Total nilai pabean barang  tidak melebihi USD $250 per orang atau USD $1,000 per keluarga.
  • Maksimal 1 liter cairan yang mengandung etil alkohol; misal minuman keras atau parfum
  • Maksimal 200 barang sigaret
  • Maksimal 25 batang cerutu

Tip agar bawaan anda melalui jalur hijau

  • Jangan membawa barang elektronik baru dalam dus berlebihan, bila jumlahnya banyak, sebisa mungkin barang elektronik dikeluarkan dari dus, dan kalau bisa ditaruh di tas yang terpisah-pisah
  • Jangan membawa rokok berlebihan, lagipula rokok di Indonesia lebih nikmat dibanding rokok dari luar negeri
  • Bila anda membawa minuman beralkohol, jangan banyak-banyak jumlah botolnya. Cukup bawa 1 botol aja yang besar, atau 2-3 botol kecil-kecil, dan lebih baik ditenteng saja, jangan masukin tas.
  • Bila anda membawa parfum, bawalah dalam jumlah yang wajar, jangan banyak-banyak. Lebih baik lagi bila dusnya dibuka.
  • Jangan banyak-banyak bila anda membawa olahan hewan semacam dendeng; bila jumlahnya tidak wajar, barang anda bisa dikarantina
  • Jangan membawa uang tunai dalam jumlah banyak (maks: 100 juta)
  • Bila anda beli tas baru harganya mahal, langsung pakai saja jangan ditaruh di bagasi
  • Jangan lupa siapkan kuitansi/bon untuk barang-barang yang baru anda beli
Barang Jalur Merah

Barang jalur merah adalah barang bawaan anda yang kena bea masuk, cukai, atau pajak. Barang-barang tertentu yang perlu dikarantina, atau dilarang juga wajib lewat jalur ini.

Bila anda membawa barang jalur merah, anda wajib mendeklarasikannya dalam formulir yang diberikan di dalam pesawat. Berikut beberapa barang yang wajib anda deklarasikan sebagai barang jalur merah:

  • Barang-barang bawaan pribadi yang melebihi batas-batas di atas
  • Hewan, ikan, tanaman atau produk-produk turunannya
  • Berupa narkotika, psikotropika, obat – obatan, senjata api, senjata angin, senjata tajam , amunisi, bahan peledak, benda / publikasi pornografi.
  • Berupa film sinematografi, pita video berisi rekaman, video laser disc atau piringan hitam.
  • Berupa uang dalam Rupiah atau dalam mata uang asing senilai Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah) atau lebih.

Apa yang terjadi bila anda membawa barang jalur merah?

Jika anda membawa barang jalur merah, atau ketahuan membawa barang jalur merah, maka tentu saja anda akan diperiksa lebih lanjut.

Bila anda membawa narkoba, maka besar kemungkinan anda langsung ditangkap polisi.

Bila anda membawa rokok atau minuman alkohol berlebihan, maka anda akan dikenakan bea cukai untuk kelebihannya. Bila anda menolak membayar maka kelebihannya akan disita atau dimusnahkan.

Bila anda membawa hewan, ikan, tanaman atau produk turunannya maka barang anda akan dikarantina selama 1-2 minggu, baru boleh anda ambil.

Bila anda membawa barang yang nilai pabean melebihi batas, maka akan dikenakan bea masuk dan pajak import sesuai peraturan import yang berlaku.

Informasi lebih lengkap bisa dilihat di beacukai.go.id

 

 

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

99 Responses to “Bea Masuk, Cukai dan Pajak untuk Barang Penumpang masuk ke Indonesia”

  1. fenisia says:

    Numpang tanya, apakah peraturan di atas utk WNI atau WNA atau dua – duanya . tQ

  2. will says:

    gan, saya mau nanya
    kalau saya bawa barang elektronik berupa handphone senilai $350, itu kan diatas $250, trus saya cek di BTBMI, untuk perangkat telepon bea masuknya 0% semua.. Mungkin saya salah liat, bingung mau cari di kategori mana

    Kira-kira saya harus bayar berapa y ke pihak bea nya?

    Terima kasih

  3. Acil says:

    Kalo bawa uang 10.000EURO terus lapor ke bea cukai, apa ya konsekuensinya? apakah akan dikenakan pemotongan atau hanya sekedar lapor keaslian uang.
    Thanks sebelumnya.

    • admin says:

      Membawa uang cash dalam jumlah besar, bisa dicurigai sebagai praktek pencucian uang.

      • Acil says:

        Kalo 10.000 khan setara 120juta, saya rasa untuk jaman sekarang uang 120juta tidaklah terlalu besar. Maklum saya TKI yg mau pulang kampung dengan membawa hasil keringat, masak mau dicurigai mau nyuci uang… khan saya bukan koruptor :)
        Atau jangan-2 nanti mereka mencari-cari alesan… biar dapat “jatah”. Semoga saja petugas kita sudah bersih.

        • admin says:

          Kan ada bank, western union, moneygram, dll; uang bisa ditransfer lewat media tersebut.
          Untuk menghindari sanksi, sebaiknya bila membawa uang lebih dari 100juta, lapor ke pihak bea cukai terlebih dahulu.

  4. Chandra Buana says:

    Sy rencana mau beli gold detector di Singapore. klau di rupiahkan Rp.10jtan. tp beratnya cuma 3 kg. barang ini sy mau gunakan sendiri. Apa kena pajak & cukai??
    mohon pencerahannya

    • admin says:

      Selama barang anda tidak mencurigakan (misal: jumlahnya banyak, ukurannya besar sekali, atau bentuknya tidak umum), dan selama untuk pemakaian pribadi, kami rasa tidak masalah dengan pajak & bea cukai.

  5. Renaldo says:

    Saya berencana untuk membawa monitor lcd berukuran 24″ atau 27″ dari jepang dan mungkin akan saya masukan ke dalam bagasi di dalam koper.

    Apakah saya akan dikenakan biaya mengingat ukurannya yang cukup besar?

    Sebenarnya saya lebih kuatir saat keluar di bandara Indonesia (Soekarno-Hatta).
    Terima kasih.

    • admin says:

      Bawa barang besar ke pesawat tidak apa-apa, tetapi mungkin akan kena biaya tambahan. Dibungkus aja yang rapi, kalau barangnya tidak mencurigakan, kemungkinan keluar bandara tidak masalah.

  6. Caleb says:

    Saya mw nanya,emg tarifnya brp persen y pajaknya klo brg yg kita bawa lbh dr 250usd? Thx gan

    • admin says:

      Pajak tergantung dari jenis barang yang dibawa. Biasanya untuk keperluan/barang pribadi tidak kena pajak, walaupun lebih dari ketentuan.

  7. Adhy Fastabiqul says:

    gan sy mau beli tab di SGP soalnya di Indonesia blm ad, ntar kira2 kalau saya bawa ke Indonesia kena pajak g? hargany 1300 Dollar kira2 kena g y?

  8. dian says:

    Kalau CD/DVD Album gitu kena juga ya?? misal nya beli 3 totalnya sekitar 100 USD. Thanks

  9. anto says:

    Mas, Kalo saya mau bawa cerutu 10 batang, n tembakau irisan sekita 50 gr,
    Kena cukai ga kira2..??
    n kira2 petugas beacukai sendiri suka rese’ ga..??
    sya lagi di Luar n mau pulang ke Indonesia, bulan depan.
    makasih sebelumnya.

  10. DRA says:

    kalo bawa Jack Daniel’s yg botol kecil ukuran 50ml dari Belanda ke Indonesia gimana? dimasukin ke koper aja atau dimasukin ke tas tenteng? apakah nanti akan diperiksa petugas? terimakasih :)

    • admin says:

      Selama cairan etil alkohol kurang dari 1 liter, tidak masalah. Tetapi kalau ditenteng ada batas maksimum 100ml cairan yang boleh dibawa ke kabin.

  11. sya berencana bawa hp 3 yg satu masih di dus nilai hp y g di dus 400 dolar ,apakah saya akan di kenakan pajak?

  12. andriawan says:

    gan numpang tanya,,ane dri amerika mau beli airguns trus di bawa ke indonesia airguns nya 3 buah nilai klo di rupiahin sekitar 110jtaan,tp barangnya ane masukin ke konteiner di bawa jalur laut apakah ane akan di kenakan pajak masuk untuk airguns ini??? tolong di bales gan thq

    • admin says:

      Untuk import airgun sepertinya harus punya izin terlebih dahulu. Kalau tidak punya izin biasanya barang tertahan di pihak bea cukai.

      Untuk import barang harganya lebih dari 50$ kena pajak, yang komponennya antara lain = Bea Cukai + PPN 10% + PPH 7,5% + PPnBM

  13. ewin says:

    Numpang tanyak mas. Saya belanja part motor beberapa buah. Total RM 420. Pas d bandara saya d suruh bayar pajak sebesar 40% apakah aturannya begitu.

    • admin says:

      Kami tidak tahu detail peraturan bea masuk untuk part motor. Biasanya pihak bea cukai punya daftar nilai bea dan pajak yang harus dibayar, silakan lihat di daftar tersebut saja.

      Komponen biaya impor antara lain: BEA MASUK + PPN 10% + PPH 7.5% + PPnBM
      Kemungkinan 40% adalah total komponen biaya impor di atas.

  14. Ogo says:

    Boss,kalo ane bawa barang banyak tapi total kurang dari $400 tapi buat di jual lagi bakal kena bea cukai gak?

    • admin says:

      Kalau bawa barang banyak mungkin untung-untungan, ada yang kena ada yang tidak. Tetapi kalaupun kena bea cukai, lebih baik dibayar saja, karena keperluannya untuk dijual lagi.

  15. edi mashudi says:

    saya mau tannya ,saya mau pulang dari luar negri klo mau bawa ung tunai misalnya 50 juta tunai klo diairpot kena bea cukai gak

  16. edi mashudi says:

    boleh emang takutnya ditanya2 macam macam sama petugas trimakasih

  17. fidi says:

    kalo bawa hp kira2 10 biji. utk menghindari pajak, kotak dan aksesorisnya saya kirim by post. tp hpnya saya sebar di tas. kira2 di curigai dan kena pajak nggak ya?

  18. dimas says:

    sya mau beli brng elkronik d malay,total 100 usd, trus mau d pketin..
    pajaknya kna brpa ntu gan?

  19. nico says:

    Misi mau nanya, utk batas bawa cash(dollar sg) ke singapur brp ya?

  20. lili says:

    gan, saya baru baru ini belanja aksesoris wanita senilai 500USD dan di muat terpisah barangnya

    biasanya saya tidak pernah masuk kedalam jalur merah
    pengiriman barang biasanya cu,a 4hari dari hongkong
    tapi kenapa bulan ini dipersulit jadi 1minggu lebih
    saya chek terus no waybil saya yg keluar ”situasi perijinan pabean”

    yg saya bingungkan
    apakah aksesoris termasuk kategori jalur merah?
    apakah karena faktor mau lebaran idul fitri jadi di persulit dan ingin dapat income besar ?
    dan apakah ada jam jam tertentu untuk jalur merah ?

    mohon di balas ya gan ke email saya
    terima kasih

  21. Mita says:

    Saya ada rencana ke singapur minggu depan, dengan perhitungan pembelanjaan di atas 10jt untuk 50pasang sepatu. Perhitungan pajaknya bgaimana ya? Kira2 pajaknya sampai ratusan ribu kah?

    • admin says:

      Biaya yang yang harus dibayar yaitu BEA MASUK + PPN + PPh + Pajak Barang Mewah
      Untuk perhitungannya silakan bertanya kepada pihak yang berwenang.

  22. Rini says:

    gan, mau tanya dong, bos saya ngidam anggur dari singapore, apakah boleh bawa buah2an anggur 6 kg utk konsumsi pribadi? termasuk di jalur merah tidak? terimakasih.

  23. RijaL says:

    gan saya dari korea mau pulang ke indonesia rencana bawa handphone 4 laptop pribadi 1 kira2 kena pajak gk yah?

  24. Fitri says:

    Gan, sy msh agak bingung nih.
    Jadi kl misal sy beli macbook di singapore sekitar 15juta
    Lebih baik dus nya ditinggal ?
    Atau saya bawa di tas berbeda ?
    Atau sy pasrah bayar pajak ??
    Kebetulan saudara sy tinggal disana, kalo laptopnya sy bawa
    Kemudian hari dia hanya bawa kardusnya gimana gan ?

  25. Radit says:

    Gan saya udah beli 2 barang di internet dan di paketin dari as ke rumah ane pakai Fedex itu masih terkena pajak dan kalau terkena pajak masih di kirim ke lokasi atau di tahan ole bea cukai dan harus diambil disana karena jika di gabungkan 2 barang itu melebihi $50 dan ongkos kirimmya menjasi $80 bagaimana itu

  26. gde says:

    min mau tanya klo beli minuman beralkohol di duty free singapura mau dibawa ke indonesia maks 1 liter/orang kan?
    tu dtenteng ja kan?

  27. Samanta says:

    Hi, saya akan membawa peralatan kesehatan berupa sling lifting atau alat transfer pasien lumpuh dari sing ke indo.
    Harga beli tahun 2011 kurang lebih 3000dollar singapur, barang ini dipakai pribadi oleh ayah saya.
    Paketnya juga berukuran kurang lebih seperti stroller bayi. Apakah barang ini termasuk jalur merah walaupun utk pemakaian pribadi dan bukan barang yang baru dibeli? Karena selama ini ayah saya perawatan di sing, baru mau dipindahkan ke indo.

    • admin says:

      Kami tidak paham benar barang mana yang kena pajak mana yang tidak.

      Selama barangnya jumlah dan ukurannya wajar biasanya bisa langsung lewat jalur hijau.

  28. Tris says:

    Saya ketinggalan Ipad dgn masa pakai 1.5th di Hotel di KL, Barang dikirimkan oleh pihak Hotel dengan Fedex, udah bayarnya 1jt300an, nyangkut pula di BC, katanya beli barang bekas, setelah di beri surat jaminan, bqrqng keluar, e selanjutnya utk mengambil barang tersebut kelkuar tagihan tambahan dari Fedex 2 jt 700an, utk bayar bea, pajak, ongkos nginap barang dan jasa apa lagi tuh.
    Wah apa betul gitu ya.
    Hitung hitung lebih murah saya suruh orang berangkat sendiri ke Kuala Lumpur kan ?
    comment

    • admin says:

      Semua barang dari luar negeri yang dikirimkan lewat pos/fedex/pengiriman lainnya, kena pajak impor bila harganya lebih dari 50$. Untuk penghitungan pajak dan bea cukai bisa ditanyakan ke bea cukai langsung.

    • Yanto says:

      Mestinya pihak hotel, pada saat kirim ke Indo diberitahukan nilai barang di commercial Invoice dibuat USD 10, karena bukan barang beli sehingga nanti bea cukai tidak akan mengenakan atas pajak tersebut. Sama seperti barang barang waranty repair dari luar negeri kasusnya. Tetapi kalau dalam PI dibuatkan nilai diatas USD50 maka akan terkena pajak

  29. mariana says:

    Gan urgent mau tanya ini teman saya ada dr luar negeri bawa uang 15000 dlm bentuk cash dan bgmn prosedurnya

  30. lya says:

    saya mau nanya pak/buk
    kalo mis.barang bawaan berupa $ 2,000,000,00,- tunai dari calon suami seseorang dari negara x ,
    dimasukkan dalam koper
    dan orang yang membawa paket tersebut adalah agen diplomat dari luar negeri, berapa pajak yang dikenakan untuk agen tersebut?
    dan apakah proses beacukainya rumit?
    tolong dijelaskan

    • admin says:

      Maksimal uang yang bisa masuk ke Indonesia adalah 100 juta rupiah. Jadi bila bawa uang lebih dari itu akan diproses lebih lanjut oleh pihak bea cukai.

      Membawa uang dalam jumlah besar bisa dicurigai sebagai upaya money laundry dari negara lain.

  31. Ray says:

    Mau tanya nih, rencananya gw mau dikasih helm branded sama sepupu diluar negeri pas gw kesana ntar, kalo dibawa masuk kesini ntar kena pajak ga ya? Harganya sih denger2 kalo disini 5jt, gw cuma mau bawa 1 unit aja, dan untuk pemakaian pribadi. Dimasukkin koper atau ditenteng aja baiknya? Trims.

  32. Bhekti says:

    Mau nanya nih..
    saya mo beli kamera di jepang.. kebetulan ad tmn saya tinggal disana..
    jd rencanany barang2 tsb dikluarin dr dus trs dimasukin dalem ransel kamera yg dibli dr sana trs dikirim ke sini..
    barang2 tsb utk konsumsi pribadi..
    yg ingin saya tanyakan yg kena pajak apa aj ya? terus tergolong pajak BM?

    • admin says:

      Kalau dikirim pakai pos atau jasa pengiriman lainnya kena pajak dan bea masuk. Kalau ditenteng temen biasanya tidak kena pajak.

  33. Niken D says:

    Hallo, mau tanya dong,
    Jadi ceritanya saya dr Jkt mau brangkat ke Turki tapi pswtnya brgkt dari Singapore. Dari Jkt ke Sing kami pakai maskapai lain.
    Nah, teman saya yg di Turki titip minta dibawakan rokok 2 slop dari Indo.
    Pertanyaannya: apakah memungkinkan bagi saya untuk bawa rokok 2 slop, mengingat bahwa saya harus melewati pengawasan ketat bandara Changi? Apakah ada masukan buat saya bagaimana supaya saya bisa berhasil bawa rokok tsb menuju Turki dari Changi? Thanks….

  34. sis says:

    Gan,mau tanya, kalo bawa roko 2 bungkus atau 3 bungkus itu boleh ga ya? Temen ada yang nitip hehe

  35. Me says:

    Says tinggal di Australia dan Akan Liburan ke Indonesia via Bali. Teman nitip dibelikan iPhone, Sdgkan saya sekeluarga Sudah membawa 4 hp , 3 iPad Dan 1 tablet. Semua Barang tsb Akan kami bawa pulang lagi ke Aussie pd akhir liburan kecuali iPhone titipan tsb.
    Yang namanya liburan lumrah kalo bawa kamera khan? Pastinya kalo di total lebih dr $1,000. Jadi bakalan masalah nggak di Bandara nantinya?
    Thanks

  36. Pica says:

    Min mau tanya kalo bw camera dan tripod jalan jalan ke singapore kena pajak bea cukai ga ? Ga kena kan ya itu kan brang pribadi kita. Kalo tripod bisa dmasukin ke cabin ga ato dibagasi ?

    • admin says:

      Seharusnya untuk kamera dan tripod pribadi tidak kena pajak. Sebaiknya dimasukkan ke bagasi saja karena kalau cabin agak repot masukinnya.

  37. jeje says:

    hai saya mau tanya…..bulan ini temen saya dari australi mau ke indonesia saya berencana menitipkan tanaman anggrek ke dia buat temen di indo apakah boleh makasi

  38. Dopi says:

    Saya mau tanya, saya habis mengikuti company trip yg diadakan di luar negeri.
    Semacam outing kantor. Lalu saya mendapatkan sebuah jam tangan senilai $600 hadiah
    doorprize dari kantor saya. Jam tsb saya masih letakkan rapih ditempatnya tetapi sudah saya
    bukan untuk dus nya. Saat ini brg tersebut ditahan, dan saya disuruh bayar utk biaya bea cukai
    oleh petugasnya dan diberikan surat resmi penahanan barang sampai dibayarkan.
    Apakah bisa mendapatkan brg tsb tanpa harus membayar biayanya? Krn brg ini kan brg pribadi,
    bukan untuk dijual kembali..

    Thx sebelumnya :)

  39. liu says:

    mau tanya. kalo beli 1 buku sekolah buat tes SAT seharga 34$ di Singapura. cara aman bawa pulangnya gimana? langsung dibuka di Singapura biar dikira barang sendiri bisa tidak?

  40. Chandra says:

    Gan, mo nanya, nih.
    Teman saya dari Luar Negeri mau berkunjung ke Indonesia dan dia ingin membawa uang banyak. Jumlahnya sekitar 1M IDR. Kira2 bagaimana ya caranya supaya dia bisa masuk ke Indonesia tanpa mengalami hambatan ?
    Seandainya dia harus membayar, kira-kira berapa yang harus dia bayar ?
    Makasih sebelumnya.

    • admin says:

      Transfer bank lebih aman. Atau bawa atm-nya saja ke Indonesia, nanti bisa diambil uangnya di ATM.

      Bila bawa uang lebih dari 100 juta rupiah, bisa langsung lapor ke bea cukai, isi form deklarasi.

      Kalau uangnya sangat banyak, nanti mungkin akan diinterograsi dulu, apakah terkait money laundry.

      Akan ditanya apakah nanti terkait penggelapan uang pajak, judi, narkoba, korupsi atau kejahatan lainnya.

  41. helda says:

    kak misal saya mau bawa jam tangan kira2 ada 5-7 buah dari US itu kena pajak ndak ya setelah masuk soekarno hatta? makasih

  42. ss says:

    mau tanya euy, kalau saya dari bangkok bawa tanaman gitu apakah kena pajak atau tidak ? caranya gimana supaya lolos dari bandara jakarta ?

    thx

  43. Jenny says:

    saya mau tanya
    Saya punya teman dan dia cerita pada saya bahwa temannya datang dr UK dan dia membawa uang lebih dari 100 jt, skrng beliau di tahan di bea cukai karena dia tidak membawa surat perizinan dari kedutaan UK, apakah benar jika membawa uang lebih dari 100 jt harus ada surat perizinan dari kedutaan yang bersangutan. Teman saya di minta untuk membuat surat-surat di Indonesia yang biayanya 1000 USD. Apakah itu benar…?

    • admin says:

      Ya benar, uang masuk dan keluar batasnya 100 juta, lebih dari itu harus ada keterangan dari pihak berwajib.

  44. Djjars says:

    Saya mau pulang ke Inonedia dari Jepang bbrp waktu lagi. Kalau mau bawa biji2 bunga2 an dan tubuhan dari Jepang boleh kagak ya? Jadi bukan dalam bentuk taneman, masih biji yang beli di toko2 gitu. Bagus2 bunganya…

  45. nana says:

    Gan saya mau nanya..

    klo saya belanja make up dalam jumlah banyak sekali di singapore, apakah akan tetap dicurigai oleh petugas bandara jika ditaruh di dalam koper dan bagasi? thank you.

  46. yuri says:

    Min mau tanya dong kan saya mau beli minuman ber alcohol di duty free nya batam, dan saya mau bawa ke jakarta. Ada batas bawaan nya gak? Minimal berapa dan saya bawa saja atau saya masukin tas?

Leave a Reply