Gereja Katolik Roma: Cathedral of the Good Shepherd

Cathedral of the Good Shepherd

Cathedral of the Good Shepherd

Cathedral of the Good Shepherd adalah gereja Katolik Roma yang tertua di Singapura. Gereja yang dibangun pada tahun 1800an ini, merupakan tempat kedudukan Uskup Agung Singapura.

Dibanding Katedral Jakarta, katedral ini lebih kecil. Kondisi gereja inipun (pada saat tulisan dibuat), sangat memprihatinkan; atap gereja rusak, tembok gereja retak-retak, dan kurang terawat.

Tapi walaupun kurang terawat, misa di sini tidak kalah khusuknya.

Jadwal Misa

Bila anda bergama Katolik Roma, anda dapat ikut misa di gereja ini, dengan bahasa Inggris pada hari:

  • Sabtu, pukul 6.30pm
  • Minggu, pukul 8.00am, 10.00am, dan 06.00pm

Selain bahasanya, tidak ada perbedaan berarti dalam ritual misanya. Yang berbeda mungkin cara menyampaikan salam damai, kalau di Indonesia dengan berjabat tangan, kalau di Singapura cukup menyapa dengan saling menganggukkan kepala saja.

Yang ikut misa di katedral ini biasanya tidak banyak (tidak sampai penuh), selain karena penganut Katolik Roma di Singapura tidak banyak, juga karena ada dua gereja lainnya yang berdekatan, yaitu Saint Joseph’s Church, dan Church of Saints Peter and Paul.

Lokasi & Cara ke Gereja ini

Lokasi katedral ini terletak di pusat kota, dekat dengan Singapore Art Museum dan Singapore Management University.

Peta Lokasi

Ada beberapa cara untuk sampai ke gereja katedral ini.

  • Bila naik MRT Circle Line anda dapat turun di stasiun Bras Basah, kemudian berjalan kaki sebentar ke arah perempatan Queen Street dan Bras Basah
  • Bila naik MRT jalur hijau atau merah, anda dapat turun di City Hall, kemudian jalan kaki lurus menyusuri Stamford Road, pada perempatan ke-2, belok kanan lewat jalan Victoria Street, kemudian belok kiri lewat jalan Bras Basah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.