GST Refund / Pengembalian Pajak di Singapore

Singapura dianggap sebagai surga belanja bagi para turis. Salah satunya karena menerapkan pengembalian pajak untuk barang-barang yang dibeli oleh turis.

Singapura mempunyai skema pengembalian pajak barang dan jasa (Good and Service Tax – GST) bagi turis untuk barang yang dibeli. Pajak dapat dikembalikan bila memenuhi syarat dan telah mengisi formulir yang telah disediakan.

Syarat Mendapatkan GST Refund

Syarat utama mendapatkan pengembalian pajak ini adalah minimal belanja anda $100 di hari yang sama dan di toko yang sama.  Anda harus meminta formulir pengembalian pajak, mengisinya dan meminta cap dari toko itu.

Syarat lainnya antara lain:

  • maksimal tiga bukti pembayaran di toko yang sama pada hari yang sama
  • anda adalah turis, bukan warga negara Singapura atau permanent resident
  • umur minimal 16 tahun

Barang yang bisa direfund adalah barang yang dipakai untuk kebutuhan pribadi, tidak untuk dijual, dan tidak dikonsumsi di Singapura. GST tidak bisa direfund untuk servis seperti tiket pesawat, hotel, atau transportasi.

Toko yang menyediakan GST Refund

Ada beberapa jenis toko yang menyediakan skema pengembalian pajak ini. Ada yang lewat agen dan ada yang mempunyai sistem tersendiri.

Logo Global Blue & Logo Premier Tax Free

Dua agen utama yang mengurusi pengembalian pajak adalah Global Blue dan Premier Tax Free. Toko yang termasuk dalam jaringan agen tersebut biasanya memasang logo di atas.

Selain itu ada toko yang tidak memakai agen, mereka mempunyai sistem tersendiri. Anda bisa bertanya apakah mereka pakai agen atau punya sistem sendiri.

Sebaiknya anda belanja di toko yang memasang logo Global Blue dan Premier Tax Free, karena pengembalian pajaknya relatif lebih mudah.

Berapa GST yang direfund?

Pajak GST yang berlaku di Singapura saat ini adalah 7%. Namun tidak semua 7% itu dikembalikan. Mungkin hanya sekitar 5-6% saja yang dikembalikan. Sisanya 1%-2% digunakan sebagai komisi agen Global Blue atau Premier Tax Free.

Cara melakukan GST Refund

Bila anda membawa barang berat yang akan ditaruh di checked baggage (taruh bagasi pada saat checkin), silakan datang ke bagian Tax Refund sebelum check in. Bila anda membawa barang yang ditenteng ke dalam pesawat, anda dapat mendatangi bagian Tax Refund, yang ada di dalam setelah anda checkin.

Pihak bea cukai (custom) akan memeriksa barang anda terlebih dahulu. Tunjukkan barang yang pajaknya akan di-refund. Bila barang tidak dapat ditunjukkan, maka refund tidak akan diproses. Selain itu anda perlu menunjukkan tiket penerbangan, paspport, bukti pembayaran, dan formulir pengembalian GST yang telah diisi.

Setelah mendapat persetujuan dari pihak bea cukai, bila toko anda ada logo Global Blue silakan datangi counter Global Blue. Bila ada logo Premier Tax Free silakan datang ke counter Premier Tax Free. Anda akan mendapat pengembalian pajak secara cash atau lewat kartu kredit.

Bila anda membeli barang di toko yang mempunyai sistem pengembalian tersendiri, kirim kembali formulir tax refund dan bukti pembayaran ke toko tersebut. Anda dapat mengirim dengan menaruhnya di kotak surat yang ada di bandara. Kurang lebih dua bulan pajak anda akan dikembalikan.

Cara melakukan GST Refund elektronik (eTRS – eletronic Tax Refund Scheme)

e-TRS adalah cara baru dalam melakukan pengembalian pajak. Cara ini menggunakan cara elektronik yang diharapkan dapat menggantikan cara manual lewat kertas.

Bila anda menggunakan eTRS, sebelum anda checkin, anda harus melakukan:

  • Cari kios, atau mesin eTRS di bandara sebelum checkin
  • Klik setuju pada peraturan di yang ada di layar
  • Scan pasport anda di mesin tersebut
  • Scan barcode yang ada di tiket eTRS yang anda peroleh dari toko
  • atau scan kartu kredit yang dijadikan token
  • Pilih cara refund, mau lewat kartu kredit atau cash
  • Anda akan mendapat slip untuk melakukan refund

Bila barang anda ada yang mau di taruh bagasi pada saat checkin nanti, datangi bagian Tax Refund agar barang anda diperiksa terlebih dahulu oleh pihak bea cukai. Bila barang anda ditenteng, anda dapat mendatangi Tax Refund setelah checkin.

Setelah checkin, silakan kunjungi counter agen GST refund yang sesuai dengan logo yang ada di toko tempat anda membeli (Global Blue atau Premier Tax Free).

Bila toko anda punya sistem sendiri, kirimkan slip eTRS dan bukti pembayaran ke toko tempat anda membeli.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat video berikut:


Tip melakukan GST Refund

  • Demi kemudahan, pastikan toko tempat anda membeli barang memasang logo Global Blue atau Premier Tax Free
  • Sebelum meninggalkan toko, isi formulir tax refund dan minta cap dari toko tersebut
  • Bila menggunakan eTRS, silakan minta tiket eTRS juga
  • Bila barang anda besar, sebelum checkin jangan lupa ke bagian bea cukai di counter Tax Refund, untuk dilakukan pengecekan barang terlebih dahulu
  • Setelah anda checkin silakan kunjungi counter agen Global Blue atau Premier Tax Free tergantung toko tempat anda membeli barang
  • Jangan melakukan kecurangan, karena itu perbuatan kriminal di Singapura
You can leave a response, or trackback from your own site.

4 Responses to “GST Refund / Pengembalian Pajak di Singapore”

  1. masykur says:

    misi mau nanya .. ane mau ke sg tapi pulang lewat KL.. itu refung GST cuman ada di bandara? kalo baliknya gg lewat changi bisa ambil gst refund?

  2. yudi wiseno says:

    saya berencana membeli radio komunikasi di singapura. Tokonya memberi informasi :
    Radio TS-2000——S$1980.00 before GST.

    maksudnya bgmn…?…tks

Leave a Reply