Helix Bridge, Objek Wisata Gratis Singapura

Focuszaa / Pixabay

Berlibur ke Singapura sebenarnya tidak harus dengan biaya yang mahal. Bahkan bisa Anda lakukan tanpa perlu perencanaan yang lama. Anda bisa mencari tiket pesawat promo dengan biaya yang lebih murah. Selain itu, pergi ke tempat wisata gratis di Singapura pun bisa menjadi pilihannya. Salah satunya, Anda bisa berkunjung ke objek wisata Helix Bridge Singapore.

Apa Itu Helix Bridge?

Helix Bridge adalah sebuah jembatan penyeberangan yang ada di negara Singapura, tepatnya jembatan ini menghubungkan antara Marina Bay Sands dan Marina Center. Jembatan dengan bentuk melengkung ini selain dijadikan sebagai tempat penyebrangan. Ternyata juga menjadi salah satu ikon wisata negara Singapura. Bahkan tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan asing yang ingin melihat kecantikan dan keindahan arsitektur jembatan sekaligus pemandangan yang ada di sekelilingnya.

Sejak awal diresmikan pada bulan April 2010, jembatan ini menjadi salah satu jembatan lengkung terbesar pertama yang ada di dunia. Untuk jalur penghubung pejalan kakinya sendiri memiliki panjang sekitar 280 meter yang sekaligus menjadi jembatan penyeberangan terpanjang yang ada di Singapura.

Jika diperhatikan, baik itu dari jauh maupun dari dekat. Jembatan Helix Bridge ini memiliki keindahan yang begitu eksotis. Bahkan selain dijadikan sebagai salah satu fasilitas umum di negara Singapura, jembatan ini juga memiliki daya pikat tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Dimana untuk pengunjung yang ingin melihat keindahan dan kecantikan dari jembatan ini. Maka Anda bisa menikmatinya secara gratis (tidak dipungut biaya).

Sejarah Jembatan Helix Bridge

Jembatan yang resmi dibuka pada tanggal 24 April 2010 ini, selain memiliki keindahan panorama dengan gaya arsitekturnya yang menawan. Ternyata di balik pembuatan jembatan ini terdapat cerita sejarah yang bisa Anda ketahui.

Bentuk jembatan Helix Bridge ini konon terinspirasi dari struktur DNA (Deoksiribo Nucleic Acid) yang menjadi lambang kehidupan dan pertumbuhan manusia. Dimana kata “helix” yang berarti melingkar membuat jembatan ini memiliki konsep arsitektur yang begitu menawan. Jembatan ini dirancang oleh Cox Architecture yang berasal dari negara Australia dan A6I Architect serta Arup sebagai teknik struktur dari bangunan ini.

Dulunya arsitek dari jembatan ini diminta untuk membuat sebuah jembatan yang iconik. Dimana jembatan tersebut harus bisa menghubungkan antara Marina Bay dengan Marina Center dengan model jembatan yang melindungi.

Jembatan ini terdiri dari desain lengkung yang dibuat dari 2 struktur baja spiral yang membentuk dengan arah berlawanan. Bahkan untuk proses pembuatan jembatan ini sendiri dibutuhkan sekitar 1.700 ton baja spiral yang akan dirangkai dengan kaca berstruktur halus untuk melindungi para pejalan kaki atau orang-orang yang melintas di jembatan ini.

Jembatan dengan panjang kurang lebih 280 meter ini mampu menampung 10.000 orang maupun kendaraan dalam waktu bersaaman. Bahkan berkat konsep dan desain yang diterapkan dalam jembatan Helix ini, tidak sedikit para pelancong asal luar negeri menyempatkan waktunya untuk bertandang ataupun hanya sekedar berfoto dan melihat keindahan pemandangan yang ada di sekeliling jembatan.

Bahkan jika jembatan Helix diklaim sebagai fasilitas LTA (Land Transport Authority), maka dengan konsep dan desain yang dibuat sedemikian rupa ini. Menjadikan Helix Bridge sebagai salah satu jembatan pertama terunik di dunia. Bahkan desainnya sendiri sempat mendapatkan penghargaan “World Best Transportation Building Award”.

Melihat Lebih Dekat Jembatan Helix Bridge Singapore

Jembatan yang menjadi salah satu ikon wisata di Singapura ini ternyata memiliki daya pikat tersendiri di mata para pengunjungnya. Pasalnya, jembatan ini memiliki nilai arsitektur yang dibuat sedemikian rupa dengan penggunaan bahan material berkualitas tinggi. Jika Anda berkunjung di pagi hari, maka suasana khas kota Singapura dengan udara yang begitu sejuk di kelilingi dengan jejeran gedung yang di sebelah Marina Bay dapat Anda lihat dari jembatan penyeberangan ini.

Namun, jika ingin menikmati keindahan yang lebih tinggi dari jembatan ini. Maka Anda bisa datang di waktu malam. Dimana di malam hari, jembatan ini akan dihiasi lampu-lampu yang di desain mirip dengan simbol DNA. Bahkan di antara lengkungan jembatan tersebut, terdapat lampu-lampu yang dibuat dengan bentuk hurup A, C, G, dan T yang mana diambil dari Adenine, Cytosine, Guinine, dan Thymine, yaitu 4 basic dasar dari struktur DNA.

Lokasi

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Helix Bridge, maka tempat ini berlokasi di kawasan Marina Bay, yaitu berada diantara Suntec City Mall, Marina Bay, Marina Center, dan Singapore Flayer.

Jam Buka

Helix Bridge dibuka setiap hari dari pagi, siang, hingga malam (tanpa jam tutup) karena ini merupakan jembatan yang masuk sebagai fasilitas publik.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk ke Helix Bridge sendiri adalah GRATIS (tanpa dipungut biaya).

Cara Menuju ke Helix Bridge

Untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke jembatan Helix, maka ada beberapa fasilitas transportasi yang bisa digunakan untuk sampai ke tempat ini, seperti:

• MRT: jika Anda menggunakan MRT, maka naiklah MRT dari jurusan Promenade kemudian silahkan turun di MRT Esplanade. Dari Stasiun Esplanade silahkan ikuti arag untuk menuju ke Theatres on The Bay. Setelah itu, Anda bisa menyusuri jalan Marina Bay untuk menuju Marina Bay Sands.

• Bila MRT melalui atau dari MRT Bay Front (CE1), maka silahkan untuk menuju ke Marina Bay Center Shopping. Setelah itu, Anda bisa berjalan kaki menyusuri Marina Bay untuk menuju ke Esplanade – Theatres on The Bay. Dari tempat ini Anda bisa melihat keindahan dan kecantikan jembatan Helix dengan jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.