Hostel: Tip Mencari Penginapan Murah

Tempat tidur bertingkat

Berwisata ke Singapura mungkin tidak cukup hanya sehari atau dua hari saja. Oleh karena itu kebutuhan tempat menginap yang layak sangat diperlukan.

Sebelum memilih tempat menginap tentukan tujuan anda ke Singapura, budget anda dan bersama siapa anda menginapnya.

Bila tujuan anda berwisata tentu pilihannya berbeda dengan bila anda ke Singapura untuk bekerja. Apalagi bila anda menginap bersama keluarga, pilihan tempatnya bisa beda bila anda ke Singapura seorang diri.

Dan tentu saja budget alias uang anda sangat menentukan kenyamanan tempat menginap anda. Bila budget anda terbatas anda bisa menginap di hostel.

Hostel

Hostel adalah pilihan murah sebagai tempat akomodasi. Hostel kadang disebut juga hotel backpacker, karena memang banyak backpacker yang memilih tinggal di tempat ini.

Kamarnya berbentuk seperti dormitory atau asrama yang diisi 4-6 tempat tidur. Tempat tidurnya kadang bentuknya bertingkat.

Satu kamar bisa diisi empat sampai sepuluh orang. Semakin banyak tempat tidur dalam satu kamar, biasanya harga makin murah.

Ada beberapa hostel yang menyediakan kamar yang dikhususkan untuk wanita saja, dan ada pula yang campur dalam satu kamar. Bila anda wanita sebaiknya anda memilih hostel yang kamarnya khusus wanita saja.

Liburan

Menginap di hostel/hotel backpacker cocok bagi anda yang liburan sendiri atau bersama teman-teman. Namun bila anda membawa keluarga tidak disarankan tinggal di hostel.

Karena tujuan anda adalah liburan, sebaiknya anda tinggal di hotel hanya pada malam hari saja. Pada siang hari berkelilinglah Singapura, malamnya anda tinggal tidur nyenyak.

Tarif Hostel

Berbeda dengan hotel, tarif hostel biasanya dihitung per orang atau per tempat tidur. Tarif hostel bervariasi tergantung lokasi dan tingkat kenyamanannya.

Tarif hostel di Singapura berkisar antara $10-$30 per harinya.

Pros

  • Harga relatif murah
  • Lokasi biasanya dekat di pusat kota
  • Cocok untuk anda yang liburan (siang jalan-jalan, malam tidur)
  • Cocok bagi anda yang liburan rame-rame bersama teman
  • Bisa kenal dengan banyak orang dari luar negeri

Cons

  • Satu kamar diisi banyak orang
  • Tidak cocok untuk tinggal bersama keluarga
  • Tidak cocok untuk orang tua
  • Kamar mandi biasanya disediakan untuk umum (dipakai bersama)
  • Bisa terganggu tidurnya misal karena orang lain masih ngobrol, tidurnya ngorok, dll

Tip Memilih Hostel

  • MRT adalah alat transportasi utama di Singapura, jadi sebaiknya anda memilih hostel yang letaknya tidak jauh MRT.
  • Bila anda rame-rame bersama teman, ada baiknya anda memilih private room, atau paling tidak jadi satu kamar semuanya.
  • Pilih hostel yang dekat dengan pusat kota, sehingga bisa menghemat biaya transportasi.
  • Cari hostel yang banyak direkomendasikan oleh backpacker lainnya.

Rekomendasi Hostel Murah di Singapura

Salah satu tempat yang banyak hostel dan budget hotel adalah daerah Geylang. Di tempat tersebut banyak tersedia penginapan dengan harga per kamarnya di bawah $50 untuk berdua. Untuk info lebih lanjut silakan lihat hostel murah di Geylang.

Untuk mencari hostel-hostel murah lainnya di Singapura, anda bisa melihat hostel murah di Singapura.

You can leave a response, or trackback from your own site.

11 Responses to “Hostel: Tip Mencari Penginapan Murah”

  1. sukma says:

    Min mau tanya nih, saya baru mau pertama kali ke singapore . Baiknya booking hostel/hotel dulu atau langsung aja? Kalo ga pny kartu kredit gmn doonk.. apa bisa booking penginapannya pake kartu kredit orang lain? Tks.. :)

    • admin says:

      Sebaiknya booking hotel dari Indonesia terlebih dahulu, kalau langsung datang belum tentu masih ada kamar kosong.
      Di imigrasi kadang ditanyakan tempat menginap di Singapura, kalau tidak meyakinkan kadang ditanya bukti booking hotelnya.
      Ada beberapa hotel yang mewajibkan nama yang menginap harus sama dengan kartu kredit, jadi harus memperhatikan peraturannya bila memakai kartu kredit orang.
      Bila tidak punya kartu kredit, bisa booking lewat agen travel terdekat.

  2. evit says:

    Salam,

    Saya dan dua teman saya berencana akan ke SIngapore untuk menghadiri conference. Kami berencana akan menginap di hotel karena lebih nyaman. Apakah boleh hotel berkapisatas max. 2 orang kami isi dengan 3 orang?
    Apakah geylang termasuk daerah yang aman?

    Atas responya saya ucapkan terima kasih.

    • admin says:

      Beberapa hotel bisa untuk 3 orang dengan extrabed. Singapura termasuk negara yang cukup aman, jadi tinggal di mana saja tidak masalah.

  3. alisays says:

    min tanya dong saya kan habis booking hotel via agoda di parc severeign tp menggunakan kartu kredit ortu, itu gmn ? ada masalah gak ? ortu jg ikut sih..

  4. yanie says:

    mau nanya dong…saya rencana akhir oktober mau ke sing bersama sepupu dan anaknya, rencana ber 7 (4 dewasa, 3 anak anak) saya sdh booking hotel di daerah novena balestier utk 2 kmr, biasanya utk anak2 dikenakan charge tambahan atau tdk ya min? please info nya

  5. Putri says:

    Min, mau tanya .. kami akan ke spore 6 januari (pertama kali) , tp baru tiba d spore jam 6 sore dan mungkin baru d hostel jam 7 atau jam 8 malam, mengingat check in jam 2 apakah booking kita dianggap hangus atau bgaimana ??
    kemudian bookingnya menggunakan kredit card tante namun tante nya ga ikut, itu baiknya bagaimana ??
    kami akan menginap d 5footway.inn ..
    mohon sarannya, terima kasih

    • admin says:

      Tidak dianggap hangus bila melakukan konfirmasi ke pihak hotel mengenai jam kedatangannya.
      Untuk pembelian dengan kartu kredit, beberapa hotel akan melakukan verifikasi manual kartu kreditnya, namun untuk lebih jelasnya silakan hubungi pihak hotel.

  6. thomas says:

    sesampai dibandara sebaiknya beli tourist pass itu bisa buat muter muter pake MRT keliling” pas mau balik ke indonesia balikin lagi karena disitu nyimpan saldo 10$ Lumayan buat ongkos taxi di Indonesianya lagi.

Leave a Reply