Mata Uang yang Berlaku di Singapura

Graham-H / Pixabay

Saat berkunjung ke Singapura, tentu Anda harus memiliki mata uang yang berlaku disana. Dimana mata uang tersebut dapat Anda pergunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan selama di Singapura. Namun sebelum itu, Anda harus lebih dulu tahu dan mengenal mata uang yang berlaku di Singapura, baik kertas maupun pecahan koin.

Secara harfiah nama mata uang Singapura sendiri adalah Dolar. Namun dolar Singapura berbeda dengan dolar negara Amerika Serikat. Dimana untuk uangnya sendiri memiliki gambar yang tidak sama, selain itu kode ISO dan nilai kursnya juga berbeda. Sementara untuk lambang uangnya memang hampir sama. Yang membedakan adalah huruf S yang ada di depan simbol dolar (S$), sementara untuk penyembutannya sendiri diikuti nama dari negaranya, yaitu Dolar Singapura.

Nama mata uang dolar sendiri sebenarnya tidak hanya digunakan di negara Singapura. Melainkan juga di negara-negara lain, seperti Brunai Darussalam, Hongkong, Taiwan, Kanada, Selandia Baru, dan Suriname. Dimana negara-negara tersebut menggunakan dolar sebagai nama dari mata uangnya. Namun nilai dolar setiap negara tersebut berbeda-beda. Sedangkan untuk negara seperti Timor Leste, El Salvador, Ekuador dan juga Zimbabwe memang sengaja “meminjam” dollar Amerika Serikat sebagai mata uangnya.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Singapura, baik itu dalam rangka liburan ataupun untuk urusan pekerjaan dan lainnya. Maka penggunaan mata uang Singapore sangat penting untuk Anda perhatikan. Namun, sebelum mengenal lebih dekat mengenai mata uang Singapura. Ada baiknya untuk mengetahui tentang sejarah dari mata uang Dolar Singapura.

Sejarah Mata Uang Dolar ($) Singapura

Di tahun 1845 – 1939, negara Singapura menggunakan dolar selat sebagai mata uangnya. Dolar Selat sendiri merupakan nama dari mata uang yang saat itu digunakan oleh negara-negara Selat. Sementara, negara Selat sendiri merupakan kelompok wilayah yang dikuasai oleh Perusahaan Hindia Timur Britania. Pada saat itu Singapura menjadi salah satu kelompok dari wilayah tersebut selain Malaka dan Penang.

Menginjak tahun 1953, penggunaan mata uang dolar Selat diganti dengan dolar Malaya dan Borneo Inggris. Mata uang tersebut dikeluarkan oleh Dewan Komisaris Malaya dan Borneo Inggris. Setelah itu di tahun 1963, Singapura yang pada masa itu bergabung dengan negara Malaysia menggunakan mata uang dari negara Malaysia yakni Ringgit. Hingga di tahun 1965, yang mana keduanya memutuskan untuk berpisah dan membentuk negara sendiri. Baru pada saat itu Singapura membuat mata uang dolar Singapura.

Mata Uang yang Berlaku di Singapura dan Pecahannya

Secara umum, pecahan mata uang Singapura memiliki nilai kurs yang lebih besar dibanding dengan mata uang Indonesia. Dimana nilai kurs dari S$ 1 dolar Singapura yaitu sekitar 10.000 ribu Rupiah. Bahkan untuk nilai pecahannya sendiri juga kecil. Dimana nilai yang paling besar yaitu hanya 1.000 dolar. Untuk lebih jelasnya, berikut nilai pecahan dolar Singapura (SGD):

Gambar Mata Uang Kertas Singapura

Gambar Mata Uang Koin Singapura

Nilai Kurs Mata Uang Dolar Singapura (SGD)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mata uang dolar Singapura sendiri memiliki nilai kurs yang lebih besar jika dibanding dengan mata uang Rupiah asal Indonesia. Sehingga untuk orang Indonesia yang ingin berkunjung ke Singapura, baik itu dalam rangka liburan ataupun untuk urusan lainnya. Maka sebaiknya siapkan budget lebih, karena nilai Rupiah bisa sangat kecil saat ditukar dengan dolar Singapura.

Hal inilah yang membuat sebagian besar turis Indonesia, berpikir ulang jika negara Singapura dijadikan sebagai destinasi liburan akhir pekannya. Meskipun Singapura sendiri merupakan negara luar yang dekat dengan Indonesia sekaligus memiliki beberapa destinasi tujuan favorit bagi wisatawan dunia. Namun gaya hidup yang berlaku disana bisa dikatakan sangat mahal. Belum lagi, nilai kurs mata uangnya yang sangat tinggi dibanding dengan nilai Rupiah. Tentu jika ingin berlibur kesana untuk waktu yang lebih lama. Anda harus menyiapkan tabungan lebih.

Lalu, berapa nilai 1 dolar Singapura jika ditukar Rupiah? Pertanyaan ini sangat umum ditanyakan. Mengingat Anda merupakan orang yang akan bertandang ke negara Singapura. Tentu sebelum kesana Anda harus tahu berapa nilai 1 dolar Singapura jika ditukarkan dengan Rupiah.

Untuk 1 Dolar Singapura (S$) saat ini = 10.351 Rupiah Indonesia

Tentu nilai tersebut sangat tinggi mengingat 1 dolar Singapura setara dengan uang 10.000 rupiah. Namun nilai tersebut bisa saja naik atau turun dalam waktu berdekatan. Meskipun begitu, sebelum Anda bertandang ke Singapura. Maka sebaiknya tukar Rupiah dengan jumlah secukupnya saja. Selain itu, Anda juga harus bisa membedakan mana dolar Singapura dan mana dollar Amerika.

Untuk membedakan keduanya sebenarnya mudah saja, selain dapat dibedakan melalui gambarnya. Anda juga dapat membedakan kedua mata uang ini dari nilai ISO. Di dunia perbankan dan juga bisnis, kode ISO mata uang Singapura lebih banyak menggunakan kode 4217 sebagai definisi dari nama mata uangnya. Sementara, untuk simbol mata uang menggunakan lambang Negara Singapura yang identik dengan Singanya.

Sedangkan untuk membedakan pecahan koin Singapura. Anda bisa membedakan lewat gambar yang sudah tertera di atas. Dimana jika dilihat dari bentuk dan gambarnya, pecahan koin dolar Singapura berbeda dengan dollar Amerika. Meskipun untuk orang awam sendiri sedikit sulit untuk membedakan keduanya.

Itulah penjelasan mengenai mata uang yang berlaku di Singapura. Sehingga untuk Anda yang berencana liburan ataupun bertandang untuk urusan pekerjaan ataupun yang lainnya. Maka informasi di atas akan sedikit membantu Anda untuk mengatahui mata uang yang berlaku di negara Singapore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.