Pertanyaan Seputar Imigrasi & Cukai Indonesia

cap imigrasi Indonesia

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ketika orang bepergian ke luar negeri atau pulang dari luar negeri, dan harus melewati pihak imigrasi dan cukai.

Bolehkah membawa barang elektronik dari luar negeri? Apakah kena pajak?

Boleh saja membawa barang elektronik dari luar negeri, selama barang tersebut tidak dilarang.
Barang tersebut tidak kena pajak/cukai, selama barang tersebut tersebut dipakai sendiri dan tidak untuk dijual, dan total nilai pabean barang yang dibawa tidak melebihi $250 per orang atau $1,000 per keluarga.
Kalau barang elektronik tersebut untuk dijual kembali, tentu saja kena pajak dan harus melewati prosedur impor yang berlaku.

Bolehkah membawa minuman keras atau minuman beralkohol (bir, wine, vodka, dll) dari luar negeri?

Boleh selama minuman tersebut dipakai untuk kepentingan sendiri dan tidak untuk dijual.
Maksimal 1 liter cairan yang mengandung etil alkohol yang boleh dibawa dari luar negeri.
Bila melebihi 1 liter, maka anda wajib membayar cukai sesuai peraturan yang berlaku.

Bolehkah membawa parfum dari luar negeri?

Tentu saja anda boleh membawa parfum dari luar negeri.
Parfum termasuk cairan yang mengandung etil alkohol, jadi selama total cairan yang mengandung etil alkohol tidak sampai 1 liter, anda bebas kena pajak.
Namun bila total cairan yang mengandung etil alkohol (parfum, minuman keras, dll) melebihi 1 liter, maka akan dikenakan bea sesuai peraturan yang berlaku.

Bolehkah membawa rokok atau cerutu dari luar negeri?

Membawa rokok maksimal 200 batang dan 25 batang cerutu, tidak dikenakan pajak.
Bila membawa rokok/cerutu melebihi batas di atas, bea cukai akan diberlakukan sesuai peraturan yang berlaku.

Barang apa saja yang dilarang masuk ke Indonesia?

Ada beberapa ketentuan tentang barang yang masuk ke Indonesia, antara lain barang terlarang, dan barang terbatas.
Barang terlarang adalah barang yang memang tidak boleh masuk ke Indonesia.
Sedang barang terbatas, adalah barang yang harus ada surat ijin masuk bila dibawa ke Indonesia.
Bila barang terbatas tidak ada surat ijinnya, maka tentu saja tidak boleh masuk ke Indonesia. Untuk informasi barang terlarang dan terbatas bisa dilihat di situs national single window atau kebijakan impor.

Namun secara umum barang yang dilarang dibawa oleh penumpang pribadi antara lain:
– narkotika dan psikotropika
– senjata tajam
– senjata api
– bahan peledak

Apakah wajib mengisi kartu imigrasi keberangkatan/kedatangan Indonesia?

Bila anda WNI anda tidak perlu lagi mengisi kartu keberangkatan Indonesia lagi.
Bila anda orang asing, anda wajib mengisi kedatangan Indonesia.

Apakah perlu membayar fiskal bila pergi ke luar negeri?

Sekarang tidak perlu bayar fiskal.

Apakah perlu NPWP untuk melewati imigrasi Indonesia?

Tidak perlu lagi NPWP karena sekarang sudah bebas fiskal.

Jadi barang pribadi dari luar negeri apa saja yang bebas pajak?

Barang berikut bebas pajak, asal untuk kepentingan pribadi dan tidak untuk dijual kembali:

  • Barang pribadi dengan total nilai pabean barang  tidak melebihi USD $250 per orang atau USD $1,000 per keluarga.
  • Minuman beralkohol atau parfum, dengan total maksimal bawaan 1 liter cairan yang mengandung etil alkohol
  • Rokok maksimal 200 batang
  • Cerutu maksimal 25 batang

Berapa pajak yang dikenakan untuk barang yang dijual kembali atau barang yang melebih batas di atas?

Barang tersebut akan dikenakan biaya impor, ada beberapa macam bea yang harus anda bayar antara lain:

  • PPN 10%
  • PPH 7,5% atau 2,5% (untuk pemegang API)
  • Pajak Barang Mewah (sesuai barang)
  • Bea Masuk (sesuai barang)

Info lebih lanjut:

You can leave a response, or trackback from your own site.

55 Responses to “Pertanyaan Seputar Imigrasi & Cukai Indonesia”

  1. gabrielle says:

    Pa..apa benar ketentuan boleh bawa rokok untuk sendiri tidak akan kena denda?atau kena bea pajak? Saya dengar sekarang ada aturan tidak boleh bawa rokok masuk ke singapure..thx

  2. dedi winanto says:

    Mau tanya untuk paspor hilang apakah bisa di buat baru di alamat Ƴα̍Ϟƍ berbeda dgn KTP

  3. dewi says:

    pak mau minta pendapat.,saya kan udh terlanjur beli tiket singapura PP dan ternyata paspor saya habis tgl 5 des 2012,. dan saya bru tau stlah beli tiket klu paspor harus diperpanjang setelah 6 bulan..,sedangkan berangkatnya rabu jdi pasti gak sempat untuk memperpanjang.,dan ini pertama kali ke luar negeri..,jadi gimana ya pak solusinya, apakah saya bisa berangkat..,makasih sebelumnya

    • admin says:

      Kemungkinan besar anda akan ditolak oleh imigrasi. Kalaupun imigrasi Indonesia lolos, di imigrasi Singapura kemungkinan besar tidak lolos.
      Mungkin diundur aja sampai paspornya baru jadi.

  4. Yudi says:

    saya mau tanya..kalau bawa oleh-oleh milo dari malaysia sejumlah 4kg apa boleh.

    Terima kasih.

  5. dwi says:

    pak mau tanya, saya bawa parfum 50ml boleh tidak ke luar negeri?

  6. bagus sastrawinata says:

    Mohon informasi Pak/Bu, apakah diperkenankan membawa senapan angin cal 4,5 mm dengan model senapan militer M4 ? saya hobi olahraga menembak dengan senapan angin dan berkeinginan untuk membawa 1 unit senapan tsb dari luar negeri.

    Demikian terima kasih atas infonya.

  7. june says:

    Saya mau tanya. dibolehkan membawa minuman beralkohol 1 liter per orang.
    Bagaimana jika saya ke indonesia bersama anak saya 7 & 9 tahun. boleh mereka membawa 1 liter alkohol per anak?… Bolehkah membawa ikan salmon ke indonesia untuk oleh oleh?

    Terima kasih jawabannya

    june

  8. arie says:

    Saya mau tanya, jika membawa emas dari luar negeri (1kg) apakah dikenakan pajak? Terimakasih

  9. laura says:

    mohon informasinya,passport saya masih berlaku sampe tgl 29aug 13.saya sdh terlanjur beli tiket keberangkatan tgl 28feb13 dan plgnya tgl 5mar13,apakah saya harus perpanjang passport dulu?mohon infonya pak..saya binggung sekali

    • admin says:

      lmigrasi mensyaratkan minimal paspor 6 bulan sebelum expired.
      Untuk menghindari penolakan imigrasi, sebaiknya paspor diperpanjang terlebih dahulu.
      Perpanjangan paspor memerlukan waktu sekitar 10 hari, jadi masih ada waktu.

  10. julius says:

    saya mau tanya, jika saya dari singapura membeli 2 jam tangan (total keduanya USD 435) dan ketika akan kembali ke indonesia melalui batam, saya gunakan/pakai salah satu jamnya apakah saya kena bebas pajak?
    kotak jam yang saya kenakan/gunakan tetap saya bawa juga ke indonesia

    terima kasih

  11. Yohanna says:

    apakah boleh bawa ipad ke singapura? Takutnya ntar bermasalah di bea cukai imigrasi indonesia.. Takutnya dipikir beli dari singapore

  12. rhai says:

    klo membawa bibit tanaman dari luar negeri dibawa ke indonesia bagaimana??

  13. wira says:

    kalo dari indonesia airport tax rp.150.000,-
    kalo dari singapura ke airport tax engga?

  14. Irwan Chandra says:

    Pak, saya ingin bertanya perihal makanan yang dibeli dari luar negeri. Jika kita membeli makanan dari luar negeri baik produk hewan dan tumbuhan apa yang harus dilakukan agar tidak ditahan oleh pihak karantina di bandara?

    Pengalaman dulu saat ditahan, kata petugas karantina saya harus membawa surat pernyataan resmi dari karantina di bandara negara asal makanan tersebut bahwa makanannya aman untuk dibawa. Apakah itu benar?

    Lalu bolehkah saya meminta file daftar barang terlarang dan terbatas dari bapak? Karena link yang disediakan diatas sudah tidak valid.

    Terima kasih.

    • admin says:

      Produk hewan dan tumbuhan menurut peraturan memang harus dikarantina dulu. Untuk info lebih lanjut silakan menghubungi pihak yang berwenang.

  15. spica says:

    Kalo bawa kayak komponen elektronik dari singapu ke batam kira kena pajak apa gak??? bawanya sih g banyak,,cuman 2 buah

    • admin says:

      Kami tidak bisa menentukan suatu barang kena pajak atau tidak. Selama sesuai peraturan tidak kena pajak, seharusnya tidak kena pajak.

  16. yohana says:

    Saya tinggal d perbatasan Indonesia-Malaysia. Kl sayamelalui bandara Kuching ke Singapura trs Singapura ke Jakarta bisa ga yah ?

  17. tia says:

    maaf mau tanya nih pak…apakah boleh bawa hp 2..ama l
    aptop 1..kalau plg ke indonesia .

  18. Didie says:

    Saya sudah beberapa kali pergi kesingapura. Terakhir Hari ini. Setiap kali saya melewati imigrasi singapura saya selalu di arrest. memang sih kadang2 proses nya lumayan cepat, kadang2 bisa lama juga bisa hampir 1 jam. Tentu saja hal ini membuat saya tidak nyaman, sehingga sampai hari ini saya belum berani pergi sendiri kesana. Mohon bantuannya apa yg harus saya lakukan. Sebagai informasi nama saya di Pasport adalah nama pasaran dengan satu suku kata.

    • admin says:

      Memang untuk orang yang namanya satu suku kata biasanya selalu diperiksa oleh pihak imigrasi di banyak negara. Jadi kalau memang kurang nyaman karena selalu diperiksa, sebaiknya nama di passport diubah jadi dua suku kata, misal dengan menambahkan nama orang tua. Silakan hubungi pihak imigrasi untuk perubahan ini.

  19. hengki says:

    Saya ingin menanyakan, kalau orang asing masuk indo, mau membawa emas, apakah ketentuan atau batasan >?
    saya sudah menanyakan ke bagian imigrasi, dan hanya menjawab barang bawaan apapun nominal harga tidak boleh melebihi 100juta. apakah itu sudah termasuk dengan emas ?
    trims

  20. joni says:

    mas..boleh minta hitungannya bea cukai indonesia??
    contoh:semisal barang 10 jt,kan perorangnya lbih 7,5 jt..itu hitungan bea cukainya bagaimana??dikali brp ato dibagi berapa,dsb..thx

    • admin says:

      Kalau barang kena anda kena pajak maka hitungan kasarnya:

      (10 jt X 10% x 7,5%) + PPnBm + Bea Masuk = Rp 1.750.000,- + PPnBM + Bea Masuk

  21. WILLY says:

    kalo bawa hp dari Batam kok tetap kena cukai, Batam kan Indonesia juga….

  22. Erlyn says:

    Permisi…
    Saya mau tanya..
    Tgl 4 ini saya berencana mngajak suami saya kspore,
    Tgl 5 nov suami sy ultah.jd saya sdh mmpersiapkan smua acara,hotel dspore.dan yg ingin saya tanyakan,suami saya hobby skali dgn miniatur mbl maestro.
    Dan sy beli 2 buah minuatur mbl,rencana itu akan sy bw dkoper tnpa spengetahuan suami saya,untuk kado ultah dia.apakah blh dr indonesia mmbw miniatur mbl kspore,apakah tdk jd masalah/saat tiba dcangi maupun saat balik indonesia lg?
    Terimakasih,dmohon masukannya :)

    • admin says:

      Kalau ukurannya kecil dan tidak berbahaya, sepertinya tidak masalah. Sebaiknya ditenteng ke kabin untuk lebih amannya.

  23. fanny says:

    Boleh gk bawa dslr? Lebih baik dibawa atau ditaruh di bagasi? Di singapura tempat2 Mana sj yang tidak boleh difoto selain di casino? Trims

    • admin says:

      Boleh aja, lebih baik dibawa/ditenteng ke pesawat saja. Yang tidak boleh difoto biasanya kedutaan, istana presiden, dan dalam museum.

  24. intan says:

    mau tanya, kalo kita bawa barang seperti body lotion, sabun muka cair, parfum, pelembab, dan susu tp tidak di dalam bagasi, apakah barang tersebut akan diambil saat di imigrasi?

  25. riki says:

    mau tanya gan,,kalau bawa HP 7 unit replika, tapi di tenteng 4 unit,,sisa 3 unit di masukkin koper 2 unit,dan 1 unit lagi di masukkin ke tas ransel.

    untuk kotaknya,5 di Koper dan 2 di tas ransel.
    Itu masalah ga gan kira”?

    Terima Kasih

    • admin says:

      Silakan tanya langsung ke bea cukai.

      • riki says:

        sangat tidak memuaskan jawaban anda,,kalau langsung tanya bea cukai, anda bagusan tidak usah membuat Blog ini saja.

        Blog Sampah…

        • admin says:

          Maaf, yang berwenang untung menangkap penyelundup yang tidak membayar pajak dan bea masuk adalah pihak bea cukai.
          Jadi silakan lapor dan bayar pajak saja kalau anda bukan penyelundup.

          • kurohige says:

            Jawaban yang bagus Min, blog ini buat traveller bukan buat penyelundup..
            kalo mau nanya soal cara2 nyelundupin barang bukan disini tempatnya..
            ngerusak pemandangan aja..

  26. sari says:

    mohon infonya..saya berencana berpergian ke singapura dalam waktu dekat ini…apakah boleh membawa obat obatan seperti panadol,tolak angin,fresh care…apakah ada batasan nya brp jika boleh membawa obat seperrti itu?terimakasih sebelumnya

Leave a Reply