Review Terminal 4 Changi

tme / Pixabay

Pada tanggal 31 Oktober 2017 lalu, Bandara International Changi Airport Singapore telah membuka terminal baru bernama terminal 4 Changi. Sebagai salah satu bandara terbaik di dunia, Changi Airport terus berbenah dengan membangun fasilitas-fasilitas terbaik demi kenyamanan setiap penumpang maskapai baik dari Singapore maupun luar.

Setelah berhasil membangun terminal 3 Changi yang juga menjadi spot terbaik untuk berfoto. Di tahun 2017 lalu, bandara ini juga baru saja membuka terminal terbarunya yang nampak lebih keren dibandingkan 3 terminal terdahulunya.

Maskapai Penerbangan

Seperti yang telah dibahas di atas, Terminal 4 Changi merupakan terminal terbaru di Changi Airport yang baru saja di buka pada tanggal 31 Oktober 2017 lalu. Meskipun menjadi terminal terbaru, namun di awal pembukaannya terminal 4 sudah melayani beberapa maskapai penerbangan baik lokal maupun interlokal. Dimana terminal ini melayani penerbangan dengan maskapai sebagai berikut:

– Spring Airlines
– Cebu Pacific Air
– Air Asia
– Korean Asia
– Cathay Pacific
– Vietnam Airlines

Fasilitas Area Publik

Secara umum, terminal 4 Changi ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan 3 terminal sebelumnya. Dimana konsep dibuat dengan tampilan modenr dengan gedung yang begitu sangat besar dan bersih. Selain itu, untuk beberapa fitur penting seperti titik penurunan bagasi juga sudah dibuat secara otomatis. Hal ini bukanlah suatu yang baru mengingat di beberapa Bandara yang ada di negara lain pun juga sudah menggunakan sistem yang sama.

Sedangkan di bagian titik pemeriksaan imigrasi sendiri juga dibuat dengan sedemikian rupa dengan sistem yang hampir sama pula. Dimana di bagian pemeriksaan imigrasi dipisah menjadi dua bagian, yaitu area yang digunakan untuk izin imigrasi secara otomatis dan area yang digunakan untuk izin secara teknikal staf.

Selain fasilitas utama di atas, terminal 4 Changi masih memiliki dua fasilitas publik yang mungkin berbeda dari bandara yang ada di dunia, yaitu fasilitas Theatre of Experience dan Art That Moves You.

Theatre of Experience merupakan sebuah fasilitas yang dibuat dengan menampilkan layar LCD berukuran besar di bagian dinding sehingga layar tersebut dapat dilihat hingga area public checkin. Sedangkan untuk Art That Moves You merupakan sebuah seni dan patung yang dapat bergerak yang mana diletakkan di bagian area terminal 4.

Selain itu, terminal 4 Changi juga menyediakan fasilitas lain yang tidak kalah bagusnya, misalnya saja seperti area bersantap dengan menu makanan halal, ruang beribadah, dan lainnya. Selain itu, terminal 4 Changi juga menyediakan fasilitas untuk bersantai. Dimana untuk fasilitas ini menyediakan layanan seperti pijat seluruh tubuh, salon perawatan rambut, perawatan manicure and pedicure dan lainnya. Bahkan di dalam terminal 4 sendiri juga tersedia taman di dalam ruangan dengan tema yang sangat luar biasa. Sehingga penumpang yang transit di bandara ini akan merasa takjub dengan fasilitas yang disediakan.

Cara Menuju Ke Terminal 4 Changi

Cara menuju terminal 4 Changi (T4) tergantung dari transportasi yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan transportasi ketera atau MRT, saat ini kereta bisa langsung menuju ke T2 dan T3. Sedangkan untuk fasilitas transportasi seperti bus antar-jemput dapat langsung menuju area antara T2 dan T4. Selain itu, untuk pengguna maskapai yang ingin berjalan kaki, mungkin akan memakan waktu sekitar 10 menit untuk bisa masuk di pintu utama T4.

Untuk Anda yang menggunakan taxi atau mobil carter lainnya, maka untuk bisa sampai ke T4 Changi Anda tinggal bertanya saja ke drivernya. Dimana driver akan langsung mengantar Anda ke tempat tujuan. Namun jika ingin menggunakan bus umum, maka Anda bisa langsung naik ke bus dengan no. 24, 34, 36 dan juga 110. Dimana bus akan berhenti langsung di gerbang masuk T4. Selain itu, jika ingin menggunakan Shuttle Bus, maka Anda bisa langsung menuju di titik penjemputan yang berada di ruang Arrival T2 tingkat 1.

Cara Menuju Ke Terminal 1, 2, dan 3 Changi

Untuk bisa menuju ke terminal 1, 2 dan 3 Changi, sebenarnya akan lebih mudah jika menggunakan layanan Shuttle Bus. Dimana layanan Shuttle gratis fasilitas Sky Train yang akan menghubungkan T1, T2, dan T3. Sedangkan waktu yang dibutuhkan dari T1 menuju ke T2 sekitar 1 menit. Untuk jam operasi Sky Train sendiri dimulai dari pukul 5.00 pagi hingga 2.30 dini hari.

Sedangkan untuk penumpang yang sedang berada di T1, T2, atau T3 dan ingin menuju ke T4 dengan menggunakan boarding pass maka juga bisa menggunakan layanan Shuttle Bus yang ada di Aula Transit Gate F 51. Namun jika ingin berjalan kaki, maka penumpang bisa menggunakan fasilitas eskalator berjalan yang menghubungkan antar terminal. Namun jika menggunakan layanan ini maka waktunya sedikit lebih lama. Dimama dari T1 ke T2 akan membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

Meskipun menjadi terminal terbaru yang ada di Bandara Changi Airport, namun beberapa fakta mengatakan jika terminal ini masih memiliki beberapa kekurangan diantara terminal lainnya. Untuk semua terminal seperti T1, T2, dan T3 sudah memiliki integrasi yang sangat baik dengan Sky Train. Namun hal tersebut berbeda dengan T4. Dimana lokasinya yang berbeda dari 3 terminal sebelumnya. Membuat terminal 4 hanya dapat dicapai dengan menggunakan Shuttle Bus dari terminal 2.

Meskipun begitu, namun dalam waktu dekat ini pasti fasilitas akan dibangun lebih baik lagi. Apalagi mengingat bandara ini merupakan bandara terbaik yang ada di dunia saat ini. Itulah review terminal 4 Changi Singapura yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan memudahkan aktivitas penerbangan Anda baik dari/menuju Singapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.