Singapore Chinese Garden

Arulonline / Pixabay

Berlibur ke Singapura tak sekedar hanya berkunjung ke tempat-tempat hiburan yang ada di pusat kota, seperti Merlion Park, Universal Studio, Garden By The Bay, ataupun hanya menghabiskan waktu untuk berburu barang disana. Ternyata dibalik kotanya yang indah dan megah, Singapura memiliki sejumlah wisata yang tak banyak diketahui. Sebut saja seperti Singapore Chinese Garden.

Tempat ini memang tergolong sepi dibandingkan lokasi wisata yang ada di pusat kota Singapura. Letaknya yang jauh dari pusat kota, membuat lokasi ini tak begitu banyak diketahui oleh para wisatawan luar. Namun jangan salah, keindahan taman disini bisa menjadi alternatif untuk berlibur dengan suasana yang beda.

Apa Itu Singapore Chinese Garden?

Chinese Garden adalah sebuah taman atau kebun yang didesain mirip dengan kekaisaran Tiongkok yang terletak di sisi barat pusat kota Singapura. Taman ini memiliki suasana yang sangat tentram dengan lus sekitar 13,5 hektar. Dimana di taman ini pengunjung dapat melihat kecantikan bangunan berarsitektur Tiongkok Kuno yang seolah-olah dibawa menuju ke daratan China.

Selain dijadikan sebagai taman wisata, tempat ini juga sering digunakan oleh pasangan calon pengantin yang ingin melakukan sesi foto prewedding. Tamannya yang indah, dengan hamparan rumput hijau yang nampak segar sekaligus jejeran bangunan kekaisaran khas Tiongkok membuat tempat ini menjadi rekomendasi wisata Singapura yang tak boleh ditinggalkan.

Meskipun jaraknya lumayan jauh dari pusat kota Singapura, namun pengunjung dapat dengan mudah untuk bisa sampai ke Chinese Garden ini. Untuk Anda yang belum pernah berkunjung ke tempat ini atau baru pertama kali mendengarnya. Maka tempat ini wajib masuk dalam daftar liburan Anda saat berkunjung ke Singapura.

Mengenal Lebih Dekat dengan Singapore Chinese Garden

Taman yang memiliki desain khas kekaisaran Tiongkok Kuno ini memang sangat mirip dengan yang ada di negara China. Bahkan jika Anda sering melihat serial kungfu China, maka bisa dibayangkan jika taman ini mirip dengan yang Anda lihat di televisi.

Ada beberapa tempat atau bangunan yang menjadi andalan di taman China Singapura ini, seperti:

• 7 Storey Pagoda

Bangunan pertama yang bisa langsung Anda lihat di Chinese Garden ini adalah 7 Storey Pagoda. Dimana bangunan ini merupakan sebuah pagoda bertingkat 7 yang cukup tinggi. Pagoda ini berada di dekat gerbang masuk belakang taman yang sengaja dibangun di atas bukit buatan. Bahkan saat Anda belum memasuki lokasi taman, maka bangunan pagoda sudah terlihat dari jarak jauh karena memang cukup tinggi bangunannya.

Jika ingin melihat lebih dekat, maka pengunjung dibolehkan untuk menaiki bangunan pagoda. Namun karena cukup tinggi dan masih berupa anak tangga, maka jika ingin menaiki bangunan pagoda bertingkat 7 ini Anda harus menyiapkan tenaga lebih.

• Twin Pagodas

Twin Pagoda adalah bangunan pagoda kembar yang ada di tepian danau Chinese Garden. Dimana ada 2 pagoda yang bisa Anda lihat disini. Di bangunan ini pengunjung juga dapat masuk dan menaiki pagoda. Namun karena bangunannya cukup tinggi dan berjumlah 2. Maka sebagian besar pengunjung hanya berfoto di depan atau samping bangunan pagoda saja.

• Garden of Abundance

Selain bangunan pagoda, pengunjung juga dapat melihat Garden of Abundance. Dimana di tempat ini ada berbagai jenis patung yang melambangkan 12 Shio yang dilengkapi dengan penjelasan singkat di setiap patungnya.

• Jembatan Berwarna Putih yang Menghubungkan Japanese Garden dengan Chinese Garden

Jembatan penghubung antara Japanese Garden dengan Chinese Garden ini cukup menyita perhatian. Dimana selain bentuknya yang megah dan besar, ternyata jembatan ini menghubungkan antar dua lokasi. Dimana selain bisa menikmati keindahan yang ada di Chinese Garden, pengunjung juga dapat melihat keindahan yang ada di Japanese Garden yang lokasinya bersebelahan.

• Bonsai Garden

Di Bonsai Garden pengunjung dapat melihat jejeran tanaman bonsai yang dibentuk sedemikian rupa. Terdapat sebuah bangunan putih yang ikut menghiasi taman disini. Dimana taman bonsai ini masih terletak di area Chinese Garden.

• Turtle and Turtuoise Museum

Selain melihat keindahan yang ada di sekitar taman, di tempat ini juga terdapat sebuah museum yang di dalamnya terdapat 500 ekor kura-kura dan beberapa penyu dari 40 spesies berbeda. Bahkan museum ini sempat dinobatkan sebagai salah satu museum dengan koleksi hewan kura-kura dan penyu terbanyak di dunia. Namun untuk bisa masuk dan melihat isi dari museum ini, pengunjung diharuskan membeli tiket yang telah disediakan.

Lokasi

Untuk Anda yang ingin pergi ke Singapore Chinese Garden, maka tempat ini berlokasi di salah satu pulau di Danau Jurong yang lokasinya berada di daerah Jurong East, Singapura (sebelah barat pusat kota Singapura).

Jam Buka

• Chinese Garden, buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 – 23.00
• Japanese Garden, buka setiap hari mulai dari pukul 05.30 – 19.00

Harga Tiket Masuk

Untuk yang ingin berwisata ke Chinese Garden, maka tiket masuk disini adalah GRATIS. Pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya jika ingin berkunjung ke sini.

Cara Menuju ke Singapore Chinese Garden

Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk menuju ke Singapore Chinese Garden, yaitu menggunakan MRT dan Taksi atau kendaraan pribadi.

• MRT: jika ingin menggunakan MRT, Anda bisa menggunakan MRT terdekat menuju Chinese Garden berwarna hijau dengan nomor EW25. MRT tersebut merupakan satu-satunya MRT yang menuju arah Chinese Garden dari pusat kota Singapura.

• Taksi/Kendaraan Pribadi: jika ingin lebih mudah sampai ke Chinese Garden, maka Anda bisa menggunakan taksi atau carter kendaraan pribadi. Anda bisa dari arah mana saja, setelah itu tinggal bilang mau ke Chinese Garden pada drivernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.