Singapore Clarke Quay

cygig / Pixabay

Ada banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi saat ke Singapore. Selain Merlion Park yang terkenal akan patung singanya yang besar, Garden By The Bay yang terkenal akan taman buatannya yang sangat bagus dan megah, serta kawasan Marina Bay Sands yang sangat disukai oleh para turis. Ternyata Singapore juga memiliki satu wisata lagi yang cukup ramai dikunjungi, yaitu Singapore Clarke Quay.

Wisata tepi sungai ini menyajikan beragam tempat menarik yang bisa Anda kunjungi, mulai dari restourant, bar, club, pub, tempat berbelanja, dan berbagai hiburan lainnya. Selain menjadi tempat tujuan para turis manca, lokasi ini juga cukup ramai dikunjungi penduduk lokal yang ingin menikmati hiburan disana. Biasanya orang-orang Singapore sehabis pulang kerja, mereka akan menyempatkan diri untuk mampir ataupun sekedar nongkrong sambil melepas rasa lelahnya.

Apa Itu Singapore Clarke Quay?

Clarke Quay adalah sebuah dermaga tepi sungai yang dijadikan sebagai tempat hiburan yang sangat terkenal di negara Singapore. Dermaga ini menggabungkan unsur hiburan, tempat makan, serta pusat perbelanjaan yang bisa dinikmati kapan saja. Tempat ini terletak di hulu sungai Boat Quay dan Singapore River.

Clarke Quay sendiri merupakan sebuah nama jalan yang ada di sepanjang dermaga. Dulunya tempat ini merupakan 2 buah jalan yang ada di Kampung Malaka Utara, yaitu jalan barat dan jalan timur. Namun setelah itu, tempat ini diubah menjadi sebuah kawasan perbelanjaan layaknya sebuah Mall untuk pejalan kaki.

Sejarah Clarke Quay

Nama Clarke Quay pertama kali diberikan setelah Sir Andrew Clarke, yaitu seorang Gubernur kedua Singapore di tahun 1873 – 1875. Dulunya sungai Singapore ini menjadi pusat perdagangan modern di era kolonial. Namun kondisinya sungguh memprihatinkan. Dimana sungai menjadi sangat tercemar dan penuh dengan tumpukan sampah.

Di tahun 1977 – 1987, pihak pemerintah Singapore melakukan pembersihan sungai dan lingkungannya. Selain itu, kawasan tersebut mulai dibangun menjadi sebuah kawasan komersial, tempat hiburan, hingga perumahan elit.

Clarke Quay Fetivalk Village merupakan proyek konservasi pertama dan terbesar di sungai Singapore ini. Proyek tersebut mulai dikembangkan dan dibuka secara resmi di tahun 1993. Setelah itu, kawasan Clarke Quay terus dikelola hingga pengubahan desain di setiap susdur tepi sungai ini. Hingga saat ini Clarke Quay menjadi salah satu tempat yang cukup diperhitungkan karena mampu menghasilkan sumber kekayaan bagi negara Singapore.

Apa yang Bisa Dilihat di Clarke Quay?

Ada banyak sekali tempat hiburan yang bisa Anda datangi di Clarke Quay ini, mulai dari bar, club, pub, pusat perbelanjaan khusus pejalan kaki, bersantap makanan ala tepi sungai, hingga tempat-tempat hiburan lainnya.
Orang-orang dapat berkunjung ke tempat ini kapan saja, karena Clarke Quay tidak pernah ditutup dan menjadi akses publik di negara Singapore. Meskipun tempatnya cukup ramai, namun tempat ini sangat bersih dan bebas rokok.
Sehingga sangat nyaman sekali dijadikan sebagai tempat untuk bersantai, nongkrong, atau melihat keindahan bangunan yang ada di sebrang sungai Clarke Quay.

Untuk Anda yang ingin menikmati suasana Clarke Quay lebih tenang, maka dapat berkunjung di pagi hari. Karena di pagi hari kawasan ini masih cukup sepi dan belum banyak dikunjungi. Selain itu, suasananya juga sangat teduh dan asyik untuk berjalan kaki sambil mengelilingi tempat-tempat yang ada disini. Biasanya di pagi hari, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk berolahraga oleh warga lokal Singapore.

Di sore hari, tempat ini mulai banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin menikmati suasana di Clarke Quay Singapore. Biasanya di waktu tersebut banyak muda-mudi yang menyempatkan diri untuk nongkrong ataupun ingin berburu makanan yang ada disana.

Jika ingin melihat keramaian di tempat ini dengan barbagai tempat hiburan yang mulai dibuka. Maka berkunjunglah di malam hari. Anda bisa berkunjung ke tempat hiburan yang ada disana, berbelanja, menikmati makan malam, hingga menikmati alunan musik yang mulai diputar di berbagai sudut Clarke Quay. Tempat ini cukup romantis untuk Anda yang ingin menikmati waktu berdua dengan pasangan.

Lokasi

Untuk Anda yang ingin menikmati suasana di Clarke Quay, maka cukup mudah sekali untuk bisa menjangkau tempat ini. Dimana Singapore Clarke Quay terletak di hulu sungai Boat Quay dan Singapore River pusat kota Singapore.

Jam Buka

Clarke Quay dibuka untuk umum di pagi, siang, hingga malam hari. Namun untuk Anda yang ingin menikmati berbagai tempat hiburan atau pusat perbelanjaan di kawasan ini. Maka sebaiknya datang di sore menjelang malam hari. Karena di pagi hingga siang hari, tempat-tempat hiburan masih pada ditutup.

Cara Menuju ke Clarke Quay

Untuk bisa sampai ke Singapore Clarke Quay, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan:

• MRT: jika ingin naik MRT maka mudah sekali, cukup turun di stasiun MRT yang ada di dekat Clarke Quay (NE4). Setelah keluar dari MRT, Anda akan langsung terhubung ke Central Mall Singapore. Setelah itu, Anda bisa langsung cari jalan keluar menuju ke arah Singapore River (sungai Singapore). Dari jarak jauh Anda sudah disambut dengan gemerlap lampu bar, club, maupun restourant yang ada di sebrang sungai. Setelah itu, Anda bisa naik kapal yang sudah tersedia untuk menyebrangi sungai Singapore.

• Taksi: jika ingin menggunakan taksi, Anda bisa dari arah mana saja kemudian turun di depan Central Mall. Setelah itu, Anda bisa langsung cari jalan keluar menuju ke arah Singapore River (sungai Singapore). Kemudian Anda tinggal naik kapal yang sudah tersedia untuk menyebrangi sungai Singapore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.