Tip Belanja Elektronik di Singapore

Mobile Phone

Tip penting buat orang Indonesia: harga Elektronik di Singapura relatif lebih mahal daripada di Indonesia. Kalaupun lebih murah beda 100-200 ribu saja. Jadi kalau tujuan anda beli elektronik di Singapura lebih murah, maka harus anda pikirkan kembali.

Kecuali kalau barang elektronik tersebut baru keluar. Ada beberapa harga elektronik seperti handphone yang harga launching-nya lebih mahal di Indonesia. Namun bila sudah lebih dari 3-4 bulan, harganya akan turun mengikuti harga pasar.

Jadi silakan berbelanja elektronik di Singapura, kalau anda terpaksa harus beli di sini, atau memang di Indonesia produknya belum ada.

Bandingkan dengan Toko Online di Indonesia

Sebelum membeli barang elektronik misalnya laptop atau handphone, bandingkan dengan harga toko online di Indonesia. Yang paling mudah silakan buka www.bhinneka.com. Harga di Mangga Dua, Jakarta sekitar 5-15% lebih murah daripada harga toko online misalnya bhinneka.com.

Jadi kalau harga barang di Singapura cuma lebih murah 10% dari harga toko online, maka dipastikan harganya lebih mahal atau sama dengan harga di Mangga Dua, Jakarta.

Tetapi kalau harganya lebih murah 30%, anda bisa membeli produk tersebut, karena kemungkinan besar harganya lebih murah dibanding di Indonesia.

Lucky Plaza – tidak direkomendasikan

Lucky Plaza adalah mall di daerah Orchard, Singapura. Di sini dijual barang elektronik seperti kamera, handphone, dll. Kalau anda orang Indonesia, disarankan tidak beli di sini.

Jangan bandingkan dengan penjual di Mangga Dua yang murah senyum, penjual di Lucky Plaza tidak ramah. Penjualnya jutek, dan tigak segan memaki-maki anda.

Apalagi bila Inggris anda belepotan, anda bisa jadi sasaran empuk penipu di sini. Rumor yang beredar, banyak penipuan di sini, terutama bila pembelinya orang Indonesia. Orang Indonesia gampang ditipu karena banyak yang tidak jago bahasa Inggris, dan gaptek.

Bentuk penipuannya macam-macam, mulai dari segel yang sudah dibuka, warranty yang udah terpakai, GST yang tidak wajar, charge kartu kredit yang tidak wajar, sampai harga yang berubah-ubah.

Jadi tidak disarankan belanja elektronik di Lucky Plaza. Kecuali anda mau beli makan atau belanja souvenir $10 dapat tiga, silakan saja.

GST (Goods & Service Tax) Refund

GST Refund inilah yang membuat beberapa barang di Singapura jadi kelihatan lebih murah. Pengembalian GST dapat dilakukan di bandara Changi.

Syarat mendapat pengembalian GST adalah minimal pembelian dalam 1 hari sebesar $100, di toko retail tersebut. Dan anda harus meminta formulir pegembalian GST di toko tersebut, kemudian diisi dan dicap toko tersebut.

Ingat bahwa GST sekarang ini adalah 7%. Kalau barang yang anda beli diberi pajak GST lebih dari 7%, anda kemungkinan sedang ditipu. Dan ingat pula, bahwa tidak semua 7% itu dikembalikan, paling sekitar 5-6% saja yang dikembalikan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang GST Refund silakan baca Cara melakukan GST Refund di Singapore.

TIP bagi yang pertama kali ke Singapura

  • Bila anda tidak tahu mana toko yang terpercaya,  sebaiknya jangan belanja elektronik di Singapura. 
  • Tampang turis kampungan, dan bahasa Inggris belepotan, adalah target penipuan yang mudah.
  • Waspadalah..waspadalah! 
You can leave a response, or trackback from your own site.

6 Responses to “Tip Belanja Elektronik di Singapore”

  1. novandri says:

    Saya ada rencana untuk berlibur di singapore, dan rencananya saya mau membeli perlengkapan fotografi, laptop dan HP..
    Bisa minta rekomendasi tempat yg terpercaya dan lumayan murah harganya…
    trims..

    • admin says:

      Saya sarankan beli barang elektronik di Indonesia saja, cukup mudah mencari toko yang terpercaya di Indonesia. Harganya juga tidak berbeda jauh, masalah garansi juga lebih gampang kalau di Indonesia.

  2. James says:

    jadi teringat cerita temen, beli pakaian di singapura mahal2, pas balik ke Indo, ga sengaja liat labelnya, made in Indonesia , hahaha

  3. ovie says:

    Baru-baru ini adik saya mau beli lensa di singapura. Trus dia nyari di far east plaza. Adik saya nemu lensa yang cocok, pemilik toko bilang lensany seharga 895 S$. Penjualnya minta cocok harga. Kami berencana untuk batal membeli, tapi akhirnya dia bolehin coba ga cocok harga. Kebetulan di tokonya dia display komputer dengan layar 50 inci dengan koneksi internet. Dengan beraninya adik saya nyari harga lensanya di situ. Melihat itu pemilik toko panik, dan bilang, klo adik saya dtang besok harganya jadi 200 S$. Dengan sebal, adek saya melanggeng pergi sambil bilang “oh, thank you”. Jadi ga cuma Lucky Plaza yang suka nipu

  4. tgl 15 feb 2014 ini saya ada rencana ke singapore.. belum ada anggaran untuk gaget.. tapi kira2 yang murah di mana yaa.. bila beli gaget di singapore

    • admin says:

      Masalah harga lebih murah atau mahal itu relatif. Hati-hati bila beli barang elektronik di Singapura.
      Di Indonesia saja bisa tertipu, apalagi di negeri orang yang kita tidak tahu seluk beluknya.

Leave a Reply