Tip Membawa Handphone ke Luar Negeri

Handphone (sxc.hu)

Handphone (sxc.hu)

Di era komunikasi ini, kebutuhan handphone sebagai alat komunikasi sangatlah perlu. Handphone kadang menjadi barang yang wajib dibawa bila kemana-mana. Bila lupa bawa handphone kadang ada yang kurang sreg.

Bahkan ke luar negeri, handphone tersebut menjadi barang wajib yang ada di kantong. Nah yang perlu anda waspadai adalah penggunaan pulsa untuk komunikasi di luar negeri. Bila anda tidak bijak, bisa jadi tagihan anda membengkak sampai puluhan juta.

Berikut beberapa tip ketika membawa handphone ke luar negeri:

1. Charger Baterai

Salah satu yang perlu anda perhatikan adalah listrik untuk men-charge baterai handphone anda. Voltase tiap negara berbeda-beda, ada yang 240volt,  220 volt, dan ada yang 110 volt. Untuk mengatasi perbedaan voltase ini, anda bisa mempersiapkan charger yang bisa bekerja dalam voltase yang berbeda. Beberapa charger bisa bekerja di range 100volt~220volt.

Selain itu, colokan  listrik di tiap negara juga berbeda-beda. Di Indonesia colokan listriknya dua lubangnya, nah di Singapura colokan listriknya tiga lubangnya. Untuk mengatasi perbedaan ini, anda bisa membeli adaptor universal. Untuk Singapore, anda bisa melihat di listrik di Singapura.

2. Roaming

Beberapa operator selular Indonesia mempunyai kerjasama dengan operator di luar negeri, sehingga ponsel operator Indonesia bisa digunakan di luar negeri. Contoh nomor Indosat bisa dipakai di Singapura, atau nomor Telkomsel bisa dipakai di Arab Saudi. Penggunaan ponsel di luar areanya disebut roaming.

Dalam roaming internasional ini, ada beberapa hal yang perlu anda waspadai supaya pulsa anda tidak jebol. Beberapa hal yang perlu diwaspadai antara lain:

  • Bila telpon dari luar negeri ke Indonesia, maka penerima telepon di Indonesia, bisa terpotong pulsanya. Jadi pastikan penerima telpon tahu hal ini, supaya tidak kaget pulsanya tiba-tiba habis.
  • Menerima telepon dari mana saja, pulsanya bisa terpotong. Misalnya anda membawa ponsel Indosat ke Singapura, ketika anda menerima telepon dari Indonesia maka pulsa anda akan terpotong. Bila pulsa anda habis, anda tidak bisa menerima telepon lagi.
  • Matikan layanan instan mesengger seperti yahoo, facebook, dll. Karena aplikasi tersebut menggunakan layanan data internet, yang harganya berlipat-lipat dari harga normal. Sebaiknya gunakan paket hemat data roaming internasional bila operator anda menyediakannya.
  • Matikan mode otomatis roaming. Pilih mode manual roaming. Pilih operator roaming yang direkomendasikan operator Indonesia.
  • Tarif telpon, tarif sms, dan tarif internet roaming, pasti lebih mahal beberapa kali lipat daripada harga normal. Jadi gunakan ponsel anda sebijaksana mungkin ketika roaming internasional.
  • Pastikan bahwa operator roaming anda sudah mempunyai kerjasama tarif promo dengan operator Indonesia. Bila sudah ada kerjasama biasanya tarifnya lebih murah.

3. Pelanggan Pasca Bayar

Pelanggan pasca bayar, adalah pelanggan yang membayar pemakaian pulsa di akhir bulan setelah pemakaian. Karena membayar setelah pemakaian, maka jenis pelanggan ini  harus mewaspadai aktivitas ponselnya di luar negeri.

Beberapa hal yang wajib diwaspadai bagi pelanggan pasca bayar antara lain:

  • Tagihan bulanan bisa membengkak karena penggunaan ponsel tidak terkendali. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya anda mengatur maksimum tagihan yang bisa dibebankan. Beberapa operator menyediakan layanan untuk mengontrol limit pulsa yang bisa digunakan.
  • Matikan layanan data internet anda. Salah satu hal yang dianggap sepele adalah penggunaan layanan data internet di luar negeri. Mungkin anda cuma browsing-browsing sebentar, namun bisa jadi tagihan anda membengkak di akhir bulan. Hal ini karena tarif roaming data bisa lebih mahal berkali-kali lipat daripada harga normal.
  • Waspadai BBM roaming. Blackberry Messenger menggunakan internet untuk komunikasinya. Nah hal ini patut diwaspadai, beberapa operator belum mempunyai kerjasama roaming tarif layanan BBM. Bila belum ada kerjasama tarif, maka tarif yang digunakan adalah tarif data internet yang lebih mahal. Oleh karena itu pastikan BBM anda sudah ada kerjasama dengan operator di luar negeri.

4. Pelanggan Pra Bayar

Selain hal-hal di atas, untuk pelanggan pra bayar, pastikan bahwa pulsa di handphone anda masih cukup banyak agar masih tetap bisa menerima telepon. Sebaiknya sebelum ke luar negeri isi pulsa yang banyak, atau kalau perlu bawa voucher pulsa.

You can leave a response, or trackback from your own site.

3 Responses to “Tip Membawa Handphone ke Luar Negeri”

  1. Mirna says:

    Siang admin

    Di atas disebutkan : “Beberapa operator selular Indonesia mempunyai kerjasama dengan operator di luar negeri, sehingga ponsel operator Indonesia bisa digunakan di luar negeri. Contoh nomor Indosat bisa dipakai di Singapura, atau nomor Telkomsel bisa dipakai di Arab Saudi. Penggunaan ponsel di luar areanya disebut roaming.

    Jika saya menggunakan indosat apakah artinya saya tidak dikenakan biaya roaming?

    Lalu berapa tarif yang harus saya bayar untuk menerima telepon atau sms dari nomor Indonesia.

    • admin says:

      Kalau menggunakan indosat di luar negeri dikenakan biaya roaming ketika menerima telepon. Untuk tarif roaming bisa ditanyakan ke call center operator. Untuk menerima SMS gratis.

  2. hamster says:

    mending pake auto reject incoming call/sms daripada jebol pulsanya. kalo mau contact ke indonesia ya nyari free wifi aja (di sgp kan buanyak yg free) ntar bisa kirim message via fb, email, sms online, dsb. dan jangan lupa mbawa power bank

Leave a Reply