Tip Mengunjungi Universal Studios Singapore (USS)

Ticket Box

Universal Studios Singapore adalah taman rekreasi bertema (themed park) yang lokasinya di dalam area Resort World Sentosa. Kalau di Indonesia, USS itu semacam Dufan Ancol Jakarta atau Trans Studio di Bandung.

Taman rekreasi ini letaknya di pulau Sentosa. Buka tiap hari mulai dari jam 10 pagi sampai malam. Harga tiket dewasa sekitar 70an dollar. Di dalam taman ini terdapat berbagai macam tema dan atraksi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang atraksi, jam buka, dan harga tiket; silakan lihat Mengunjungi Universal Studios Singapore.

Di atraksi-atraksi yang menarik biasanya jumlah antriannya panjang. Sehingga mau tidak mau anda harus menghabiskan banyak waktu untuk mengantri atraksi. Berikut adalah beberapa tip mengunjungi USS:

Datanglah pada saat non peak season

Datanglah ke USS pada saat sepi-sepinya yaitu pada saat bukan waktunya liburan. Waktu liburan biasanya bulan Juni-Juli dan Desember-Februari. Jadi datanglah di luar bulan itu.

Datanglah pada hari kerja Senin-Kamis dan bukan tanggal merah, karena pada hari itu biasanya sepi pengunjung.

Datanglah pagi hari

USS dibuka pada pukul 10.00 pagi. Datanglah pagi hari, supaya antriannya tidak panjang.

Begitu buka, pertama kali kunjungilah area tema Sci-Fi City, karena biasanya area ini yang paling panjang antreannya. Masuklah ke atraksi Transformers The Ride, kemudian naik dua roller coaster Battlestar Galatica.

Setelah itu kunjungi area  Ancient Egypt, pilih atraksi Revenge of the Mummy. Dari Ancient Egypt, kemudian masuklah ke area Far Far Away dan pilih atraksi Shrek 4D Adventure.

Dari Ancient Egypt, segeralah ke area New York, dan mengantri di atraksi Lights, Camera, Action. Setelah itu anda bisa masuk ke mana saja, karena panjang antrian lainnya hampir sama.

Beli Tiket Universal Express

Universal express adalah tiket prioritas bagi anda yang malas mengantri panjang. Dengan tiket ini anda akan diprioritaskan untuk menaiki atraksi yang ada.

Anda tidak perlu repot-repot mengantri, karena telah disediakan jalur khusus tanpa antri. Harga tiket ini sekitar $30-$50, tergantung musim peak season atau tidak.

Ketahuilah Jadwal Live Show

Salah satu yang menarik di USS adalah pertunjukan live yang menarik. Agar tidak ketinggalan pertunjukan, anda harus hafal jam-jam pertunjukan diadakan.

Datanglah 15-20 menit sebelum pertunjukan di mulai. Datang lebih awal mempermudah kita mendapatkan tempat duduk yang strategis.

Jadwal beberapa pertunjukan di USS:

  • Pantages Hollywood Theater, di area Hollywood. Pertunjukkan musik yang diadakan tiap hari pukul 11:00am, 1:15pm, 3:30pm dan 5:30pm
  • Waterworld Show, di area The Lost World. Atraksi menegangkan yang diadakan tiap hari pukul 12:30pm, 3:00pm dan 5:30pm.
  • Donkey Live, di area Far Far Away Land. Pertunjukkan komedi, yand diadakan setiap setengah jam sekali dari pukul 10:45am – 6:45pm.
  • Hollywood Dreams Parade. Parade “artis Hollywood” yang diadakan hari Sabtu, Minggu dan hari libur pada pukul 6.30pm.

Jadilah Single Rider

Single rider adalah pengunjung atraksi yang sendirian. Single rider akan diprioritaskan untuk menutupi kekurangan orang yang naik atraksi.

Misalnya satu baris tempat duduk di roller coaster ada 4. Baru keisi tiga, single rider akan dimasukkan biar tempat duduknya penuh.

Sebelum masuk antrian, bilang ke petugas penjaga bahwa anda adalah single rider. Anda akan diberi tanda oleh penjaganya dan diprioritaskan masuk ke area atraksi.

Deposit box di area Sci Fi City

Bila anda naik roller coaster, anda diwajibkan menyimpan barang-barang anda seperti handphone dan dompet di deposit box.

Bila anda memerlukan deposit box, kalau bisa pilihlah yang di Sci Fi City, karena jangka waktu gratisnya agak lama yaitu sekitar 1 jam, kalau di area lain sekitar setengah jam. Setelah lewat 1 jam, deposit box baru bisa kebuka setelah membayar

Nah yang jadi masalah adalah, anda sudah lewat 1 jam dan akan membayar; namun masalahnya dompet ada di deposit box.

Solusinya, sebelum memasukkan dompet ke deposit box, keluarkan selembar uang $10 atau $20 dan taruh di saku celana. Bila nanti sudah lewat masa gratisnya, anda bisa menggunakan uang itu untuk membuka deposit box.

Informasi Lebih Lanjut

You can leave a response, or trackback from your own site.

19 Responses to “Tip Mengunjungi Universal Studios Singapore (USS)”

  1. linda says:

    apakah tiket universal express dapat dgunakan untuk memasuki semua wahana permainan?knp harganya bisa lebih murah?
    Thx

    • admin says:

      Universal express bisa dipakai masuk ke semuanya. Tiket tersebut adalah tiket prioritas, jadi tidak perlu antri.
      Harga tersebut belum termasuk tiket masuk ke USS. Jadi harga total = tiket masuk USS + tiket USS express

  2. Mahatma says:

    Saya membeli tiket USS di agen perjalanan di Indonesia dan mereka tidak menyediakan tiket Express tersebut. Di mana saya bisa membelinya di Singapura?

  3. yumiko says:

    saya mau tanya tiket express yang nanti akan saya beli , benar tidak bila hanya bisa di pake 1x?
    bila saya pergi pertengahan december akankah rame?

  4. Karina Kenny says:

    terima kasih admin infonya lengkap sekali, kalo bulan juli berarti peak season ya? kalo boleh tau di bulan juli tahun depan apakah ada tanggal merahny? terima kasih.. :)

    • admin says:

      Awal Juni – akhir Juni, libur summer sekolah di Singapura
      Pertengahan Juni – pertengahan Juli, libur sekolah di Indonesia
      Awal sampai pertengahan Juli, kemungkinan banyak orang Indonesia yang liburan ke Singapura

  5. yohana says:

    apakah untuk orang dengan kursi roda bisa nyaman bertamasya ?

  6. Trie says:

    jika datang hari senin bulan mei pakah pengunjung ramai? perlukah beli tiket ekspress, tapi pada hari senin kenapa harga tiket ekspress lebih mahal ?

    • admin says:

      Sepertinya bulan may masih low season. Tiket ekspress lebih mahal karena naik wahananya diprioritaskan, jadi tidak perlu ngantri panjang.

  7. donkey says:

    Pak Admin yth, saya masuk USS jam 10 pagi[belum check in hotel]. bolehkah jika setelah jam 3 sore saya keluar arena USS lalu mampir sebentar ke Siloso Beach atau sudah waktunya check in di hotel. Kemudian pas jam Hollywood Parade masuk kembali menggunakan tiket yang sama? maaf bila terkesan ga mau rugi…

    • admin says:

      Boleh keluar dari USS terus masuk lagi dalam satu hari. Silakan hubungi petugas saat mau keluar, jangan lupa tiketnya disimpan.

  8. Stephen O says:

    Bapak Admin saya mau tanya untuk universal express apakah bisa dipakai untuk masuk ke semua permainan sepuasnya atau masing permainan hanya bisa 1x saja ? Trima kasih

  9. Reynard says:

    Pak admin, jika beli tiket universal express apakah hanya bisa dipakai 1 kali dalam sebuah permainan dan tdk dpt digunakan utk bermain wahana yg lainnya?

Leave a Reply