Tip Pengguna Telkomsel di Singapore

telkomselSalah satu operator “sejuta umat” di Indonesia adalah Telkomsel. Dengan mudah kita temui teman atau saudara kita yang menggunakan operator ini. Mungkin anda sendiri juga memakai operator ini.

Untuk memberi pelayananan lebih bagi pelanggannya di luar negeri, hampir semua operator mempunyai kerjasama roaming dengan operator luar negeri. Bila anda ke Singapura hampir semua operator Indonesia seperti XL, Indosat, dan Telkomsel bisa dipergunakan di sana. Terlebih Telkomsel bisa dipergunakan di Singapura karena operator ini telah bekerjasama dengan beberapa operator lokal seperti M1, SingTel, dan StarHub.

Biaya pulsa ketika roaming dengan menggunakan operator luar negeri tentu saja tidak murah. Biaya data, sms, dan percakapan menjadi berlipat-lipat bila anda sedang roaming. Oleh karena itu, bagi anda pengguna operator khususnya Telkomsel, anda perlu mengetahui beberapa tip berikut   agar pulsa anda terkendali dan tidak jebol.

Paket Data

Paket Data adalah paket yang disediakan untuk pelanggan supaya bisa mengakses internet lewat GPRS. Dengan paket ini biaya akses internet menjadi lebih hemat dan terukur.

Hanya operator SingTel-lah yang mempunyai kerjasama paket data ini. Oleh karena itu pastikan pada saat roaming, anda memilih operator SingTel.

Cara Memilih Operator SingTel
Blackberry: Option > Network and Connections > Mobile Network > Network Selection Mode > Manual > SingTel

iPhone: Setting > Carrier > Automatic Off > SingTel

Android: Settings > Wireless and network > Mobile networks > Network operators > Search networks > SingTel

Bila anda tidak menggunakan paket data atau menggunakan operator selain SingTel, maka anda akan dikenakan biaya akses internet normal sebesar Rp 110,- per Kb. Dengan tarif normal, setiap membuka website yang besarnya kira-kira 100Kb, maka pulsa anda akan langsung terpotong sepuluh ribu rupiah.

Terdapat beberapa pilihan paket data yang disediakan oleh operator Telkomsel. Paket tersebut adalah Bridge Data Roaming 5MB untuk 7 hari seharga Rp 165.000,- dan Bridge Data Roaming 15MB untuk 30 hari seharga Rp 308.000,-

Cara Memilih Bridge Data

  • Tekan *266#
  • Kemudian pilih Paket Data Roaming > Menu Paket Bridge > Paket yang diinginkan

Paket Bridge Data ini dapat dipergunakan untuk mengakses internet, WhatsApp, dan Blackberry Messenger. Kelemahan paket ini adalah terbatasnya jumlah data yang anda peroleh. Bila kuota data telah habis, maka anda akan dikenakan tarif normal.

Supaya tidak lupa, sebaiknya paket tersebut diaktifkan ketika anda masih di Indonesia.

Paket Blackberry Roaming

Bila anda menginginkan paket Blackerry yang unlimited, anda dapat memilih Unlimited Blackberry Roaming.  Sama seperti paket data di atas, paket ini hanya bisa digunakan bila anda roaming di jaringan SingTel.

Jadi untuk bisa menggunakan paket ini, anda harus memilih secara manual operator SingTel. Cara memilih jaringan secara manual dapat dilihat di atas.

Ada dua pilihan paket Unlimited Blackberry Roaming, yaitu 1 hari sebesar Rp 55.000,- dan 3 hari sebesar Rp 140.000. Dengan menggunakan paket unlimited ini, anda tidak perlu takut jumlah/ukuran byte data yang dipakai oleh BlackBerry Messenger.

Cara Memilih Blackberry Roaming

  • Tekan *266#
  • Kemudian pilih Paket Data Roaming > Paket Data Asia > Pilih paket yang diinginkan

Perlu diperhatikan bahwa paket ini khusus untuk BlackBerry Messenger, sehingga untuk akses internet lainnya kan diperlakukan tarif yang berbeda. Untuk menggunakan layanan ini, pelanggan harus sudah mendaftar layanan paket domestik di *363#

Tarif Panggilan Telepon & SMS

Telkomsel mensyaratkan minimum pulsa Rp 50.000,- untuk bisa menikmati layanan ditelepon/menelepon. Tarif menelepon ke nomor Singapura Rp 10.000,- per menit, sedang tarif ke nomor Indonesia Rp 19.000,-.

Harus diketahui juga, bahwa menerima panggilan di Singapura dikenakan biaya Rp 12.500,- per menit. Jadi pastikan sisa pulsa anda cukup, ketika akan menerima panggilan telepon. Bila tidak darurat sebaiknya anda tidak menerima atau melakukan panggilan telepon.

Untuk SMS, biaya kirim SMS Rp 5.000,- dan gratis biaya terima SMS. Agar lebih murah, untuk berkomunikasi sebaiknya pakai SMS saja, walau terkadang SMS-nya lama sampainya.

 

*informasi tentang paket dan harga bisa berubah sewaktu-waktu. Silakan hubungi call center Telkomsel untuk informasi lebih lanjut.

Tip Lainnya:

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Tip Pengguna Telkomsel di Singapore”

  1. Trie says:

    siang min ..

    untuk urusan komunikasi, lebih murah menggunakan operator dlm negeri atau kita beli kartu perdana di spore ?

    kira2 harga perdana dan tarif tlpn&sms singtel di spore brp ya min ?

    • admin says:

      Kalau komunikasi intens tentu saja lebih murah pakai operator Singapore. Kalau cuma buat sms beberapa kali saja mending pakai operator Indonesia.
      Di Singapura banyak telepon umum, jadi kalau perlu nelpon lokal bisa ke telepon umum.
      Untuk harga dan tarif bisa tanya ke counter di bandara Changi.

Leave a Reply