Transit di Bandara Changi – Ngapain Aja?

Bingung mau ngapain aja di Bandara Changi? Pesawat masih 5-6 jam lagi berangkatnya?

Tentu saja kalau transit berjam-jam di bandara menunggu pesawat lainnya adalah pekerjaan yang membosankan. Mau ke kota waktunya juga mepet, nanti takutnya ketinggalan pesawat.

Solusinya adalah jalan-jalan keliling bandara. Bandara Changi di Singapura adalah bandara yang selalu memanjakan pengunjung, baik yang mau naik pesawat atau yang sekedar transit sementara.

Anda membutuhkan minimal 2-3 jam untuk mengunjungi semua tempat di bandara Changi; jadi jangan takut bosan di bandara ini. Tentu saja belanja adalah hal yang paling mudah untuk mengusir rasa bosan, karena memang di tempat ini banyak toko merk-merk terkenal yang dijual tanpa dikenai pajak.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika transit di bandara Changi:

Penitipan Tas di Changi

Sebelum anda keliling bandara titipkan tas anda biar tidak capek menenteng tas kemana-mana. Di changi di tiap terminal disediakan penitipan tas. Anda harus membayar untuk beberapa jam penitipan. Untuk informasi lebih lanjut silakan lihat Penitipan Tas di Changi Singapura.

Tour Keliling Singapura

Bila pesawat anda masih sekitar 5-6 jam lagi, anda dapat mencoba tour gratis yang disediakan oleh manajemen bandara. Tour ini berlaku buat penumpang yang transit atau transfer minimum 5 jam.

Anda dapat menikmati beberapa tujuan wisata yang ditawarkan. Untuk lebih jelas silakan lihat Tour Keliling Singapura.

Taman di Bandara Changi

Kalau anda transit cuma beberapa jam saja, lebih baik keliling bandara saja. Salah satu tempat yang wajib anda kunjungi adalah taman-taman yang berada di dalam bandara. Beberapa taman yang dapat anda kunjungi antara lain:

  • Butterfly Garden. Taman ini adalah taman tempat hidup kupu-kupu tropis yang dibuat di dalam bandara. Letak taman ini di Terminal 3, Departure Transit Lounge, Level 2.
  • Cactus Garden. Taman ini adalah taman untuk sekitar 40 spesies kaktus dari seluruh penjuru dunia. Letak taman ini di Terminal 1, Departure Transit Lounge, Level 3.
  • Fern Garden & Koi Pond. Taman ini adalah taman untuk pohon raksasa purba dari Tasmania, beserta kolam ikan koi di sekitarnya. Letak taman ini di Terminal 2, Departure Transit Lounge, Level 2.
  • Orchid Garden & Koi Pond. Taman untuk beberapa spesies anggrek tropis yang langka, beserta kolam ikan koi di dekatnya. Letak taman ini di Terminal 2, Departure Transit Lounge, Level 2.
  • Sunflower & Light Garden. Taman ini pada siang hari adalah taman untuk bunga matahari, bila malam tiba akan menjadi taman yang ditaburi cahaya-cahaya yang indah. Letak taman ini di Terminal 2, Departure Transit Lounge, Level 3.
  • Fragrant Garden. Taman ini adalah tempat beberapa spesies pohon fragrant. Letak taman ini di Budget Terminal, Departure Transit Lounge, Outdoor Terrace.

Tempat Hiburan di Changi

Setelah anda keliling bandara dan menikmati taman-tamannya anda dapat mengunjungi tempat hiburan yang disediakan untuk pengunjung. Beberapa tempat hiburan yang dapat anda kunjungi antara lain:

  • Bioskop di bandara. Tempat ini adalah salah satu tempat menunggu yang nyaman, anda dapat menonton film-film terbaru di tempat ini. Untuk info lebih lanjut, silakan lihat Nonton film di bioskop bandara.
  • Main game di bandara. Di tempat ini anda dapat mencoba permainan game teknologi terbaru dengan menggunakan XBOX atau Sony Playstation 3. Letak tempat bermain ini di Departure Transit Lounge, Level 3 of Terminal 2.
  • The Slide. The slide adalah perosotan panjang yang tingginya sekitar 12 meter. Perosotan ini letaknya di terminal 3, level 1. Untuk main perosotan anda dapat mendaftar di Information Center di terminal 3, level 1.

Taman Bermain Anak di Changi

Anda anda dapat mengajak anak-anak anda bermain di taman bermain yang dikhususkan untuk anak-anak. Berikut adalah tempat-tempat yang bisa anda kunjungi bersama anak anda:

  • Changi Aviation Gallery. Tempat ini adalah galeri penerbangan yang menceritakan sejarah penerbangan di Singapura. Letak galeri ini di Terminal 2 & 3.
  • Taman bermain anak. Di taman ini disediakan arena bermain anak seperti perosotan dll. Ada beberapa tempat bermain yang anda kunjungi yaitu:
    Terminal 1, Departure Transit Lounge West, Level 3
    Terminal 2, Next to Family Zone at Departure Transit Lounge North, Level 2
    Terminal 3, Next to SATS Special Service Lounge at Departure Transit Lounge Central, Level 2
    Outside gate holdroom A16 – A20 at Departure Transit Lounge South, Level 2

Akses Internet di Bandara Changi

Bila bosan berputar-putar, anda bisa surfing internet di bandara. Banyak disediakan akses internet gratis di beberapa sudut bandara. Anda bisa lihat peta bandara untuk mengetahui di mana saja tempat akses internet gratis.

Bila anda membawa laptop/notebook/tablet, anda dapat menggukan akses wireless internet (wifi). Untuk mendapatkan login dan password akses internet, hal yang dilakukan yaitu:

  • kunjungi Information Center, dan mintalah login internet sementara
  • konek ke akses point Wireless@SG
  • buka browser dan pilih provider M1 (gunakan login yang diberikan)

Istirahat di Changi

Setelah capek keliling anda dapat istirahat di tempat-tempat yang telah disediakan. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat berikut.

  • Hotel Transit. Transit Hotel adalah salah satu solusi istirahat beberapa jam. Anda bisa tidur dengan nyaman, dan minta dibangunkan pada pukul tertentu. Untuk info lebih lanjut silakan lihat Hotel transit di Changi.
  • Mau tidur hemat? Silakan lihat Tempat istirahat gratis di Changi.
  • Kaki capek? Anda dapat mencoba kursi pijat yang disediakan gratis di beberapa sudut bandara.
You can leave a response, or trackback from your own site.

4 Responses to “Transit di Bandara Changi – Ngapain Aja?”

  1. mia says:

    bolehkah bukan penumpang pesawat dari changi untuk berkunjung ke taman2 di bandara changi

  2. eko says:

    mau tanya, kalo di changi batas minimal cek in berapa lama ya? maksudnya misal penerbangan jam 8 malam, apakah jam 4 atau jam 5 sudah bisa cek in?

Leave a Reply