Universal Studios Singapore (USS)

Universal Studios Singapore

Universal Studios Singapore (USS) adalah theme park  (taman rekreasi) yang terletak di Resort World Sentosa, Pulau Sentosa. Semacam Dufan  Ancol, kalau di Indonesia.

Taman rekreasi Universal Studios aslinya dari Amerika. Universal Studios memiliki dua theme park di Asia yaitu di Jepang dan Singapura. USS sendiri baru dibuka untuk umum pada tahun 2010.

Luas taman rekreasi ini sekitar 20 hektar. Terdapat sekitar 24 atraksi atau tempat bermain, dengan 7 zona bertema beda.

Jam Buka Universal Studios Singapore

USS dibuka pada pukul 10.00 waktu Singapura. Pada hari biasa dan off-season tutup jam 19.00. Khusus hari libur dan peak-season tutup sampai jam 21.00. Jam buka USS ini bisa berubah, namun pada umumnya buka jam 10.0 dan tutup jam 19.00.

Transportasi Ke Universal Studios Singapore

Karena taman rekreasi terletak di Sentosa Island, ada banyak rute yang bisa anda tempuh. Transportasi yang paling mudah adalah menggunakan MRT. Silakan gunakan kereta dengan jalur North East Line (jalur ungu)  atau Circle Line (jalur kuning) dan turun di stasiun MRT NE1/CC29 Harbour Front.

Dari Harbour Front silakan menuju ke VivoCity. Dari VivoCity anda bisa berjalan kaki lewat Boardwalk, naik bus di depan VivoCity, atau naik monorel Sentosa Express di VivoCity lantai 3.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat Transportasi ke Sentosa Island.

Harga Tiket Universal Studios Singapore

Harga tiket USS berubah-ubah tergantung hari dan musimnya. Untuk musim liburan, atau hari libur harganya naik. Pada saat bukan musim liburan harganya lebih murah.

Harga berikut bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk melihat kapan waktu peak season bisa dilihat di sini. Update: harga di bawah adalah harga lama, untuk harga terbaru bisa dilihat di harga tiket USS.

Non Peak Peak Season
Dewasa $68 $74
Anak-anak $50 $54
Lanjut Usia $32 $36
Express Pass $30 $50

Bila anda tidak suka mengantri panjang anda bisa membeli Express Pass. Untuk lebih jelasnya silakan lihat Tip Universal Studios Singapore.

 

Hollywood Dreams Parade

Hollywood Dreams Parade

Hollywood Dreams Parade adalah parade para “penghuni” USS. Mulai dari artis-artis Hollywood, Madagascar, Revenge of the Mummy®, Jurassic Park dan Shrek.

Parade ini diadakan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur tertentu pada pukul 6.30pm. Jadi jangan lewatkan parade yang meriah ini.

Hollywood

Hollywood

Zona pertama yang bisa anda kunjungi adalah zona bertema Hollywood. Zona ini dibangun dengan style Broadway jaman dulu, lengkap dengan teaternya. Di sini akan banyak anda temui tempat makan dan toko-toko bertema Hollywood.

Ada beberapa pertunjukan yang menarik dalam zona ini.

  • Pantages Hollywood Theater
    Atraksi yang ada di tempat ini adalah pertunjukan live di dalam gedung teater yang memuat sekitar 1500 orang.
    Untuk saat ini, yang manggung dalam teater ini adalah pertunjukkan musik rock n roll “Monster Rock”. Ada beberapa monster seperti drakula, mumi, frankenstein, dll yang melakukan pertunjukan musik disertai efek yang bagus.
    Jadwal show: 11:00am, 1:15pm, 3:30pm dan 5:30pm
  • Lake Hollywood Spectacular
    Pertunjukkan musik dan pyrotechnics menggunakan api dan kembang api.  Show diadakan pada jam 9.00pm pada hari Jumat dan Sabtu.

 

New York

New York

Zona ini bertema New York tempo dulu, dengan landmark yang klasik. Di sini dapat anda temui replika gedung perpustakaan umum New York, lengkap dengan taksi kuningnya.

Di zona ini atraksi yang menarik yaitu:

  • Lights, Camera Action! Hosted by Steven Spielberg
    Atraksi ini didesain sendiri oleh Steven Spielberg, yang berbicara lewat video sebelum pertunjukan dimulai. Pertunjukkan ini dibuat seperti stage pengambilan gambar film badai yang menerjang kota New York. Berlatar belakang laut New York, dengan api, kapal dan segala kejutannya; pertunjukkan ini akan membuat anda terkagum-kagum.

 

Transformers

Sci-Fi City

Zona ini bertema kota science fiction (fiksi ilmiah). Dibuat dengan tema kota di masa depan yang futuristik. Zona ini diisi beberapa atraksi yang menarik seperti Transformers, dan  dua roller coaster yang saling beradu. Karena atraksinya menarik, antrian di zona ini sangat panjang. Untuk menghindari antrian panjang silakan baca Tip Universal Studio Singapore.

Atraksi di zona ini antara lain:

  • Battlestar Galatica: CYCLON (roller coaster warna biru)
    Di roller coaster, anda duduk dengan posisi menggantung, kaki menggantung dan tidak ada sandarannya (suspended roller coaster). Isi perut anda akan dibuat berhenti ketika melewati Cobra roll, corkscrews, vertical loop, dan a zero-g roll.
  • Battlestar Galatica: HUMAN (roller coaster warna merah)
    Roller coaster ini seperti yang ada di Dufan Ancol, posisi duduk seperti biasa. Namun roller coaster ini lebih tinggi dan putarannya lebih banyak.
  • Transformers The Ride: The Ultimade 3D Battle
    Ini atraksi yang keren banget. Anda akan dibawa ikut dalam pertempuran bersama Optimus Prime melawan robot-robot lainnya. Dalam atraksi ini diwajibkan menggunakan kacamata 3D agar efeknya semakin terasa. Anda akan dibawa sensasi jatuh dari gedung bertingkat, tersedot pusaran angin, dll.
  • Accelerator
    Permainan berputar-putar di dalam sebuah mangkok. Semacam Poci-poci kalau di Dufan Ancol.

Ancient Egypt

Ancient Egypt

Zona ini bertema zaman Mesir kuno. Berlatar belakang eksplorasi pada tahun 1930an dalam menggali sisa-sisa kebudayaan Mesir kuno. Di sini dapat kita jumpai replika piramid, relief kuno, dan berbagai bentuk patung penjaganya.

Terdapat beberapa atraksi yang menarik yang dapat anda kunjungi di zona ini. Beberapa atraksi yang dapat anda kunjungi yaitu:

  • Revenge of the Mummy
    Ini adalah pengalaman naik roller coaster yang menegangkan, karena anda naik dalam kondisi gelap. Tiba-tiba saja anda dibawa mundur ke belakang dan jatuh ke bawah dalam kegelapan. Disertai efek-efek api yang menakjubkan, roller coaster yang sangat sayang dilewatkan.
  • Treasure Hunter
    Ini adalah atraksi untuk anak-anak. Anak-anak dapat mengendarai jip lewat daerah penggalian di Mesir untuk mencari harta karun.

 

Far Far Away

Far Far Away

Tema di zona ini adalah negeri Far Far Away, tempat Shrek, putri Fionai, dan Donkey tinggal. Zona ini dibuat mirip dengan negeri di dalam film Shrek, lengkap dengan tempat tinggalnya di daerah rawa-rawa.

Di sini anda dapat melihat beberapa atraksi dan pertunjukan menarik. Beberapa atraksi yang dapat anda kunjungi antara lain:

  • Shrek 4D Adventure
    Di sini anda akan menonton film 3D tentang petualangan putri Fiona, Shrek, Donkey dan naga. Disebut 4D karena dalam film ini anda akan disemprot dengan air, dan udara sehingga seakan-akan ikut merasakan keadaan di film.
  • Donkey Live
    Show lucu yang dibawakan oleh Donkey. Bawa anak-anak ikut bernyanyi di sini.
  • Enchanted Airways
    Roller coaster kecil  yang didesain untuk anak-anak.

WaterWorld Show

The Lost World

Zona ini adalah zona dunia yang hilang. Dibagi dalam dua bagian yaitu Jurassic Park dan WaterWorld, dan dibangun dengan latar belakang kedua film tersebut.

Beberapa atraksi yang dapat anda kunjungi yaitu:

  • WaterWorld Show
    Show menarik dan berbahaya dengan latar belakang berdasar film WaterWorld. Banyak adegan dan ledakan berbahaya dalam show ini. Jangan lewatkan atraksi bagus ini.
    Jadwal pertunjukan: 12:30pm, 3:00pm dan 5:30pm
  • Jurasic Park Rapids Adventure
    Arung jeram di sungai jaman dinosaurus. Anda akan basah disemprot air di sini. Jadi jangan bawa kamera anda di sini.
  • Canopy Flyer
    Nikmati pemandangan jaman pra sejarah dari atas.
  • Dino-Soarin
    Permainan untuk anak-anak semacam Rajawali di Dufan Ancol.

Madagascar

Zona ini dibuat berdasar film Madagascar. Zona ini mempunyai latar belakang hutan tropis di Madagaskar. Di sini anda dapat bertemu dengan tokoh-tokoh film Madagascar seperti Alex, Gloria, Marty, dan King Julien.

Beberapa atraksi yang dapat anda kunjungi antara lain:

  • Madagascar: A Crate Adventure
    Semacam istana boneka di Dufan Ancol, anda dapat menaiki kapal keliling lorong-lorong dengan latar belakang film Madagascar.
  • King Julien’s Beach Party-Go-Round
    Mainan carousel atau komidi putar yang bertemakan King Julien dan anak buahnya.

Memang harga USS relatif mahal bagi kantong orang Indonesia, namun anda tidak rugi masuk ke tempat ini. Karena banyak wahana-wahana yang menarik di sini.

Untuk peta Universal Studios Singapore dapat dilihat di sini. Foto-foto menarik lain dapat dilihat di Gambar Universal Studios Singapore.

You can leave a response, or trackback from your own site.

32 Responses to “Universal Studios Singapore (USS)”

  1. oka says:

    mau tanya, dlm penjelasan diatas apakah yg dipakai dolar sg or usa ? haruskah bawa uang cash dan minimum uang yg harus $ 100/day ya ?

  2. olivensa says:

    mau tanya,saya,istri n anak bulan oktober mau keSpore 3 or 4 hari,kami sudah punya tiket P/P,uang cash Sing $ lebih dr 2rb,tp kami “BELUM BOOKING HOTEL”jadi masalah gk diimigrasi dan apa perlu menaruh uang tunjuk diimigrasi spore.thanks

    • admin says:

      Di kartu keadatangan tulis saja hotel dan alamat yang anda ingin tuju. Kalau ditanya di imigrasi bilang saja tinggal di hotel tersebut.

  3. ciiii2 says:

    ada mushola ga ya di universal studio

  4. dhenichan says:

    tiket masuk universal studio apakah harus dipesan secara online?

  5. agung says:

    globe tulisan universal studios itu diluar universal apa didalemnya ya ? karna cuman ingin foto disitu dan tidak ingin menaiki mainan2..

  6. esil says:

    Mau nanya donk, apa bedanya tiket dewasa dgn tiket express?
    Knp justru tiket expressnya lbh murah?
    Apakah klo kita beli tiket expressnya bs mainkan smua permainannya jg?

    • admin says:

      Tiket express adalah tiket tambahan untuk mendapatkan prioritas masuk ke permainan tertentu.
      Jadi selain membeli tiket express, harus membeli juga tiket masuk USS.

  7. Fey says:

    Mau nanya sy br pertama kali mau kesingapore, bisa minta info hotel yg murah gak disana dmn? Dan minimal bw uang cash kesana kira2 brp? Thanks

  8. sela says:

    saya mau bawa anak sy 1,5 tahun, cocok ga diajak ke uss?soalnya ortu nya sii yg pgn ksana :p anak 1,5 thn bayar ga masuk uss?klo hari minggu hrg tiketnya trmsk peak sesaos ya?trs ada sewa stroller ga, brp hrg sewa nya?

    • admin says:

      Untuk anak di bawah umur 4 tahun, tidak dikenakan biaya masuk. Ada beberapa atraksi yang bisa dinaiki anak-anak, silakan lihat peta yang disediakan, biasanya ada tulisan atraksi mana saja yang bisa dinaiki anak-anak. Stroller ada di dekat pintu masuk, harga sewa tergantung jenis strolernya.

  9. nogiz says:

    wahana yang pertama x dinaikin apaa yaa?
    bulan depan mau kesana tp masih buta bgt nee ^^

  10. Reza says:

    Dr vivo city bisa take taxi sampe universal ?

  11. Ando says:

    Mohon tanya. saya mau ke sana bulan desember. tiketnya kalo beli sekarang lewat interneet apakah bisa? lalu apakah harus pilih tanggal kunjungan? misal beli untuk tanggal 20 desember apakah bisa digunakan pada tanggal 21 desember?

  12. dhia says:

    kalo naik sentosa express bayar 3sgd kan turun di waterfront kalo mau ke USS. nah kalo misal saya mau turun dulu di sentosa resort utk jalan”, terus naik lagi sentosa express buat turun di waterfront USS bayar lg atau tidak tiket sentosa expressnya? thx

  13. gema says:

    ini pakai uang dolar singapore bukan ?

  14. Yani says:

    Kalau dari Geylang ke usus naik apa aja ya terus Brp lama kira kira bisa sampai ‘ kalau pakai taksi bayar brp

  15. caldior indonesia says:

    mau tanya penting. kalo sholat jumat di USS bisa ga sih? ada mesjid kah disana? dan mohon info hotel di kota yg harga 1juta kebawah yg bgus apa ya mohon skali infonya.. makasih banyak yg udah balas

    • admin says:

      Masjid sepertinya tidak ada. Tetapi ada prayer room bagi mereka yang ingin beribadat menurut agama dan kepercayaannya masing-masing. Hotel bisa dicari di agoda.com

  16. laksmi says:

    Mau tanya.untuk pembelian tiket uss apakah bisa langsung disana? Dan apakah bisa bayar menggunakan uang cash atau harus bayar dgn kartu kredit? Thx

Leave a Reply