10 Jembatan Terkenal di Singapore

Henderson Waves

Ada rencana berlibur ke Singapore pasti membuat anda sangat semangat membuat daftar tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Mungkin anda ada yang ingin mengunjungi taman di Singapore, ingin mengunjungi pantai, atau mungkin museum-museum. Namun tahukah anda bahwa Singapore pun memiliki banyak jembatan terkenal untuk dikunjungi? Jembatan terkenal di Singapore tidak main-main keindahannya. Anda bisa menikmati keindahan negara ini dari jembatan dan mengambil banyak foto indah di lokasi yang sama. Apakah anda sudah tahu apa saja jembatan terkenal di Singapore yang direkomendasikan untuk dikunjungi?

Cukup banyak daftar jembatan yang direkomendasikan untuk dikunjungi  di Singapore. Jika anda belum tahu apa saja jembatan terkenal di Singapore yang cocok untuk dikunjungi, maka anda bisa menyimak pembahasan di bawah ini. Pembahasan di bawah ini akan menyebutkan 10 jembatan terkenal di Singapore dan alamat lengkapnya serta akses transportasi menuju ke sana. Ingin tahu apa saja jembatan tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya terkait informasi mengenai jembatan di Singapore.

Alexandra Arch

10 Jembatan Terkenal di Singapore untuk Tujuan Wisata

Seperti yang disebutkan di atas, Singapore memiliki banyak jembatan terkenal yang menarik juga untuk dikunjungi wisatawan. Jenis jembatan ini pun berbeda ada yang jembatan pejalan kaki, jembatan di atas sungai, dan banyak lagi yang lainnya. Berbagai jenis jembatan ini bisa dikunjungi dan memang sudah banyak dikunjungi karena menarik. Anda ingin tahu apa saja jembatan tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Alexandra Arch

Rekomendasi tujuan jembatan yang bisa dikunjungi saat liburan ke Singapura adalah Alexandra Arch. Jembatan ini tepatnya ada untuk menghubungkan Singapore road, Hyderabad Road, dan Alexandra Road. Panjang jembatan ini adalah 80 meter dan memiliki arsitektur yang sangat menarik. Sepanjang jembatan ada lampu LED yang akan berubah warna di malam hari. Melewati jembatan ini akan membawa anda ke taman bunga HortPark.

  1. Alkaff Bridge (Jembatan Alkaff)

Anda juga bisa mengunjungi Alkaff Bridge menjadi salah satu tujuan wisata berlibur di Singapura. Jembatan yang berwarna-warni ini adalah jembatan yang menjadi penyebrangan di atas Sungai Singapore. Tepatnya jembatan ini berada di wilayah pusat Singapore River. Panjang jembatan ini mencapai 55 meter dan memiliki bentuk seperti perahu tongkang, perahu barang di zaman dahulu kala.

  1. Anderson Bridge (Jembatan Anderson)

Jembatan terkenal di Singapore selanjutnya adalah Anderson Bridge. Jembatan yang satu ini juga melintas di salah satu bagian Singapore River atau sungai Singapore. Jembatan ini memiliki desain yang juga tidak kalan menarik. Berada di wilayah pusat Singapura, membuat jembatan ini menampilkan pemandangan kota yang tidak ditemukan di wilayah lain. Panjang jembatan ini mencapai hingga 70 meter dan bisa dikunjungi dengan menuju ke wilayah Singapore River saja.

  1. Benjamin Sheares Bridge (Jembatan Benjamin Sheares)

Ada juga jembatan yang dilalui pejalan kaki dan kendaraan bermotor di Singapura yang berada di atas sungai. Jembatan ini bernama Benjamin Sheares Bridge yang berlokasi di atas Kallang River. Jembatan ini memiliki panjang yang cukup panjang, mungkin menjadi salah satu jembatan terpanjang yang ada. Panjangnya mencapai 1,8 kilometer dan tingginya sejauh 29 meter dari permukaan air. Jembatan ini dinamakan sesuai nama presiden kedua republik Singapore yang meninggal beberapa bulan sebelum jembatan diresmikan.

  1. Cavenagh Bridge (Jembatan Cavenagh)

Salah satu jembatan terkenal di Singapore karena arsitekturnya adalah Cavenagh Bridge ini. Jembatan Cavenagh adalah jembatan yang tergolong tua di Singapura. Jembatan ini menghubungkan wilayah sungai Singapore hingga pusat kota. Pertama kali dibuka tahun 1870, jembatan ini memiliki panjang 79,25 meter. Ada pemandangan yang indah di sekitar jembatan untuk membuat anda tertarik mengambil beberapa gambar.

Helix Bridge

  1. Helix Bridge (Jembatan Helix)

Pilihan lain jembatan terkenal di Singapore untuk anda kunjungi adlaah Helix Bridge atau yang dikenal juga sebagai The Helix. Jembatan yang satu ini adalah jembatan dengan desian futuristik yang banyak sekali menarik perhatian wisatawan. Lokasinya pun ada di daerah yang ramai dikunjungi wisatawan yaitu penghubung antara Marina Centre dan Marina South di Marina Bay.  Panjang jembatan ini adalah 280 meter jaraknya antara dua titik kunjungan.

  1. Henderson Waves

Salah satu jembatan yang juga terkenal dan banyak mendatangkan wisatawan adalah Henderson Waves. Jembatan ini memiliki desain uni dan belriku-liku. Selain itu, keunikan dari jembatan ini terletak pada lokaisnya yang ada di dalam taman Mount Faber dan menghbungkannya dengan Telok Blangah Hill Park. Panjang jembatan ini adalah 274 meter dan ada beberapa bangku sepanjang jembatan untuk tempat duduk anda.

  1. Jiak Kim Bridge (Jembatan Jiak Kim)

Kali ini anda juga bisa mengunjungi jembatan bernama Jiak Kim Bridge ini. Jembatan yang satu ini adalah jembatan pejalan kaki yang berlokasi di atas Sungai Singapore juga. Jembatan ini bisa anda temukan dekat dari Robertson Quay dan dibangun sudah sejak tahun 1999. Desain jembatan ini pun cukup unik dan dinamakan Jiak Kim berdasarkan nama dari cucu Filantropis terkenal di Singapore.

  1. Ord Bridge (Jembatan Ord)

Satu lagi jembatan di atas Singapore River yang menghubungkan wilayah Clarke Quay dengan Central Area. Segi desain jembatan memang tidak semenarik jembatan lainnya, namun jembatan ini memiliki sejarah yang menarik. Jembatan ini dibangun tahun 1886 untuk menggantikan ABC Bridge sebelumnya. Sehinga nama Ord Bridge pun diambul dari nama jembatan sebelumnya yaitu Ordnance Bridge.

  1. Read Bridge (Jembatan Ridge)

Anda juga bisa mengunjungi Read Bridge yang berada dekat dengan Clarke Quay juga. Jembatan yang satu ini merupakan jembatan yang menampakkan pemandangan berbeda dari Singapura. Ada banyak gambar menarik dan cantik yang bisa diambil di wilayah jembatan ini. Jembatan ini pun sudah tergolong tua karena telah dibangung sejak tahun 1881 dan mulai dibuka untuk umum sejak 1889.

Jadi demikianlah tadi penjelasan yang bisa direkomendasikan terkait apa saja 10 jembatan terkenal di Singapore untuk tujuan wisata. Cukup banyak bukan jembatan yang menarik untuk dikunjungi oleh masyarakat? Mana jembatan yang menarik perhatian anda dan membuat anda ingin mengunjunginya? Silahkan tambahkan tujuan jembatan tersebut ke daftar perjalanan anda dan nikmati liburan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.