10 Macam Macam Tourist Scam di Singapore

Tourist Scam di Singapore

Saat berlibur ke negara manapun, penting untuk anda mempelajari mengenai apa saja jenis tourist scam yang rawan terjadi di negara tersebut. Setiap negaar memiliki macam macam tourist scam  yang berbeda. Cenderung setiap negara memiliki hal-hal yang harus diwaspadai sendiri oleh wisatawannya. Hal ini yang perlu diketahui, namun jika kurang mencari informasi dan pengalaman orang lain kebanyakan wisatawan belum mengetahuinya. Jadi pastikan mulai sekarang anda selalu mempelajari mengenai macam tourist scam yang harus diwaspadai dari suatu negara yang akan anda kunjungi. Termasuk juga jika anda ingin mengunjungi negara tetangga yang tergolong dekat dari Indonesia, seperti Singapura.

Tourist scam di Singapore pun ada banyak jenisnya. Walau negara yang satu ini populer dengan banyaknya peraturan untuk mendisiplinkan negara dan rakyatnya, ternyata masih banyak juga yang perlu diwaspadai. Termasuk waspada dalam hal macam macam tourist scam di Singapore ini. Ada sangat banyak jenis tourist scam yang perlu anda perhatikan ketika berada di Singapore. Tidak sedikit yang sudah pernah mengalaminya dan merasa sangat dirugikan akibat tourist scam ini. Bagi anda yang belum memahaminya, ketahui bahwa tourist scam adalah aksi yang dilakukan apda turis untuk mendapatkan keuntungan dari ketidaktahuannya. Jadi bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah tahu apa saja macam macam tourist scam di Singapore sebelum pergi berlibur ke sana?

Tourist Scam di Singapore

10 Macam Macam Tourist Scam di Singapore

Bagi anda yang belum mengetahui mengenai apa saja macam macam tourist scam yang harus anda waspadai di Singapura, maka informasi berikut ini akan sangat bermanfaat untuk anda. Bagian berikut akan menjelaskan pada anda bahwa setidaknya ada 10 hal yang harus anda waspadai karena merupakan jenis tourist scam. Anda harus memperhatikan mengenai situasi dan pelakunya, serta bagaimana agar anda bisa menghindarinya. Penasaran apa saja macam-macam tourist scam tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Pembelian Tiket Masuk Tempat Hiburan

Penipuan jenis pertama yang banyak ditemukan di Singapura adalah terkait dengan penjualan tiket masuk ke tempat hiburan. Tentunya anda tahu ada banyak tempat hiburan seperti Universal Studio, museum, dan taman bunga yang menarik untuk dikunjungi di sana. Anda bisa memesan tiket secara online, namun hindari pembelian tiket dengan harga terlalu murah dari sumber yang tidak bisa dipercaya. Bisa-bisa anda diberikan tiket palsu dan rugi uang tapi tidak bisa masuk ke tempat hiburan tersebut.

  1. Penipuan di Klub Malam

Anda juga harus berhati-hati dengan kemungkinan penipuan yang dilakukan di klub malam. Singapura terkenal juga dengan hiburan malamnya dengan klub-klub yang memiliki review bagus. Namun anda hars mewaspadai bahwa ada klub malam yang berbahaya karena akan menguras kartu rkedit anda dengan tagihan pesanan yang tidak anda lakukan. Anda juga akan diwajibkan membayar wanita yang mendekati anda tanpa anda sadari. Bagi wanita juga waspadai klub malam yang melakukan pelecehan pada anda.

  1. Penipuan Layanan Travel

Ada juga layanan travel bodong yang banyak melakukan tourist scam ke para turis yang mengunjungi Singapura. Travel agen ini menawarkan paket wisata di Singapura yang biasanya mencakup mulai dari pesawat, hotel, hingga wisata tempat. Namun harganya sangat tidak masuk akal, sehingga anda kemungkinan tertipu mempercayai tawarannya ini.

  1. Penipuan Rental Apartemen

Jangan mencari penginapan seperti apartemen di beberapa website online yang mencurigakan. Sudah ada banyak laporan penipuan rental apartemen ini. Anda sebaiknya tidak mempercayai harga yang terlalu murah dan permintaan untuk memasukkan dan membayar tagihan di awal. Sangat banyak yang tertipu dan akhirnya membooking hotel yang tidak ada karena tourist scam ini.

  1. Penipuan saat Belanja Elektronik

Ada juga wisatawan yang ke Singapura dengan tujuan untuk membeli barang-barang elektronik. Namun waspadai bahwa barang elektronik yang terlalu murah harganya bisa menjadi bumerang untuk anda. Saat membeli mungkin memang anda melihat barang yang bagus, tetapi saat pembungkusan mungkin saja barang tersebut diganti dan anda telah terkena penipuan.

Tourist Scam

  1. Restoran dengan Harga Terlalu Mahal

Berikutnya tourist scam di Singapore yang wajib anda waspadai adalah penawaran dari restoran dengan harga yang terlalu mahal. Beberapa restoran di Singapura diketahui memberikan menu yang berbeda bergantung turis mana yang makan. Jadi berbeda harga antara turis amerika, eropa, asia, dan banyak lagi.

  1. Waspada Orang dengan Cerita Menyedihkan

Jenis penipuan yang satu ini bisa juga anda temukan di Indonesia. Jadi di beberapa lokasi di Singapura seperti Chinatown, Clarke Quay, Bugis, dan sebagainya ada orang lokal yang akan mengenakan pakaian bagus dan menyatakan dirinya sedang melakukan kunjungan bisnis ke Singapura. Mereka memiliki kartu nama namun mereka akan menceritakan kisah menyedihkan bahwa mereka baru saja ditipu. Mereka membutuhkan uang untuk kembali ke hotel, sehingga meminta bantuan anda untuk memberikan sejumlah uang.

  1. Waspada Pencopet

Singapura juga memiliki ancaman yang cukup banyak pada turis berupa pencopet. Pencopet memiliki kesempatan yang sangat tinggi untuk melakukan tindakan kriminal ini di tempat yang ramai pengunjung. Jadi pastikan untuk selalu waspada dan jangan teralihkan perhatian anda karena tanpa anda sadari akan ada kerjasama antar pencopet untuk mengambil barang berharga anda.

  1. Waspada Produk Palsu

Saat membeli berbagai oleh-oleh di Chinatown, hindari membeli parfum mahal yang dijual dengan harga murah karena alasan diskon. Ada banyak sekali barang palsu yang dijual di sana. Jadi hanya botolnya saja yang serupa, sebenarnya isinya bukanlah parfum dengan merek yang dijual dengan harga mahal tadi.

  1. Waspada Taksi Malam Hari

Berwisata dengan taksi di malam hari? Ketahui bahwa ada beberapa supir taksi yang akan memanfaatkan kondisi ini untuk meminta anda membayar lebih. Alasannya adalah karena supir tersebut akan kesulitan mendapatkan  penumpang untuk arah balik dari lokasi anda. Jadi sejak awal pastikan untuk memilih taksi yang bisa dipercaya dan tidak meminta bayaran lebih.

Jadi itulah tadi penjelasan yang perlu anda simak mengenai macam macam tourist scam di Singapore. Ternyata cukup banyak juga bukan jenis tourist scam yang bisa anda temui di negara ini. Tidak hanya itu saja, kebanyakan jenis tourist scam di Singapore ini pun tidak berbeda jauh dengan penipuan dan tindak kejahatan di Indonesia bukan? Jadi selal waspada dan berhati-hati seperti ketika anda ada di Indonesia. Karena ketika negara sendiri saja ada banyak kejahatan yang mungkin mengancam, wajar jika di luar negeri pun anda harus semakin waspada. Jadi selamat berlibur dengan nyaman karena selalu waspada terhadap tourist scam ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.