10 Patung Terkenal di Singapura yang Menarik Perhatian

Patung Merlion

Singapura merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang dalam beberapa waktu belakangan terus meningkat jumlah pengunjungnya. Bahkan masyarakat Indonesia sendiri terus tertarik untuk mengunjungi Singapura saat mendapat waktu libur. Pilihan tempat wisata di Singapura memang sangat beragam, sehingga ada banyak tempat yang bisa dikunjungi tanpa perlu waktu yang lama. Tidak hanya itu, Singapura pun memiliki banyak jenis makanan yang lezat jadi anda tidak akan merasa kelaparan selama di sana. Lalu bagaimana jika anda ingin menikmati wisata di Singapura yang memiliki patung-patung dengan sejarah yang menarik? Tentu anda harus mencari tahu di mana saja lokasi patung terkenal di Singapore tersebut. Memang ada beberapa patung terkenal di Singapore yang terus mengundang pengunjung atau wisatawan untuk melihatnya. Namun agar lebih mudah mengatur jadwal liburan anda selama di sana, anda sebaiknya mempelajari mengenai hal tersebut pada bagian di bawah ini.

Setidaknya ada lebih dari 10 patung terkenal di Singapore. Semua patung-patung tersebut anda yang memang dibangun sebagai monumen dan ada juga yang memang menjadi ikon dari negara Singa ini. Penasaran di mana saja anda bisa menemukan patung yang terkenal tadi di Singapura? Tenang saja karena pada bagian ini akan dibahas mengenai patung terkenal di Singapore dan di mana lokasinya berada. Jadi pastikan jangan sampai anda melewatkan pembahasan yang menarik tersebut pada bagian berikut ini. Semoga dengan informasi yang diberikan ini, anda akan memiliki liburan yang lebih berkesan dan penuh dengan foto kenangan di beberapa patung yang menjadi daya tarik negara Singapura.

Patung Sir Stamford Raffles

10 Patung Terkenal di Singapore yang Menarik Perhatian

Bagian di bawah ini akan memberikan anda penjelasan lebih lengkap mengenai apa saja patung terkenal yang ada di Singapura. Tentu anda harus mengetahui juga mengenai apa tujuan dibalik pembuatan patung-patung tadi. Jadi jangan tunggu lama lagi, simak terus penjelasan mengenai patung patung yang terkenal di Singapura dan di mana lokasinya berada. Saat anda sedang mengunjungi Singapura, cobalah sediakan waktu khusus untuk melihat langsung beberapa patung tersebut dengan mata kepala anda sendiri.

  1. The Merlion

Patung yang paling terkenal di Singapura tentu adalah The Merlion. Patung berkepala singa dan berbadan Ikan ini adalah maskot dari Singapura juga. Ada 5 patung Merlion yang tersebar di seluruh Singapura. Anda bisa menemukan yang original di Merlion Park dan sisanya ada di Sentosa Island, Mount Faber, dan Tourism Court.

  1. The Cenotaph

Ada juga patung yang dibangun untuk mengingat terjadinya perang di lokasi tersebut. Lokasi tepatnya sekarang berada di Esplanade Park yang juga adalah daerah pusat bisnis Singapura. Monumen ini dibangun untuk menghormati perjuangan ratusan tentara Inggris yang gugur dalam perang untuk bisa mempertahankan wilayah yang kini menjadi Singapura.

  1. Raffles’ Landing Site Statue

Berikutnya, tentu keberadaan dari negara Singapura tidak lepas dari sejarah kedatangan Sir Stamford Raffles ke daratan ini. Sebagai tempat di mana pertama kali Sir Stamford Raffles pertama kali datang, dibangunlah patung dari Sir Stamford Raffles yang kemudian dikenal dengan nama Raffles’ Landing Site Statue. Lokasi patung ini berada di bagian utara Singapore River.

  1. Former Indian National Army Monument

Monumen lain yang memiliki patung yang dibangun untuk mengingat terjadinya perang di Singapura adalah Former Indian National Army Monument. Berbeda dengan monumen sebelumnya, monumen ini khusus dibuat untuk tentara India yang tergabung dalam tentara nasional yang tidak diketahui identitasnya untuk mempertahankan wilayah Singapura dari peperangan dengan Jepang.

  1. Dalhousie Obelisk

Ada juga tugu peringatan yang dinamakan sebagai Dalhousie Obelisk di Singapura. Sebagai salah satu patung terkenal di Singapore, tugu ini berlokasi di dekat Singapore River guna mengingat kedatangan pemerintah British India yaitu The Marquis of Dalhousie K.T. dengan berbagai wejangannya untuk masyarakat Singapura di tahun 1850.

Patung Sun Yat Sen

  1. SGH War Memorial

SGH adalah singkatan dari Singapore General Hospital yang memang sesuai dengan namanya memiliki monumen di depan rumah sakit umum Singapura. Monumen ini dibangun untuk mengingat tragedi meninggalnya sekelompok mahasiswa kedokteran dari King Edward VII College of Medicine karena perang dunia kedua. Patung yang dibangun membentuk salib dan bisa anda kunjungi saat berada di rumah sakit ini.

  1. Sun Yat Sen Nanyang Memorial Hall

Kali ini ada balai peringatan yang berlokasi di Tai Gin Road. Ada sebuah patung yang menggambarkan Sun Yat Sen yang merupakan bapak pendiri Republik China yang mengunjungi Singapura sebanyak sembilan kali mulai tahun 1900 hingga 1911. Bangunan ini dibangun untuk mengingat pentingnya peranan beliau dalam Revolusi Xinai di tahun 1911.

  1. Bukit Batok Memorial

Pada bagian puncak Bukit Batok anda bisa menemukan satu lagi patung terkenal di Singapore. Patung ini berbentuk monumen yang dibuat untuk mengingat perang yang terjadi antara tahanan perang Australia dengan Jepang dan Sekutu. Peperangan tersebut terjadi di Bukit Timah selama perang dunia kedua terjadi. Jadi untuk mengingat para pejuang yang gugur pada peristiwa tersebut dibangunlah Bukit Batok Memorial.

  1. Elephant Statue at the Old Parliament House

Patung terkenal di Singapore berikutnya adalah patung seekor Gajah. Patung ini berada di depan rumah parliament dahulu kala yang telah berupa menjadi The Art House. Patung ini adalah hadiah dari King Rama V of Siam dahulu kala untuk mengingat kedatangannya ke Singapura pada 16 Maret 1871. Sebelumnya, patung ini berlokasi di depan Victoria Memorial Hall.

  1. Tan Kim Seng Fountain

Terakhir, ada juga patung yang dibangun berbentuk pancuran air di Esplanade Park. Pancuran ini kemudian dinamakan sebagai Tan Kim Seng Fountain. Pembangunannya dilakukan karena donasi sebesar 130.000 Dollar dari Tan Kim Seng. Sehingga setelah pembangunannya, pancuran air ini dinamakan menurut penyumbang dananya.

Jadi demikianlah penjelasan mengenai apa saja patung terkenal di Singapore yang menarik perhatian para wisatawan. Tentu berdasarkan penjelasan di atas kini anda sudah tahu mengenai cerita dibalik pembangunan patung-patung yang disebutkan bukan? Kini waktunya anda untuk menentukan mana patung yang membuat anda paling ingin mengunjunginya? Segera kunjungi patung tersebut saat anda berlibur ke Singapura nanti ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.