10 SMP Terkenal di Singapura

National Junior College

Berbicara mengenai suatu negara tentu tidak akan lengkap tanpa mengetahui sistem pendidikannya. Seperti itu juga ketika kita sedang mempelajari negara Singapura. Negara yang berada di Asia Tenggara ini adalah negara yang dahulu kala berada di bawah pemerintahan koloni Inggris. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa sistem pendidikan di Singapura tidak berbeda jauh dengan sistem pemerintahan di Inggris. Anda akan menemukan bahwa siswa di Singapura melalui jenjang pendidikan bernama Primary School atau yang setara dengan tingkat Sekolah Dasar (SD) di Indonesia. Setelahnya, siswa akan melalui jenjang pendidikan Secondary School yang setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Anda yang ingin mengetahui apa saja sekolah setara SMP yang terkenal di Singapura, maka anda bisa memeriksa beberapa secondary school di sana. Sudahkah anda mengetahui beberapa ssecondaru school di Singapura? Jika belum maka kini anda berada di tempat yang tepat. Bagian berikutnya dari pembahasan ini akan menjelaskan apa saja 10 SMP terkenal di Singapura yang dipilih berdasarkan penilaiannya. Penasaran apa saja sekolah sekolah yang terkenal tersebut? Simak penjelasannya pada bagian di bawah ini ya!

Nanyang Girls' High School

10 SMP Terkenal di Singapura Berdasarkan Penilaian

Seperti yang disebutkan di atas, sistem pendidikan di Singapura cukup berbeda dengan di Indonesia. Hal ini yang membuat banyak masyarakat Indonesia penasaran dengan sistem pendidikan di Singapura dan tidak ragu menyekolahkan anaknya ke sana. Anda yang sedang mencari tahu juga apa saja sekolah setara SMP di Singapura yang terkenal bisa menyimak penjelasan di bawah ini. Ada 10 SMP terkenal di Singapura yang akan dijelaskan dan bisa anda jadikan rekomendasi. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Nanyang Girls’ High School IP SAP

Sekolah pertama yang menempati peringkat pertama saat ini untuk tingkat SMP atau secondary school adalah Nanyang Girls’ High School IP SAP. Sekolah ini didirikan 1917 dan dikhususkan untuk siswa perempuan menempuh pendidikan untuk para siswa dengan Special Assistance Plan (SAP) di bawah Kementerian Pendidikan Singapura.

  1. Raffles Girls’ School (Secondary) IP

Ada sekolah khusus siswa perempuan lain yang setara dengan SMP di Singapura dan tidak kalah terkenal dari sekolah sebelumnya, yaitu Raffles Girls’ School Secondary IP. Sekolah ini dibangun tahun 1879 dan memiliki sistem pendidikan berbasis IP seperti Nanyang. Lokasinya ada di pusat kota yaitu 20 Anderson Road Singapore 259978.

  1. Methodist Girls’ School (Secondary) IB

Berikutnya masih sekolah khusus siswa perempuan yang menjadi sekolah tingkat SMP yang terkenal berkualitas di Singapura yaitu Methodist Girls’ School Secondary IB ini. Sekolah tersebut didirikan tahun 1887 dan menggunakan kurikulum IB sebagai kurikulum pendidikannya. Sekolah ini memiliki join program dengan sekolah yang akan dijelaskan pada daftar ini juga bernama Anglo-Chinese School (Independent) IB.

  1. Hwa Chong Institution IP SAP

Ada juga sekolah yang didirikan Hwa Chong Institution mulai dari tingkat SMP (secondary) hingga awal universitas. Sekolah ini berlokasi di sekitar Bukit Timah dan untuk tingkat SMP sudah ada sejak tahun 1974. Kali ini sekolah ini merupakan sekolah khusus untuk siswa laki-laki saja di tingkat SMP.

  1. Raffles Institution IP

Jika ingin mengetahui sekolah tingkat SMP terkenal di Singapura yang bisa untuk siswa laki-laki adalah Raffles Institution IP. Berbeda dengan Raffles Girls’ School sebelumnya, kali ini sekolah ini khusus untuk siswa laki-laki saja dan sudah didirikan sejak tahun 1823 dan menjadi sekolah tertua di Singapura.

CHIJ St. Nicholas Girls' School

  1. CHIJ St. Nicholas Girls’ School IP SAP

Sekolah katolik yang satu ini juga sekolah yang dikhususkan untuk siswa perempuan saja dan setara dengan tingkat SMP di Indonesia. Dibangun tahun 1933 membuat sekolah ini sudah sangat berpengalaman dalam pendidikan siswa. CHIJ adalah singkatan dari Convent of the Holy Jesus yang menandakannya sebagai sekolah berdasarkan iman katolik.

  1. Anglo-Chinese School (Independent) IB

Tahukah anda bahwa Anglo-Chinese School merupakan sekolah yang selalu masuk tiga besar sekolah dengan kurikulum IB di dunia. Sekolah ini didirikan tahun 1886 dan masih memiliki join program dengan Methodist Girls’ School sebelumnya. Bedanya sekolah ini menerima siswa laki-laki dan perempuan untuk menempuh pendidikan bersama.

  1. National Junior College IP

Sekolah yang dibangun tahun 1969 ini menawarkan pendidikan mulai dari tingkat SMP dalam mempersiapkan menuju pendidikan tingkat kuliah. Sekolah yang menerima siswa laki-laki dan perempuan ini menggunakan kurikulum IP dan menjadi sekolah tingkat SMP yang terkenal juga di Singapura. Jadi bisa menjadi salah satu rekomendasi juga untuk anda.

  1. Dunman High School IP SAP

Berikut ini ada sekolah dengan nama Dunman High School yang sebenarnya setingkat dengan SMP (secondary) di Indonesia. Sekolah ini berlokasi di Kallang, Singapore dan menawarkan program SAP juga seperti di Nanyang. Bedanya, sekolah ini bisa menerima siswa laki-laki dan perempuan dan belajar dalam kelas yang sama.

  1. Joseph’s Institution IB

Terakhir ada sekolah khusus siswa laki-laki tingkat SMP di Singapura yang berdasarkan nilai agama katolik bernama St. Joseph Institution. Sekolah ini berlokasi di Malcolm Road dan dibangun tahun 1852. Sekolah ini merupakan sekolah katolik pertama di Singapura dan sekolah tertua ketiga di seluruh Singapura

Itulah tadi penjelasan mengenai 10 SMP Terkenal di Singapura berdasarkan penilaian karena keungulannya. Sekolah-sekolah ini terkenal karena kualitas pendidikannya yang menghasilkan anak anak yang menguasai pembelajaraan dan kemampuan menjalani kehidupan dengan baik. Jadi silahkan pelajari mengenai beberapa sekolah di atas siapa tahu ada yang cocok untuk menjadi tujuan pendidikan anak anda selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.