test
Home Thailand 13 Tempat Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Thailand

13 Tempat Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Thailand

Thailand menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan asing terutama wisatawan dari Eropa karena keindahan dan keunikan yang dimilikinya. Land of Smiles adalah sebutan bagi negeri gajah putih ini karena sebagian besar orang merasakan kenyamanan ketika berwisata di sana. Ada berbagai macam wisata yang bisa dilakukan di Thailand antara lain wisata budaya, wisata sejarah, wisata kuliner, dan wisata alam. Pantai-pantai yang eksotis menjadi daya tarik utama Thailand. Sudah penasaran tentang tempat-tempat wisata menarik di Thailand? Simak ulasan tentang 13 tempat wajib dikunjungi ketika wisata di Thailand berikut ini.

  1. The Grand Palace

Salah satu ikon Thailand yang berada di Bangkok adalah The Grand Palace. Ketika berada di Bangkok, sempatkan untuk berkunjung ke tempat ini. Para pengunjung bisa melihat dan belajar tentang peninggalan sejarah dan budaya Thailand. Bangunan megah ini memiliki ruang bawah tanah berupa labirin aula kerajaan, kuil, dan peninggalan kuno. Bangunan yang paling berharga di tempat ini adalah Phra Kaeo Wat, yaitu kuil Buddha Emerald. Berdasarkan kabar dari beberapa sumber valid, di dalam istana ini terdapat sepotong tulang atau rambut dari Sidharta Gautama, Sang Buddha. Tempat ini dibangun pada tahun 1782 untuk dijadikan kediaman raja selama 150 tahun dan gedung pemerintahan. Istana yang berada di dekat Sungai Chao Phraya ini memiliki luas 218.400 meter persegi yang dikelilingi dengan tembok tinggi sepanjang 1,9 kilometer.

Istana megah ini terdiri dari tiga bagian, yaitu depan, tengah, dan dalam. Bagian depan digunakan sebagai kantor untuk beberapa kementerian, bagian tengah terdiri dari tiga gedung yang dipakai oleh raja untuk mengerjakan tugas-tugas negara. Namun, bagian dalam tidak boleh dikunjungi oleh umum sehingga hanya dua bagian yang dibuka untuk umum. Para turis asing yang tidak bisa berbahasa Thailand akan disediakan tour guide berbahasa Inggris. Bagusnya, para pengunjung tidak perlu bayar jasa tour guide. Jasa tour guide hanya pada waktu-waktu tertentu, yaitu pukul 10, 10.30, 13.30, dan 14.00. The Grand Palace buka setiap hari dari pukul 08.30 hingga 15.30. Harga tiket masuk Grand Palace sangat mahal, yaitu 500 baht atau sekitar Rp 200.000 saja.  

  1. Wat Arun

Wat Arun dikenal dengan nama Wat Chaeng oleh warga lokal. Candi yang terletak di barat Sungai Chao Phraya ini tergolong candi kerajaan kelas utama. Candi ini sudah sangat tua karena telah dibangun ketika ibu kota Thailand masih di Ayutthaya sehingga dahulu kuil ini bernama “Wat Makok”. Terdapat sebuah menara megah yang tingginya lebih dari 70 meter. Menara ini sangat indah dan dihiasi dengan potongan-potongan kecil dari kaca berwarna dan porselen Cina. Puncak menara yang selalu terefleksi di air Sungai Chao Phraya ketika petang menjadi salah satu pesona wisata di Bangkok sehingga dijuluki Temple of Dawn. Candi ini buka dari pukul 8 hingga pukul 17:30. Candi ini bisa dimasuki secara gratis, tetapi untuk menyeberangi sungai dengan perahu harus membayar 3,50 baht.

  1. Wat Pho

Wat Pho yang dikenal dengan kuil budha rebahan adalah kuil terbesar di Thailand. Tempat wisata yang berada di Bangkok ini menjadi salah satu destinasi paling menarik bagi para wisatawan asing. Patung Budha yang berbaring di kuil ini sangat besar, yakni sepanjang 150 kaki atau 46 meter. Tradisi ketika mengunjungi kuil ini adalah menjatuhkan koin ke dalam salah satu mangkuk berbahan perunggu yang ada di dalam kuil tersebut. Harapan setelah melakukan hal tersebut adalah mendapatkan keberuntungan pada masa mendatang. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 08 hingga pukul 17. Harga tiket untuk masuk ke kuil ini sekitar 100 Bath.

  1. Pantai Railay

Setelah membahas beberapa tempat wisata di Bangkok, sekarang menuju ke Krabi. Ada sebuah pantai yang sangat indah di Krabi, yaitu Pantai Railay. Pantai dengan pasir seputih salju dan air berwarna biru yang jernih ini memiliki tebing-tebing batu yang biasa digunakan untuk panjat tebing. Ada sebuah tempat menarik yang menjadi ikon pantai ini, yaitu Phra Nang. Tempat ini menjadi spot favorit para pemanjat tebing di seluruh dunia. Kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan di pantai antara lain snorkeling, kayaking atau berjemur. Pantai Railay dikelilingi lautan sehingga tidak ada transportasi lain yang bisa mengantarkan pengunjung menuju lokasi, kecuali kapal. Di timur pantai ini terdapat area mangrove. Pantai ini begitu tenang dan damai karena jauh dari area perkotaan, lokasinya juga terpencil di tengah laut.

  1. Koh Phi Phi atau Phi Phi Island

Koh Phi Phi atau Pulau Phi Phi juga berada di Provinsi Krabi, Salah satu kawasan terpopuler di Thailand ini memiliki banyak pantai yang indah. Ada banyak tempat menarik yang bisa didatangi di pulau ini seperti Monkey Beach, Long Beach, dan Maya Bay. Monkey Beach adalah pantai yang dihuni oleh banyak monyet sehingga para pengunjung akan bertatap muka langsung dengan monyet-monyet. Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai ini adalah mendayung perahu kayu kecil atau kayak. Long Beach adalah pantai yang cocok untuk menikmati matahari terbenam karena pemandangan dan nuansanya sangat indah. Maya Bay adalah pantai terindah dan terkenal di Thailand karena pernah menjadi lokasi syuting film The Beach yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio. Jika ingin merasakan kesunyian dan keindahan Maya Bay maka datanglah pada pagi hari sekitar pukul 8. Di atas pukul 9, pantai ini akan dipadati oleh wisatawan dari Phuket.

  1. Phang Nga Bay

Pha Nga Bay adalah kepulauan dengan tebing-tebing karang atau batu kapur yang menjulang tinggi dan menghampar di atas laut. Suguhan air laut yang berwarna hijau zamrud benar-benar membuat mata dan jiwa menjadi segar. Ada dua pulau yang sangat terkenal di kawasan ini, yakni Koh Panyee dan James Bond (Khao Phing Kan). Khao Phing Kan dinamakan James Bond Island karena pulau ini dipakai untuk shooting film James Bond “The Man With The Golden Gun” yang dibintangi oleh Roger Moore pada tahun 1974. Selain berubah nama, pulau ini menjadi sangat terkenal di dunia. Kawasan kepulauan di Thailand ini memang tidak berpenghuni sehingga khusus dijadikan tempat wisata satu hari (one day trip). Terdapat banyak gua indah yang bisa dikunjungi dengan naik perahu kayak. Gua yang paling populer adalah Koh Hong. Keindahan Khao Khien yang lokasinya tak jauh dari Koh Panyee sangat mempesona. Dinding gua ini dihiasi dengan lukisan kuno perahu dan binatang. Sungguh luar biasa!

  1. Chiang Mai Sunday Walking Street

Para pecinta kuliner lezat dengan harga miring harus datang ke Chiang Mai Sunday Night Walking Street. Para wisatawan asing sangat menyukai tempat ini karena mereka bisa menikmati makanan khas Thailand dengan harga yang murah. Tempat ini sebenarnya pasar karena tidak hanya warung yang menjual makanan, tetapi juga ada kios-kios yang menjajakan barang unik lainnya seperti lukisan, hiasan dinding, dupa, dan lain-lain. Sunday Walking Street ramai dikunjungi sehingga Anda harus menyiapkan diri untuk berdesakan dengan para pengujung lainnya karena pasar ini hanya buka hari Minggu. Pilihan lainnya adalah berkunjung ke Saturday Night Walking Street atau Night Bazaar di Jalan Chang Klan jika tidak ingin datang pada hari Minggu karena terlalu ramai.

  1. Taman Nasional Khao Yai

Taman Nasional Khao Yai adalah tempat penangkaran gajah yang begitu dicintai oleh masyarakat lokal. Gajah adalah hewan yang sangat dihormati di Thailand sehingga negara ini dijuluki negeri Gajah Putih (The Land of White Elephant). Terdapat berbagai patung dan lukisan gajah di semua sudut tempat ini sehingga wisata dan kamp gajah menjadi kegiatan unggulan di tempat ini. Tempat ini paling digemari dan banyak direkomendasikan karena areanya masih alami dan asri sehingga gajah-gajah seolah hidup di habitat aslinya. Pemandangan seperti ini tentu sangat menarik dan unik. Bahkan, para pengunjung bisa melihat gajah yang sedang mandi di air terjun, burung-burung pemangsa, dan hewan liar lainnya. Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati trekking di hutan bersama gajah, memandikan gajah, atau memberi susu kepada anak gajah dengan botol susu.

  1. Kota Bersejarah Ayutthaya K

Kota Bersejarah Ayutthaya adalah ibu kota dari Provinsi Ayutthaya di Thailand. Lokasinya dekat dari lembah Sungai Chao Phraya sehingga suasana kota ini begitu kuno dan eksotis dengan ciri Thailand yang kental. Terdapat banyak istana dan kuil tua yang bisa dikunjungi di kota ini. Selain itu, ada beberapa pemukiman asing di kota ini sehingga para turis bisa memperoleh wawasan yang lebih luas tentang pengaruh negara-negara asing terhadap Thailand pada zaman dahulu. Thailand adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang bebas dari penjajahan atau kolonialisme bangsa Eropa pada zaman dahulu. Naiklah bus atau kereta dari Bangkok untuk mengunjungi Ayutthaya. Uniknya, berkeliling di kota ini bisa dilakukan dalam satu hari saja. What a nice trip!

  1. Kota Tua Sukhothai

Kota Tua Sukhothai adalah kota bersejarah yang menjadi tempat singgah terfavorit bagi para pecinta sejarah dan fotografi. Ada banyak spot foto yang eksotik dan menarik di kota ini. uniknya, reruntuhan kota tua ini masih berdiri kokoh dan resmi menjadi situs warisan dunia UNESCO. Pemerintah setempat dan masyarakat telah melakukan banyak hal supaya kota tua ini terjaga. Setiap struktur bangunan mempunyai cerita sejarah tersendiri tentang masyarakat Thailand pada masa dahulu. Bahkan, terdapat penginggalan-peninggalan peradaban kuno dari negara lain dengan ciri khas arsitektur masing-masing di kota tua ini.

  1. Doi Suthep

Doi Suthep adalah gunung yang terletak di sebelah barat Chiang Mai. Di gunung ini, terdapat kuil Wat Phra That Doi Suthep. Bersamaan dengan biksu, umat Budha, dan juga sesama turis Anda bisa menikmati keindahan ukiran kuil yang khas, mengamati ritual ibadah, dan juga menatap keindahan kota Chiang Mai dari ketinggian. Menurut beberapa sumber, kuil ini telah didirikan sejak tahun 1383 dan seiring berjalannya waktu mengalami pembangunan yang lebih megah. Berwisata ke Doi Suthep jangan lupa untuk memakai sepatu tanpa hak dan membawa air minum sendiri karena jalanan cukup menanjak dan melelahkan.

  1. Pai Pai

Pada zaman dahulu, Pai adalah sebuah desa di utara Thailand yang tidak terkenal, tetapi desa ini menjadi destinasi wisata populer yang menjadi bagian dari lingkaran Mae Hong Son. Pai adalah salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan mancanegara. Desa ini berada di kaki pegunungan sehingga banyak wisatawan yang ingin menjelajah desa ini dengan trekking. Destinasi menarik di desa ini antara lain Bukit Lisu, Karen, Lahu, Hmong, Sungai Pai, Pai Canyon, dan kincir raksasa yang digerakkan oleh manusia.

  1. Khao San Road

Khao San Road adalah nama jalan yang berada di Distrik Phra Nakhon di Banglamphu. Khao San Road mulai dibangun sejak tahun 1892 pada masa Rama V berkuasa. Nama ‘Khaosan’ artinya penggilingan padi. Dahulu area ini adalah jalan pedesaan yang dikelilingi dengan persawahan. Namun sekarang, jalan ini dipenuhi dengan berbagai hal yang dicari oleh para wisatawan, khususnya backpacker karena harganya murah. Aneka penginapan, restoran, tempat pijat, toko buku, toko tato, toko souvenir, dan lainnya dibanderol dengan harga yang murah.

Itulah 13 tempat wajib dikunjungi ketika wisata di Thailand. Jika belum mengunjungi beberapa tempat yang direkomendasikan ini, Anda mungkin dianggap belum pernah ke Thailand. Jadi, kalau sudah berada di Thailand, sempat untuk berkunjung ke beberapa tempat menarik ini ya. Happy traveling!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Category

Most Popular

Kidzania Singapore, Wisata Anak yang Paling Brilian

KidZania Singapore adalah sebuah tempat wisata edukatif untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak sekaligus cita-cita mereka. Konsep role playing dengan 60 tema keren di...

Bercengkrama dengan Alam di Sentosa Nature Discovery

Sentosa Island adalah sebuah pulau di Singapura yang direklamasi dan direkayasa menjadi kawasan wisata untuk para turis lokal dan internasional. Di pulau kecil ini terdapat banyak wahana seru untuk...

Tanya Jawab Untuk Yang Pertama Ke Singapore

Kadang bila bepergian pertama kali ke negara lain, kita punya perasaan takut kalau-kalau terjadi kejadian tidak mengenakan di luar negeri. Agar hal tersebut tidak...

Pertanyaan Seputar MRT di Singapore

MRT adalah salah satu alat transportasi utama di Singapura. MRT adalah jaringan kereta yang menghubungkan banyak tempat di Singapura. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering...

What's New

Tips Persiapan Traveling ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri lebih diminati pada saat ini karena harga tiket pesawat keluar negeri jauh lebih murah daripada tiket pesawat di dalam negeri....

15 Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Malaysia

Malaysia adalah negara tetangga Indonesia yang memiliki potensi wisata menarik dan beragam seperti Indonesia. Wilayah Malaysia tidak seluas Indonesia, tetapi Malaysia memiliki berbagai macam...

13 Tempat Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Thailand

Thailand menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan asing terutama wisatawan dari Eropa karena keindahan dan keunikan yang dimilikinya. Land of Smiles adalah sebutan...

4 Show Terbaik Wajib Lihat Saat Berlibur di Universal Studio Singapura

Universal Studio adalah salah satu lokasi wisata favorit yang wajib masuk dalam list itinerary. Rasanya tidak puas apabila datang ke Singapura tapi melewatkan lokasi...