5 Penyedia Electricity Plans Terbaik di Singapura

Pemasangan listrik dengan abonemen tetap setiap bulan menjadi pilihan terbaik bagi orang-orang yang ingin membayar listrik secara rutin setiap bulan. Geneco, iSwitch, dan Union Power adalah beberapa perusahaan yang menerapkan harga listrik terendah di Singapura. Sebagai contoh, Geneco menawarkan harga termurah untuk 6 bulan sebesar 17.55¢ per kWh. Sedangkan iSwitch menawarkan harga termurah untuk 12 bulan sebesar 17.71¢ dan 36 bulan (17.76¢). Di sisi lain, Union Power menawarkan harga termurah selama 24 bulan sebesar 17.70¢. Dengan memilih ketiga vendor tersebut maka konsumen akan menghemat 5% daripada memilih vendor lainnya dan sekitar 28% dari SP Group’s rate. Selama satu tahun, para pemakai bisa menghemat sekitar S$50 hingga S$300.

Vendor listrik lainnya memakai struktur harga dengan tariff diskon jika ada regulasi tertentu saja. Diamond Electric, Ohm Energy, iSwitch sering menawarkan diskon terbesar. Sebagai contoh, Ohm Energy dan Diamond Electric menawarkan diskon 25% dengan kontrak selama 12 bulan. Sedangkan Ohm juga menawarkan diskon 25% dengan kontrak selama 6 bulan. iSwitch tidak mau kalah dengan menawarkan diskon sebesar 23% selama kontrak 24 bulan. Diskon rata-rata sebesar 21% yang lebih rendah dari tarif dasar membuat pemasangan listrik vendor-vendor tersebut menjadi lebih murah. Selama 1 tahun, konsumen menghemat S$270 daripada tariff SP Group dan menghemat S$40 dibandingkan dengan vendor lainnya.

Tidak Ada Kontrak untuk Electricity Plans di Singapore

Setiap individu yang mencari sistem listrik (electricity plan) yang menawarkan kemungkinan paling fleksibel tanpa adanya kontrak. Berdasarkan penelitian, PacificLight Energy, Sembcorp Power, dan Ohm Energy adalah perusahaan yang menawarkan jasa pemasangan seperti ini. ketiga perusahaan tersebut memberikan harga yang lebih murah dari perusahaan-perusahaan lainnya termasuk regulasi tariff SP Group.

Retailer Plan Name Rate (per kWh) Est. Bill
PacificLight Energy Easy Peasy 17.53¢ S$65.74
Sembcorp Power No Contract Plan 17.55¢ S$65.81
Ohm Energy Simply Ohm 18.50¢ S$69.38
Dengan estimasi bill bulanan berdasarkan 4 ruang HDB flat dengan memakai 375 kWh

Salah satu aspek yang menyenangkan dari OEM untuk para pecinta lingkungan adalah adanya kesempatan untuk membeli listrik dari sumber yang bisa diperbaharui. Sunseap dan Geneco menawarkan listrik yang diproduksi oleh 100% energy bumi. Pemasangan ini membutuhkan biaya yang lebih besar daripada pemasangan listrik tradisional. Pemasangan premium ini lebih berharga bagi rumah tangga. Rinciannya sebagai berikut.

Plan Monthly Rate (per kWh) Est. Bill
Geneco Get Sunny 22.88¢ S$85.80
Sunseap 100 23.01¢ S$86.29
Dengan estimasi bill bulanan berdasarkan 4 ruang HDB flat dengan memakai 375 kWh

Beberapa konsumen mungkin menemukan jadwal yang memberikan manfaat dengan struktur harga tertentu yang lebih hemat. Sebagai contoh, Geneco dan Keppel Electric menawarkan tingkat harga tertenu sesuai dengan pemakaian setiap hari. Geneco mengenakan harga 22.5 sen per kWh pada Senin hingga Sabtu dan memberikan listrik secara gratis pada hari Minggu. Sebagai tambahan, Keppel menawarkan harga yang lebih murah pada malam hari sekitar 16.16 sen per kWh, sedangkan pada siang hari sebesar 20.20 sen per kWh.

Plan Rate 1 Rate 2
Geneco Get Free Sundays 22.50¢ 0.00¢
Keppel Electric Knight 20.20¢ 16.16¢
Geneco (Rate 1 berlaku dari Senin hingga Sabtu, Rate 2: Minggu saja); Keppel (Rate 1: 7am – 11pm, Rate 2: 11pm – 7am)

Daftar Harga Termurah untuk Pemasangan Listrik dengan Harga Tetap

Dengan harga seperti ini, Anda harus membayar harga tetap dengan kalkulasi per kWh selama durasi kontrak. Tarifnya berupa tarif independen dan berlaku untuk konsumsi listrik secara keseluruhan (tanpa memerhatikan waktu pemakaian).

Electricity retailer Fixed price (per kWh) Durasi Kontrak Perkiraan Harga Per Bulan
Geneco $0.1762 6 bulan $63.43
iSwitch $0.1765 12 bulan $63.54
PacificLight Energy  $0.1766 12 bulan $63.58
Union Power $0.1770 12 atau 24 bulan $63.72
Sunseap Energy $0.1775 24 bulan $63.90

Pemasangan listrik termurah adalah produk “Give Us A Try”oleh Geneco yang menawarkan $0.1762 per kWh selama 6 bulan. Geneco berada di bawah perusahaan besar, yaitu Seraya Energy yang mampu mereasuransi berbagai hal. Walaupun tergolong baru, tetapi kualitas Geneco tidak bisa diremehkan.

Sedangkan pendatang baru lainnya adalah iSwitch dengan Chope Rate selama 12 bulan seharga $0.1765 per kWh. Tidak seperti Geneco, iSwitch jauh lebih junior karena perusahaan ini adalah bentuk ambil alih (take over) $15 juta dari ES Power yang dilakukan tahun 2019 ini.  PacificLight Energy adalah perusahaan terbesar ketiga dengan kontrak selama 12 bulan seharga $0.1766. Hal ini cukup mengejutkan karena 3 perusahaan dengan harga termurah menyediakan kontrak yang cukup singkat, yaitu satu tahun atau kurang dari satu tahun. Sistem pemasangan listrik secara kontrak seperti ini sangat cocok untuk orang-orang yang tidak akan tinggal lama atau tidak menetap di Singapura. Semakin lama durasi pemakaian listrik maka harga yang harus dibayar setiap bulan semakin murah.

5 Perusahaan penyedia electricity plans terbaik di Singapura tersebut memang banyak digunakan oleh masyarakat di Singapura. Bukan hanya para pendatang atau orang-orang yang tinggal sementara di Singapura yang memilih 5 perusahaan tersebut, bahkan warga Singapura asli juga memilih mereka karena harga yang ditawarkan jauh lebih ekonomis daripada penyedia listrik lainnya. Berbagai kemudahan yang diberikan juga menjadi alasan pemilihan 5 perusahaan tersebut.

Pemilihan antara pemasangan listrik secara tetap atau pilihan kontrak dengan durasi tertentu harus dilakukan berdasarkan kebutuhan. Harga tetap menyediakan tariff tertentu yang harus dibayar setidaknya selama 36 bulan. Hal ini bisa membantu jika harga listrik naik sehingga konsumen akan terlindungi dari kenaikan harga. Di sisi lain, pemasangan listrik berdasarkan regulasi tariff tertentu atau tanpa durasi kontrak cocok bagi konsumen yang mengharapkan penurunan harga listrik. Kesimpulannya, Anda akan memilih harga yang kompetitif dan vendor yang tidak memberikan tambahan biaya tertentu yang tidak penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.