Apa itu Kartu Singapore Tourist Pass

Courtesy: thesingaporetouristpass.com

Kalau Anda pergi liburan atau berkunjung ke Singapura, tentu saja Anda akan berjalan-jalan dan berwisata disana. Tetapi, perlu Anda tahu bahwa sebelum Anda pergi ke tempat wisata yang ada di Singapura, jangan lupa membeli kartu Singapura Tourist Pass (STP). Singapore Tourist Pass (STP) ini adalah sebuah kartu yang disediakan oleh pemerintah Singapura khusus Touris yang datang ke Singapura untuk menggunakan transportasi umum disana. Dalam tulisan kali ini akan di jelaskan apa itu Kartu Singapore Tourist dan bagaimana cara mendapatkan atau membelinya.

Harga Singapore Tourist Pass

Kartu Singapore Tourist (STP) adalah kartu untuk naik transportasi umum khusus wisatawan internasional atau yang bukan warga negara Singapura. Kartu STP ini tidak jauh berbeda seperti kartu yang hampir sama yang ada di negara kita, seperti modal transportasi umum yang ada di DKI Jakarta dimana cara menggunakan kartu dalam pembayarannya, baik dengan e-tol, dan trans Jakarta card dimana kartu tersebut digunakan untuk naik bus seperti trans Jakarta atau bus way.

Begitu pula dengan kartu STP ini. Kartu STP ini tersedia dalam beberapa pilihan yang dapat Anda pilih ketika akan membeli,  Anda dapat memilih untuk masa berlaku kartu 1,2, atau 3 hari. Apabila anda liburan atau berkunjung di Singapura misalkan lamanya 2 hari, maka anda cukup membeli kartuyang jenisnya dan masa berlakunya yang dua hari saja. Artinya ketika Anda membeli jenis kartu STP ini, maka dalam dua hari tersebut Anda bebas naik angkutan umum disana. Hal ini tentu akan membuat budget liburan Anda semakin hemat. Anda tidak perlu bayar lagi ketika naik transportasi umum yang ada di Singapura.

Selain itu, masa berlaku aktif kartu STP ini akan dihitung mulai Anda membeli kartu tersebut. Artinya kartu STP ini berlaku 24 jam dimulai kartu tersebut di beli dan diaktifkan. Kalau lewat dari jam yang telah ditentukan dan jenis kartu yang di pilih dalam layanannya misalkan Anda membeli jenis kartu STP yang masa berlakunya satu hari,  misalkan anda membeli kartu STP nya jam 09:00 pagi, maka ketika melewati dari jam 09:00 pagi keesokan harinya kartu STP ini habis atau harus diisi ulang kembali karena secara otomatis tidak akan bisa digunakan lagi.

Harga Singapore Tourist Pass

Yang perlu Anda ketahui juga bahwa ada beberapa macam harga dan jenis layanan pada kartu STP  yakni untuk kartu STP dengan masa berlaku 1 hari harganya $10 sampai dengan $20. Dan untuk yang masa berlaku 2 hari harganya $16 sampai dengan $26 sedangkan untuk yang masa berlaku 3 hari lumayan mahal loh mencapai $20 sampai dengan $30.

Cara membeli kartu STP

Lalu bagaimana cara untuk membeli kartu STP?  Kartu STP dapat Anda beli di loketnya langsung atau bisa juga Anda membelinya melalui Internet disitus atau web resmi loket penjualan kartu STP 3. Ada beberapa tempat pembelian kartu STP  yang bisa Anda pilih dan datangi langsung ke loket penjualan kartu STP tersebut. Anda bisa datang dan beli kapan pun karena loket penjualan resmi kartu STP ini buka dan melayani setiap hari dengan jadwal sebagai berikut : Changi Airport buka setiap hari jam 12:00 siang – 15.45 sore  dan  19.30 malam Di loket Orchard buka jam 10:00 pagi – sampai dengan jam 21.00 malam.

Anda bisa juga datang ke Chinatown dimana loketnya buka jam 12:00  – 15:45 sore. City Hall buka jam 21:00 – 09:00 pagi. Raffles Place buka jam 08:00 pagi  – 21:00 malam setiap akhir pekan saja. Sedangkan dihari Sabtu buka jam 08:00 pagi – 17:00 sore.

Jadi jangan khawatir Anda akan kehabisan atau tidak bisa membeli kartu STP ini ketika Anda pergi ke Singapura. Karena banyak lokasi tempat penjualan kartu STP ini, tinggal disesuaikan saja berapa lama Anda akan berada di Singapura.

Cara Menggunakan Kartu Singapore Tourist Pass

Bagaimana cara menggunakan kartu STP ini? Sebagai contoh saja, di negara kita misalkan di Jakarta. Saat anda akan masuk ke halte bus trans Jakarta, kalau Anda tidak membeli kartu trans Jakarta atau e-toll anda tidak akan bisa masuk Kedalam ruang loby halte tersebut. Tetapi jika anda telah membeli atau memiliki kartu trans Jakarta atau e-tol, maka anda tinggal menggesekan atau menempelkan kartu tersebut ke mesin gesek tersebut maka pintu palang secara otomatis akan terbuka

Sama persis dengan penggunaan kartu STP  ini. Sebelum anda masuk ke stasiun atau terminal bus maka anda harus menempelkan kartu STP tersebut ke mesin yang telah tersedia dalam bus ketika anda naik  dan secara otomatis ketika anda menempelkan kartu STP tersebut jumlah saldo yang ada pada kartu STP akan berkurang karena telah terpotong dengan tarif ongkos jurusan bus tersebut.

Anda harus selalu ngecek jumlah saldo yang ada di kartu STP Anda. Karena kalau saldo Anda kurang atau tidak mencukupi Anda tidak akan bisa naik bus umum atau kereta api yang ada di Singapura. Sehingga Anda harus melakukan pengisian ulang saldo pada kartu STP Anda.

Semoga beberapa informasi atau tips tentang kartu STP ini, termasuk cara pembelian dan lokasi tempat pembelian kartu STP bisa membantu Anda saat pergi ke Singapura baik untuk kunjungan wisata, kunjungan keluarga, keperluan tujuan bisnis atau lainnya dalam menggunakan transportasi umum yang ada di Singapura. Selamat liburan dan jangan lupa mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan sebelum bepergian. Ingatlah bahwa akomodasi juga hal yang penting untuk dipersiapkan bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.