Apa Saja Bahasa yang Ada di Singapore?

Multilingual Sign

Setiap negara memilii keunikan dan hal menarik yang berbeda dan membuatnya menjadi alasan mengapa wisatawan mengunjunginya. Begitu juga dengan Singapura yang walaupun tidak terlalu luas tetap membuat wisatawan terus berdatangan dan tidak bosan ke sana. Salah satu keunikan dari Singapura adalah perpaduan 3 etnis besar yang hidup rukun dan damai di sana. Adanya 3 etnis besar yang menjadi masyarakat Singapore membuat bahasa yang ada di Singapore pun juga menjadi bermacam-macam. Masyarakat Singapore biasanya memiliki kemampuan mengerti dan memahami juga aktif menggunakan bahasa-bahasa tersebut.

Anda yang berencana mengunjungi Singapore tentunya perlu tahu apa saja bahasa yang ada di Singapore ini. Paling tidak anda bisa menyiapkan salah satu kemampuan bahasanya untuk memudahkan komunikasi ketika di sana. Jadi informasi yang akan dibahas pada bagian berikut ini pastinya akan sangat bermanfaat bagi anda. Berikut ini akan coba dijelaskan apa saja bahasa yang ada di Singapore dan dipahami oleh masyarakatnya. Penasaran ingin segera tahu informasi ini? Simak pembahasannya di bawah ini ya!

Etnis Cina Singapore

4 Bahasa yang Ada di Singapore dan Menjadi Bahasa Nasional

Berbeda dengan Indonesia yang hanya menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, Singapore memiliki 4 bahasa nasional. Hal ini masih dipengaruhi oleh kondisi masyarakat Singapore yang sangat beragam dan berasal dari 3 etnis yang berbeda. Namun kenapa ada 4 bahasa nasional padahal hanya ada 3 etnis besar yang hidup di sana? Ayo simak penjelasan di bawah ini sampai akhir untuk mengetahui jawabannya.

  1. Bahasa Mandarin (Chinese Mandarin Language)

Salah satu bahasa yang ada di Singapore dan menjadi bahasa nasionalnya adalah bahasa Mandarin. Tentu anda sudah tahu mengenai bahasa yang satu ini bukan? Bahasa Mandarin identik dengan etnis Cina di manapun digunakan. Termasuk juga penggunaannya di Singapore ini. Singapore memiliki penduduk etnis Cina yang cukup banyak jumlahnya, sehingga sangat wajar bahasa Mandarin dijadikan salah satu bahasa nasional untuk memudahkan komunikasi masyarakatnya. Sebenarnya jika disebut sebagai bahasa Cina tidaklah tepat, karena bahasa Cina pun ada banyak macamnya dan Mandarin hanya satu dari banyak macam bahasa tersebut. Berdasarkan ilmu bahasa, Mandarin adalah bahasa yang digunakan etnis Cina di wilayah utara mainland. Saat ini, berdasarkan sensus yang dilakukan masyarakat Singapore masih cukup banyak yang menguasai kemampuan bahasa Mandarin, setidaknya mencapai kurang lebih 1 juta penduduk.

  1. Bahasa Melayu (Malay Language)

Berikutnya, bahasa yang ada di Singapore juga salah satunya adalah bahasa Melayu atau yang dikenal dengan Malay Language. Sebagai satu dari negara yang bertetangga dengan Indonesia dan berdasarkan sejarah pernah berada dalam satu pemerintahan, tentu sangat wajar jika Singapura pun menggunakan bahasa Melayu ini. Hal ini juga didukung oleh banyak juga penduduk Singapura yang berasal dari etnis Melayu. Jadi penetapan bahasa Melayu menjadi salah satu bahasa nasional pun sangat wajar. Berdasarkan sejarah, bahasa Melayu adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi ketika masih ada wilayah Nusantara. Nusantara dulu mencakup juga Singapura. Jadi pastinya sampai saat ini masih digunakan bahasa itu di Singapore seperti juga di Malaysia dan Indonesia. Masyarakat Singapore yang menggunakan bahasa ini berdasarkan sensus terbaru adalah mencapai 602 ribua masyarakat.

Etnis India Singapore

  1. Bahasa Tamil (Indianese Tamil Language)

Bahasa yang ada di Singapore selanjutnya adalah bahasa Tamil yang merupakan bahasa nasional berdasarkan adanya etnis India di negara ini. Bahasa Tamil ini ada banyak jenisnya juga dan sebenarnya tidak hanya digunakan di Singapura. Wilayah Sumatera Utara memiliki masyarakat yang aktif menggunakan bahasa Tamil ini begitu pun masyarakat Malaysia. Hanya saja tidak dijadikan bahasa nasional seperti di Singapura. Etnis India dari masyarakat Singapore memang jumlahnya cukup banyak dan sangat wajar jika bahasa ini punĀ  diputuskan menjadi salah satu bahasa nasional Singapore yang seharusnya dipahami oleh masyarakatnya. Lalu kira-kira berapa jumlah masyarakat yang masih menguasai bahasa ini berdasarkan sensus terkini? Diperkirakan hanya ada kurang lebih 200.000 masyarakat Singapore yang memahami dan menggunakannya menjadi bahasa sehari-hari. Cukup banyak juga tentunya jumlah masyarakat India di sana.

  1. Bahasa Inggris (English Language)

Terakhir, bahasa yang ada di Singapore dan menjadi bahasa utama untuk berkomunikasi secara umum di negara ini adalah bahasa Inggris. Jenis bahasa Inggris yang digunakan adalah British English karena berdasarkan sejarah Singapore adalah negara jajahan Inggris dan sampai sekarang pun masih memiliki hubungan yang sangat erat dengan negara ini. Bahasa Inggris dijadikan bahasa nasional utama yang membantu masyarakat dari 3 etnis ini berkomunikasi dengan baik. Tidak diragukan lagi pastinya masyarakat Singapore harus menguasai bahasa Inggris dan salah satu dari bahasa nasional lainnya. Jadi masyarakat Singapore memang memiliki kemampuan minimal bilingual akibat keberagaman masyarakat di negaranya. Pengguna bahasa Inggris di Singapore tentu bisa dipastikan secara umum masyarakat sudah menggunakannya. Namun yang fasih dan memang mengunakan sehari-hari kurang lebih berkisar 2 juta orang di tahun 2003.

Nah itu tadi 4 bahasa yang ada di Singapore yang sekaligus juga menjadi bahasa nasional di sana. Luar biasa sekali memang kemampuan berbahasa dari masyarakat Singapore yang bisa menguasai minimal dua bahasa nasional di atas. Apakah anda menguasai salah satu dari bahasa yang ada di Singapore yang sudah dijelaskan di atas? Jika anda bisa menguasai salah satu saja, maka anda bisa berlibur ke Singapore dengan nyaman tanpa keterbatasan bahasa. Selamat berlibur dan mempraktikan bahasa asing anda di Singapore!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.