Bukit Timah Nature Reserves Singapore

Jika sebelumnya Singapore lebih identik dengan pusat kotanya yang gemerlap dengan berbagai lokasi wisata yang menawarkan fasilitas super canggih. Maka kali ini Anda bisa memilih untuk berkunjung ke salah satu lokasi yang menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Bukit Timah Nature Reserves atau yang dikenal dengan Cagar Alam Bukit Timah menjadi lokasi wisata alternatif untuk Anda yang suka berpetualang dan ingin menikmati keindahalan alam di negari singa ini.

Berlibur memang dapat dilakukan dengan banyak hal, salah satunya dengan mengeksplorasi keindahan yang ada di negeri tetangga. Jika sebagian besar wisatawan menikmati aktivitas belanja, kuliner, pergi ke tempat wisata dengan fasilitas super canggi. Maka tidak ada salahnya jika Anda memilih untuk pergi ke lokasi cagar alam yang ada di negara Singapura. Disini Anda bisa menikmati suasana hutan dengan berbagai flora dan fauna yang masih sangat terjaga.

Apa Itu Bukit Timah Nature Reserves?

Bukit Timah Nature Reserves atau Cagar Alam Bukit Timah Singapura adalah lokasi cagar alam dengan luas 1,64 km persegi yang terletak tidak jauh dari pusat geografis kota Singapura. Cagar alam ini terletak di lereng gunung Bukit Timah yang menjadi bukit tertinggi di Singapura dengan ketinggian sekitar 163,63 meter. Jika ditempuh, jarak cagar akan ini sekitar 12 km dari Downtown Core yang menjadi pusat distrik bisnis di Singapura.

Meskipun memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, namun cagar alam ini menjadi satu-satunya kawasan hutan hujan primer terbesar yang ada di negara Singapura. Bahkan kawasan hutan lindung disini secara resmi telah dinyatakan sebagai taman hutan warisan ASEAN di tahun 2011. Saat ini cagar alam disini dijadikan sebagai kawasan hutan lindung sekaligus lokasi yang dapat dikunjungi bagi para wisatawan lokal maupun manca negara.

Berkaitan dengan nama Bukit Timah, banyak orang yang salah menduga tentang kawasan ini. Dimana meskipun mengandung kata ‘Timah’ nyatanya kawasan cagar alam disini tidak memiliki cadangan timah sama sekali. Bahkan dulunya Bukit Timah dijadikan sebagai salah satu lokasi yang lebih banyak difungsikan sebagai area pertambangan batu granit hingga bertahun-tahun dan mulai dihentikan dan diubah fungsi menjadi kawasan cagar alam dan tempat rekreasi.

Didirikan pada tahun 1883, cagar alam ini menjadi salah satu kawasan alam paling produktif di negara Singapura. Dimana ada sekitar 840 lebih flora dan 500 lebih jenis fauna yang ada di kawasan cagar alam ini. Bahkan dengan banyaknya ekosistem yang ada di kawasan tersebut. Saat ini cagar alam Bukit Timah menjadi salah satu lokasi tujuan bagi para wisatawan. Tempat ini mampu menawarkan pengalaman yang berbeda khususnya untuk wisata Singapura.

Apa yang Bisa Dilakukan Di Bukit Timah Nature Reserves Singapore?

Sebagai salah satu lokasi yang dibuka untuk tempat rekreasi. Tentu ada banyak hal yang bisa dilakukan disini. Namun, mengingat kawasan ini menjadi lokasi cagar alam tentu terdapat sejumlah aturan dan pembatasan aktivitas yang diterapkan disini. Dimana hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk melindungi kawasan hutan agar tetap terjaga kealamiannya.

Kawasan cagar alam Bukit Timah ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi wisata bagi Anda yang ingin berpetualang ke alam. Bahkan tempat ini seringkali dijadikan sebagai lokasi untuk mendapatkan spot-spot foto menarik yang berhubungan dengan alam terbuka. Agar kegiatan Anda lebih seru, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Bukit Timah Singapura:

• Pendakian

Bukit Timah Singapore menjadi salah satu spot pendakian yang banyak dikunjungi. Dimana di musim liburan tempat ini lebih banyak dipadati oleh para pendaki yang ingin melakukan aktivitas pendakian di bukit tertinggi yang ada di negara Singapura ini. Jika Anda merupakan orang yang suka dengan aktivitas pendakian, maka tak ada salahnya untuk mencoba mendaki bukit ini.

• Bersepeda

Selain mendaki, aktivitas lain yang bisa Anda lakukan disini adalah mengelilingi kawasan Bukit Timah dengan cara bersepeda. Kawasan ini menyediakan jalur khusus yang dapat dilalui dengan sepeda gunung. Dimana Anda bisa menikmati kecantikan kawasan Bukit Timah dengan melihat pemandangan cantik bekas tambang yang ada disini.

• Melihat Ragam Flora dan Fauna

Sebagai cagar alam yang terlindungi, kawasan Bukit Timah Nature Reserves memiliki sejumlah flora dan fauna di dalamnya. Dimana setiap pengunjung yang datang kesini mereka bisa melihat ragam flora dan fauna yang ada, seperti burung, lebah kayu, monyet, tanaman rotan, pohon ara, macarangan, dan masih banyak lagi.

• Melihat Keindahan Danau Granit dengan Pemandangan yang Sangat Cantik

Saat berkunjung ke Bukit Timah, maka jangan lewatkan keindahan Danau Granit yang ada di area Hindhede Nature Park Singapore. Dimana kawasan ini merupakan lokasi bekas tambang yang telah terisi air sehingga menghasilkan warna hijau kebiruan dengan pemadangan cantik yang ada di sekitarnya. Tempat ini menjadi spot terbaik untuk Anda yang gemar mengabadikan momen berfoto.

Lokasi

Lokasi Bukit Timah Nature Reserves terletak di lereng gunung Bukit Timah, Hindhede Dr, Singapore. Sekitar 12 km dari Downtown Core pusat distrik bisnis di Singapura.

Jam Operasional

Untuk jam buka Bukit Timah Nature Reserves sendiri dimulai dari pukul 06.00 – 19.00 malam.

Cara Menuju ke Bukit Timah Nature Reserves

• MRT: Untuk Anda yang ingin menggunakan MRT, maka ambil jurusan Downtown Line menuju Beauty World Station MRT. Setelah itu, Anda bisa berjalan kaki menuju kawasan cagar alam Bukit Timah.
• Bus: Jika ingin naik bus, silahkan menggunakan Bus Land Transport Authority dengan nomor 67, 170, 171.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.