Cara Agar Liburan Lebih Produktif

Bagi pelajar maupun mahasiswa, tentunya memiliki waktu liburan yang cukup panjang. Masa liburan biasanya berlangsung selama kurang lebih 1 bulan. Dalam waktu yang lama tersebut, tentunya tidak mungkin Anda berdiam diri di rumah dan tidak melakukan apapun. Daripada Anda membuang waktu dengan percuma, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat liburan Anda menjadi lebih produktif. Berikut ini 7 hal yang bisa Anda lakukan ketika liburan agar produktif.

1.     Ikut magang

Bagi Anda yang menjadi mahasiswa di sebuah universitas, tentu akan ada beberapa selebaran yang menawarkan program magang. Magang ini sangat berguna, Anda bisa mengetahui kemampuan Anda dalam kehidupan kerja pada umumnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan relasi baru selama magang. Carilah tempat magang yang menyediakan sistem internship selama liburan. Anda akan mendapatkan banyak hal, mulai dari pengalaman baru, relasi baru dan yang lainnya. Beberapa sistem internship bahkan menyediakan uang saku untuk pegawai magang. Pilihlah pekerjaan magang yang memang bisa membuat Anda bersemangat untuk melakukannya. Jangan sampai Anda malah mengacaukan liburan dengan suasana magang yang tidak menyenangkan.

2.     Membuat Daftar Kegiatan

Agar liburan Anda bisa lebih produktif, maka Anda harus membuat daftar kegiatan. Apa saja yang ingin Anda lakukan dan jam berapa Anda akan melakukannya bisa dimasukkan dalam to do list. Anda juga bisa memasukkan apa menu makanan yang ingin Anda buat untuk hari ini, besok, lusa dan seterusnya. Agar tidak boros, masukkan juga berapa pengeluaran maksimal yang bisa Anda keluarkan dalam jangka waktu tertentu. Hiaslah daftar kegiatan ini agar semangat untuk melakukannya.

3.     Bersih-bersih

Percaya atau tidak, bersih-bersih bisa membawa semangat dan aura positif bagi beberapa orang. Kalau Anda merasa bahwa selama ini rumah atau kamar Anda terlalu berantakan, maka liburan adalah kesempatan yang tepat untuk membersihkannya. Anda bisa mengubah layout secara keseluruhan, mengganti warna dinding, hingga menambahkan properti baru. Apabila Anda ingin mengubah tatanan secara keseluruhan, maka Anda bisa memindahkan terlebih dahulu properti yang besar seperti lemari atau rak buku. Tempelkan hiasan-hiasan tertentu yang bisa membuat Anda betah untuk ada di kamar. Jangan lupa untuk memperbaiki penerangan atau lampu. Jika bisa, gunakan dua jenis lampu, yakni lampu biasa dan lampu baca.

4.     Pergi ke perpustakaan

Untuk sejenak, lupakan bahwa Anda memiliki sebuah alat canggih bernama smartphone. Luangkan waktu sejenak untuk pergi ke perpustakaan. Tidak harus membaca buku yang serius, Anda bisa membaca jenis buku apapun yang Anda inginkan. Anda bisa membaca komik atau novel fiksi. Membaca sebuah buku yang Anda sukai bisa membuat otak beristirahat dan lebih rileks. Pilih posisi yang paling nyaman dan sehat untuk membaca. Beberapa orang lebih memilih untuk membaca buku di perpustakaan dibandingkan membeli buku dan dibaca dirumah. Suasana hening dan tenang yang ada di perpustakaan akan membuat Anda lebih betah dan ingin berlama-lama.

5.     Mengeksplor hobi

Apa hobi Anda? Kenali terlebih dahulu apa kegiatan yang suka Anda lakukan, misalnya saja memotret sesuatu atau melakukan olahraga. Apapun hobi yang Anda miliki, tentu bisa dikembangkan saat liburan. Mungkin di hari-hari biasa Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengembangkan dan mengeksplor hobi tersebut. Tetapi, Anda memiliki banyak sekali waktu luang saat liburan. Gunakanlah kesempatan ini dengan baik. Apabila Anda suka melakukan olahraga, maka Anda bisa bergabung dengan teman-teman untuk main olahraga bersama. Kalau ingin sendirian, maka Anda bisa ke gym atau taman di sekitar yang menyediakan fasilitas olahraga untuk publik. Selain membuat tubuh semakin sehat dan rileks, mengeksplor hobi juga bisa membantu Anda untuk ‘membunuh’ waktu liburan yang membosankan.

6.     Les

Kedengarannya memang membosankan dan terlalu serius untuk liburan. Padahal, mengikuti les tidak harus berkaitan dengan akademik. Anda bisa mengikuti les lain, misalnya les bermain musik atau les berbahasa asing. Ikutilah kursus sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Apa yang bisa membuat Anda tertarik, maka ikutilah. Kalau Anda ingin untuk bisa bermain alat musik dengan baik, maka Anda bisa ikut les musik. Ada beberapa tempat les yang menyediakan paket khusus untuk les di waktu-waktu liburan. Anda bisa mendapatkan harga paket yang tentunya lebih murah. Tidak hanya mendapatkan ilmu baru, Anda bisa mendapatkan teman baru selama les liburan ini.

7.     Relaksasi

Masing-masing orang memiliki caranya masing-masing untuk melakukan relaksasi. Ada orang yang pergi ke mall untuk merilekskan pikirannya. Ada juga orang yang pergi ke perpustakaan untuk mendapatkan suasana yang hening dan tenang. Pilih cara relaksasi sesuai dengan yang Anda butuhkan. Rutinitas dan segala tanggung jawab yang sudah Anda tanggung selama ini bisa dilepaskan selama proses relaksasi. Tidak ada salahnya untuk berwisata sebentar dengan tujuan menyiapkan tubuh agar bisa menyambut hari dengan lebih baik. Tidak perlu jauh, Anda bisa pergi sekedar ke taman dan berjalan-jalan disana. Kalau tidak ingin sendirian, maka ajaklah keluarga atau teman untuk melakukan relaksasi bersama dengan Anda.

Itu dia 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat liburan menjadi lebih produktif. Selama Anda bergerak dan memanfaatkan waktu dengan baik, maka Anda sudah membuat liburan menjadi lebih berguna dan produktif. Carilah motivasi atau dasar yang bisa Anda pegang untuk melakukan hal-hal diatas. Apabila Anda memiliki semangat yang besar, maka liburan akan terlewati dengan mudah dan dihabiskan dengan hal-hal positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.