test
Home Tip Imigrasi & Cukai Cara Membuat Paspor Online

Cara Membuat Paspor Online

Formulir Pendaftaran Online (imigrasi.go.id)

Membuat paspor kadang ribet, butuh waktu lama, dan bolak-balik ke kantor imigrasi. Tak heran banyak orang memilih jalan pintas memakai calo untuk membuat paspor.

Namun sekarang ada cara membuat paspor yang mengurangi sedikit keribetan tersebut, yaitu dengan membuat paspor secara online.

Membuat paspor secara online, pada dasarnya sama dengan membuat paspor seperti biasa, hanya saja bisa menghemat waktu beberapa hari karena data telah kita scan dan upload sendiri.

Pada dasarnya ada empat tahap pembuatan paspor. Pertama pendaftaran dan verifikasi dokumen. Kedua pembayaran. Ketiga wawancara, foto, dan pengambilan sidik jari. Keempat pengambilan paspor. Khusus untuk pembuatan paspor online, pendaftaran awal bisa dilakukan lewat internet.

Pendaftaran Online

Sebelum melakukan pendaftaran online, anda perlu mempersiapkan dokumen persyaratannya terlebih dahulu. Dokumen-dokumen yang wajib anda persiapkan yaitu: KTP, KK, ijazah, akte kelahiran, surat rekomendasi dari tempat bekerja, akte nikah/cerai (bagi yang sudah menikah), surat ganti nama (bagi yang pernah ganti nama), dan paspor lama (bagi yang pernah membuat paspor)

Syarat-syarat di atas adalah syarat utama yang harus ada, dan wajib dibawa dokumen asli-nya ketika verifikasi dokumen. Untuk lebih lengkap silakan baca syarat membuat paspor.

Dokumen di atas kemudian di-scan, ke dalam gray scale (tidak berwana dan bukan hitam putih), dalam format JPG dengan ukuran maksimal 300KB.

Kemudian kunjungi situs imigrasi http://www.imigrasi.go.id, cari menu “Layanan Permohonan Paspor Online”. Klik menu tersebut dan keluar beberapa pilihan menu lainnya, pilih “Pra Permohonan Personal”

Isi formulir tersebut dengan baik dan benar. Klik di sini untuk petunjuk pengisian formulir online.

Setelah selesai pendaftaran anda akan mendapatkan bukti permohonan. Print bukti permohonan itu untuk melakukan verifikasi dokumen.

Verifikasi Dokumen

Dalam bukti permohonan di atas, tertulis hari dan kantor imigrasi tempat verifikasi dokumen. Datanglah ke kantor imigrasi pada hari tersebut, pagi-pagi sekali.

Jangan lupa bawa dokumen aslinya, dan bila perlu dokumen difotokopi terlebih dahulu, untuk KTP difotokopi satu halaman di kertas A4 tanpa dipotong. Fotokopi tersebut sebagai jaga-jaga karena beberapa kantor imigrasi membutuhkan fotokopi dokumen walaupun sudah mendaftar online.

Datanglah sekitar jam 7 pagi, supaya anda bisa mendapatkan nomor antrian awal, dan bisa langsung membayar serta wawancara/foto hari itu juga. Untuk kantor imigrasi yang rame kadang ada yang sudah datang jam 6 pagi.

Sesampai di kantor imigrasi pagi-pagi sekali, mintalah nomor antrian, dan formulir pendataran. Walaupun anda sudah mendaftar online, ada beberapa kantor imigrasi mewajibkan pemohon untuk mengisi formulir pendaftaran manual.

Kemudian dokumen anda akan diverifikasi oleh petugas. Setelah semua dokumen benar dan lengkap, anda akan diberi bukti verifikasi dokumen, di situ tertera tanggal kapan anda harus membayar dan wawancara/foto.

Di sinilah kelebihan pendaftaran online, bila anda datang pagi-pagi anda bisa membayar dan wawancara/foto pada hari itu juga.

Pembayaran

Dengan membawa bukti di atas, segeralah anda ke kasir untuk membayar. Tentu saja anda harus antri lagi di loket pembayaran. Itulah mengapa anda harus datang pagi-pagi, agar antrian di loket pembayaran tidak panjang.

Biaya pembuatan paspor biasa 48 halaman adalah Rp 255.000,-; untuk paspor elektronik 48 halaman biayanya Rp 655.000,-. Untuk informasi lebih lanjut silakan baca harga pembuatan paspor.

Setelah selesai pembayaran anda diberi kuitansi pembayaran.

Wawancara/Foto/Pengambilan Sidik Jadi

Setelah mendapat kuitansi pembayaran, segeralah ke loket wawancara/foto. Di loket ini anda harus antri lagi, kadang antrinya bisa sampai sore hari, karena banyaknya pemohon.

Dalam sesi ini, anda akan diwawancara sedikit tentang keperluan pembuatan paspor, pengecekan nama, pekerjaan, dll. Wawancara singkat ini bukan seperti wawancara kerja, jadi jangan tegang.

Setelah wawancara, kemudian diambil foto, dan sidik jarinya. Setelah selesai sesi ini anda akan diberi bukti untuk pengambilan 3-4 hari lagi.

Pengambilan Paspor

Pada umumnya paspor jadi 3-4 hari setelah sesi wawancara/foto, namun kadang bisa seminggu baru jadi, tergantung banyaknya pemohonan di kantor imigrasi tersebut.

Kadang paspor anda belum jadi karena ada persyaratan yang kurang, jadi anda harus cek terlebih dahulu statusnya. Agar tidak bolak-balik ke kantor imigrasi anda bisa mengecek status paspor secara online, dengan mengunjungi situs http://www.imigrasi.go.id, cari menu “Layanan Permohonan Paspor Online”, kemudian klik “Status Permohonan Online”.

Info Lebih Lanjut

28 COMMENTS

  1. sore, saya mau tanya. rencana saya dan teman saya mau buat paspor. tahap pertama yg saya ingin lakukan adalah melalui paspor online. apa saat sampai di sana saya harus membeli form dan map untuk mengisi data lagi?
    1 lagi, saya punya sdikit kendala. teman saya yg ingin buat datanya agak sedikit beda. di KTP dan KK namanya kurang spasi (contoh: dewi ayulestari). tetapi di AKTE dan ijazah namanya benar (contoh: dewi ayu lestari). apa saat pembuatan nanti nama tersebut akan di permasalahkan? mohon jawabannya. terima kasih

    • Silakan upload dulu data-datanya di paspor online. Tiap kantor imigrasi kebijakannya berbeda-beda, ada yang perlu beli map + formulir dahulu, ada yang tidak.
      Untuk nama biasanya disesuaikan dengan nama akte dan ijazah.

    • Bisa, silakan langsung ke imigrasi saja. Yang penting nanti tiket di pesawat yang keluar negeri, namanya harus sama dengan nama di paspor.

  2. mas gmn kalo aku sdh gak kuliah lg (wisuda) dan blm bekerja? sedangkan hrs menyertakan surat dr instasi tempat bekerja/surat dr TU kmps. atau aku bisa pakai ijazah aja mas? thanks..

  3. Maaf min,,saya jg Mau Tanya
    Saya Mau bikin passport buat anak saya
    Tapi persyaratan Nya kok ribet bgt ya,Klo yg udah punya anak trs bercerai hrs Ada Surat janda n Hak asuh anak,,,lah Klo udah nikah lg,,,jd gmna tuch?? Sdngkn d kata lahir c anak n KK tercantum Nama ayah kndungnya,,jd gmna tuch???

    Mksh

  4. dear admin..
    saya blm prnh buat paspor. tdk pny npwp. tp td saya ud baca kata admin ga prlu npwp.
    tp utk syarat rekomendasi sy tdk bekerja. lalu bagaimana solusinya biasa nya kalau bgtu? saya jg tdk menikah min.
    trimakasih sblmnya utk info dan arahannya..

    • Dear admin.. maaf saya baru baca ini.

      – wiraswasta/ freelance/ tidak bekerja/ pekerjaan lainnya, menyertakan surat keterangan dari kelurahan

      Berikut adalah syarat yang disertakan bila diperlukan (opsional):
      Surat pernyataan tidak akan mencari kerja di luar negeri, bagi anda yang pekerjaannya wiraswasta/freelance/tidak bekerja

      Jd ini yg hrs disediakan kalau tdk bekerja.
      Tp min ntr dikelurahannya utk buat surat keterangan spt ini apakah mrk sudah tau dan kalau tdk bekerja biasanya keterangan yg bagaimana yg akan dituliskan?
      apa ditulisnya pedagang *pengangguran dalam gang? (becanda min.)

      lalu surat pernyataan opsional itu dibuat nya dikantor imigrasi nya atau bgmn min?

      Makasih admin..

      • Untuk surat dari kelurahan silakan hubungi keluarahannya langsung.

        Untuk surat yang opsional, kadang diminta kadang tidak, tergantung kebijakan kantor imigrasi setempat.

  5. saya mau nanya…kalau membuat passport untuk anak yang ingin kuliah/sekolah ke luar negri, tapi masih berusia 16 tahun, dan orangtua tidak punya passport, bisa nggak ya..? thanks…

    • Bisa. Silakan minta surat pengantar dari sekolah untuk membuat paspor. Kemudian datang ke imigrasi terdekat beserta syarat-syaratnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Category

Most Popular

Kidzania Singapore, Wisata Anak yang Paling Brilian

KidZania Singapore adalah sebuah tempat wisata edukatif untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak sekaligus cita-cita mereka. Konsep role playing dengan 60 tema keren di...

Bercengkrama dengan Alam di Sentosa Nature Discovery

Sentosa Island adalah sebuah pulau di Singapura yang direklamasi dan direkayasa menjadi kawasan wisata untuk para turis lokal dan internasional. Di pulau kecil ini terdapat banyak wahana seru untuk...

Tanya Jawab Untuk Yang Pertama Ke Singapore

Kadang bila bepergian pertama kali ke negara lain, kita punya perasaan takut kalau-kalau terjadi kejadian tidak mengenakan di luar negeri. Agar hal tersebut tidak...

Pertanyaan Seputar MRT di Singapore

MRT adalah salah satu alat transportasi utama di Singapura. MRT adalah jaringan kereta yang menghubungkan banyak tempat di Singapura. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering...

What's New

Tips Persiapan Traveling ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri lebih diminati pada saat ini karena harga tiket pesawat keluar negeri jauh lebih murah daripada tiket pesawat di dalam negeri....

15 Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Malaysia

Malaysia adalah negara tetangga Indonesia yang memiliki potensi wisata menarik dan beragam seperti Indonesia. Wilayah Malaysia tidak seluas Indonesia, tetapi Malaysia memiliki berbagai macam...

13 Tempat Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Thailand

Thailand menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan asing terutama wisatawan dari Eropa karena keindahan dan keunikan yang dimilikinya. Land of Smiles adalah sebutan...

4 Show Terbaik Wajib Lihat Saat Berlibur di Universal Studio Singapura

Universal Studio adalah salah satu lokasi wisata favorit yang wajib masuk dalam list itinerary. Rasanya tidak puas apabila datang ke Singapura tapi melewatkan lokasi...