Cara Naik Grab di Singapore

12019 / Pixabay

Free-Photos / Pixabay

Sebagai salah satu negara maju di kawasan Asia, Singapore juga memiliki sistem transportasi yang terbilang sangat baik. Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis transportasi di negara ini, misalnya saja seperti MRT,LRT, taxi, bus kota, bahkan transportasi berbasis online seperti Grab. Jika saat ini transportasi online menjadi pilihan bagi kebanyakan orang. Lantas, bagaimana cara naik Grab di Singapore? Apakah cara naik Grab Singapore sama dengan di Indonesia?

Grab yang sebelumnya dikenal dengan nama Grab Taxi, yang saat itu menjadi salah satu platform dari O2O yang berlokasi di Singapore dan menjadi salah satu jenis transportasi yang paling banyak digunakan di kawasan Asia Tenggara. Grab Taxi menyediakan berbagai layanan untuk membantu kebutuhan manusia sehari-hari terutama dalam urusan transportasi, seperti transportasi perjalanan, pengiriman barang, pesan antar makanan, hingga pembayaran dengan sistem dompet digital.

Mengingat kebutuhan transportasi yang semakin tinggi, Grab terus mengembangkan sayapnya di berbagai negara-negara yang ada di Asia, seperti Indonesia, Singapore, Malaysia, Filiphina, Vietnam, Thailand, Kamboja, Myanmar, dan negara-negara lain di Asia.

Di Singapore sendiri, Grab menyediakan beberapa layanan dalam bentuk pemesanan transportasi via online, seperti Grab Bike, Grab Car, Grab Taxi, Grab Food, Grab Express, dan Grab Hitch Car. Dimana Anda bisa dengan mudah menggunakan layanan transportasi online ini untuk mengantar ke tempat atau lokasi tujuan Anda.

Cara Naik Grab di Singapore

Tidak berbada jauh dengan Indonesia, naik Grab Singapore juga dapat Anda lakukan dengan sangat mudah. Bahkan layanan transportasi online ini sangat terkenal di negara Singapore dibanding transportasi online pesaingnya, seperti Gojek dan Uber. Mengingat hal tersebut, tentu Grab bisa menjadi salah satu transportasi pilihan terbaik saat Anda bertandang ke Singapore.

Bahkan transportasi online ini bisa lebih efisien mengingat ongkosnya yang lebih murah dibanding transportasi jenis lain. Apalagi jika digunakan lebih dari 1 orang, tentu ongkosnya dapat ditanggung dengan jumlah penumpang lain. Lalu, apakah cara naik Grab di Singapore sama dengan di Indonesia?

Untuk Anda yang belum terbiasa naik Grab di luar negeri, seperti di Singapore. Maka tidak perlu takut dan kuatir. Dimana layanan transportasi online ini bisa Anda gunakan dengan sistem dan cara yang hampir sama di setiap negara. Bahkan untuk Anda yang sering naik Grab di Indonesia, cara naik Grab di Singapura akan lebih mudah Anda lakukan.

Namun, jika sebelumnya Anda belum pernah menggunakan layanan Grab dan ingin mencobanya di Singapore. Berikut cara naik Grab di negara Singapore:

1. Pertama, untuk bisa menggunakan layanan transportasi online seperti Grab, Anda harus memiliki aplikasi Grab terlebih dahulu dengan cara mendownload via Play Store. Namun jika sebelumnya Anda merupakan pelanggan Grab di Indonesia. Maka aplikasi Grab bisa langsung Anda gunakan tanpa harus mendownload ulang.

2. Yang harus diingat, jika ingin menggunakan aplikasi Grab ataupun transportasi online lainnya. Maka Anda harus menggunakan SimCard lokal negara tersebut. Tujuannya adalah agar driver bisa dengan mudah menghubungi atau menelpon Anda. Karena biasanya untuk memastikan pesanannya tersebut. Sang driver akan menghubungi Anda terlebih dahulu. Jika tidak menggunakan nomor lokal, tentu driver akan kesulitan atau bahkan tidak merespon pesanan Grab yang sudah Anda terima.

3. Setelah menggunakan SimCard lokal, Anda bisa langsung mengganti setting profil dengan nomor lokal yang Anda miliki. Baru setelah itu aplikasi Grab dapat Anda gunakan dengan baik.

4. Untuk pembayaran Grab sendiri bisa dengan menggunakan kartu kredit ataupun pembayaran cash. Namun untuk Anda yang ingin membayar secara cash, maka Anda harus memiliki uang SGD yang bisa ditukarkan di bank atau bandara terdekat. Namun, jika memiliki kartu kredit, sebaiknya gunakan kartu kredit saja karena lebih praktis.

5. Sedangkan untuk cara booking Grab, sama dengan ketika Anda booking Grab di Indonesia, yaitu dengan memasukkan lokasi tujuan yang ingin Anda datangi. Setelah itu, pilih layanan Grab yang diinginkan, misalnya seperti Grab Bike untuk ojek motor atau Grab Car untuk mobil. Anda juga bisa melihat berapa banyak driver Grab terdekat di lokasi tersebut.

6. Setelah itu, accept driver yang terhubung ke Anda. Lalu driver akan menghubungi Anda untuk konfirmasi lokasi penjemputan. Anda bisa melihat posisi driver lewat peta Grab yang tersedia.

7. Untuk yang mengalami masalah seperti reject atau pembatalan dari pihak driver. Jangan kuatir, Anda bisa langsung menggunakan fitur klaim dengan cara klik pada bagian help untuk melaporkan permasalahan pada aplikasi tersebut. Maka beberapa saat kemudian uang charge atas pembatalan dari driver akan kembali.

Cukup mudah bukan cara naik Grab di Singapore? Bahkan caranya hampir sama dengan baik Grab di Indonesia. Jadi, untuk Anda yang sudah terbiasa naik layanan Grab. Tentu bisa langsung menggunakan layanan ini sebagai transportasi online terbaik selama di Singapore.

Bahkan selain itu, Grab yang menjadi salah satu transportasi online yang cukup banyak dipilih. Tentu akan lebih mudah untuk Anda temui disana. Apalagi mengingat negara Singapore yang tidak terlalu luas. Namun, bagaimana dengan perbandingan harga Grab dengan transportasi lain? Mana yang lebih murah antara naik Grab dengan taxi di Singapore?

Jika dilihat dari perbandingan harganya, Grab dan Taxi memiliki kisaran harga yang tidak berbada jauh. Bahkan bisa lebih murah Grab jika Anda menggunakan layanan Grab Share, yaitu layanan berbagi dengan penumpang lain. Untuk biayanya sendiri bisa ditanggung dengan jumlah penumpang lain sehingga lebih murah dan hemat.

2 thoughts on “Cara Naik Grab di Singapore

  1. Apakah naik Grabcar di SGP bisa / mau menampung langsung 5 orang dalam 1 mobil ?
    Biasanya mobil yg dipakai disana jenis mobil apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.