Daftar Peserta Klub Liga Utama Singapura

Woodlands Wellington FC

Berlibur ke Singapura dan anda ingin mencoba menikmati pertandingan olahraga di sana? Maka anda tidak boleh melewatkan pertandingan sepakbola di negara Singa ini. Masyarakat Singapura juga memiliki liga Singapura yang mempertandingkan beberapa klub sepakbola dari berbagai wilayahnya. Pertandingan klub dalam liga Singapura ini bisa menjadi jenis wisata menarik untuk anda yang menyukai olahraga dan pertandingannya yang seru. Pertandingan dalam liga Singapura juga dibagi menjadi beberapa tingkat. Tentu saja tingkat yang paling pertama adalah liga utama Singapura. Liga utama Singapura ini yang pertandingannya banyak menarik minat penonton.

Anda tertarik ingin menyaksikan pertandingan liga utama Singapura ketika berada di sana? Jika iya, maka tidak ada salahnya anda mengetahui dahulu siapa saja peserta klub liga utama Singapura ini sebelumnya. Dengan mengetahui daftar peserta klub liga utama Singapura, anda bisa mencari lebih mudah jadwal pertandingan dan di mana pertandingan dilakukan. Sangat menarik bukan menjadwalkan menontong sepakbola di negara tetangga? Jadi jika anda memang berminat untuk mencari tahu nama-nama klub yang tergabung dalam liga utama Singapura, silahkan simak terus penjelasan lengkapnya pada bagian di bawah ini.

Albirex Niigata FC

Daftar Peserta Klub Liga Utama Singapura

Seperti diketahui dan dijelaskan di atas, Singapura memiliki liga utama yang mempertandingkan klub klub yang tergabung di dalamnya. Liga utama Singapura ini pertama kali dibentuk tahun 1996 dan biasanya mempertandingkan sekitar 9 tim. Sebagai kompetisi sepakbola tertinggi di Singapura, liga utama ini akan berlangsung dalam tiga putaran. Beberapa kali juga diundang klub dari Brunei Darussalam, Korea Selatan, Jepang, bahkan Prancis untuk meningkatkan daya saing dari liga utama Singapura ini. Saat ini kurang lebih ada 12 klub langganan liga utama Singapura. Penasaran apa saja grup tersebut? Berikut ini penjelasannya!

  1. Albirex Niigata FC

Klub pertama yang bertanding di liga utama Singapura adalah Albirex Niigata FC. Klub ini adalah klub satelit dari klub bernama sama di Jepang. Pertama kali dibentuk tahun 2004 dan kini bermarkas di Jurong East Stadium dengan kapasitas penonton hingga 2700 orang.

  1. Balestier Khalsa FC

Berikutnya ada juga klub Balestier Khalsa FC yang masih bertanding di liga utama Singapura hingga kini. Klub ini berdiri tahun 1898 dan memiliki markas di Staion Toa Payoh setelah sebelumnya selalu bertanding di Balesier Central. Kapasitas stadionnya mencapai hingga 3000.

  1. Beijing Guoan Talent

Ada juga klub asal Beijing yang sengaja dibentuk untuk bertanding di Singapura bernama Beijing Guoan Talent. Klub ini pertama kali tergabung dalam liga utama Singapura di tahun 2010 dan sekarang bermarkas di Stadion Yishun yang berkapasitas hingga 3400 penonton.

  1. Etoile FC

Ini adalah klub asal Prancis yang sengaja dibentuk untuk bergabung dalam liga utama Singapura. Klub ini pertama kali dibentuk tahun 2010 dan kini masih tergabung juga dalam liga utama. Markas klub ini berada di Queenstwon Stadium lokasinya.

  1. Geylang United FC

Anda tentu sudah tidak asing dengan daerah Geylang di Singapura bukan? Ada tim sepakbola yang mengikuti liga utama Singapura dan berasal dari daerah ini bernama Geylang United FC. Tim ini didirikan tahun 1973 dan memiliki markas di daerah Bedok yang dinamakan sebagai Stadiun Bedok.

  1. Gombak United FC

Salah satu klub sepakbola tertua di Singapura adalah Gombak United FC. Pertama kali didirikan tahun 1960an dan sempat dibubarkan tahun 2013 namun kini kembali tergabung dalam liga utama. Memiliki markas di Jurong West Stadium dengan kapasitas sejumlah 3178 penonton.

Home United FC

  1. Home United FC

Ada juga klub yang populer dikenal sebagai Sang Pelindung bernama Home United FC. Klub yang satu ini dibangun tahun 1995 dan hingga kini masih terlibat dalam liga utama Singapura. Markas dari klub yang satu ini berlokasi di Stadiun Bishan.

  1. Sengkang Punggol FC

Sengkang Punggol FC yang kini bernama Hougang United FC ini adalah klub yang telah didiirkan sejak tahun 1998. Sebagai klub sepakbola yang sudah cukup tua, Sengkang Punggol masih aktif meramaikan liga dengan markas di daerah Jalan Besar Stadium juga.

  1. Singapore Armed Forces FC (SAFFC)

Sama seperti di Indonesia, liga utama Singapura juga melibatkan klub sepakbola para tentara untuk bertanding. Klub ini dinamakan Singapore Armed Forces FC (SAFFC) yang sebelumnya bernama Warriors FC. Klub ini dibentuk tahun 1996 dan bermarkas di Stadion Choa Chu.

  1. Tampines Rovers FC

Klub berikutnya yang adalah peserta dari liga utama Singapura adalah Tampines Rovers FC. Mulai didirikan tahun 1945 dan memiliki julukan si Kijang membuat klub ini tetap eksis dalam berbagai pertandingan hingga kini. Klub ini memiliki markas di Stadium Clementi.

  1. Woodlands Wellington FC

Anda juga bisa menikmati pertandingan dari Woodlands Wellington FC di liga utama Singapura. Klub ini didirikan tahun 1988 dan merupakan klub yang sangat besar hingga saat ini. Bermarkan di Woodlands Stadium dengan kapasitas yang besar juga mencapai 4300 penonton.

  1. Young Lions

Tim nasional Singapura yang pemainnya memiliki umur di bawah 23 tahun dan bernama Young Lions juga terlibat dalam liga utama ini. Klub ini mulai didirikan tahun 2002 dan di tahun 2003 mulai masuk ke liga utama. Staidum Jalan Besar adalah markas utama dari klub ini.

Jadi itulah tadi sekitar 12 daftar peserta klub liga utama Singapura. Namun tidak semuanya adalah klub asli Singapura, ada beberapa klub yang berasal dari negara lain seperti yang sudah dijelaskan. Anda bisa menikmati pertandingan dari klub klub di atas ketika sedang berada di Singapura. Jadi semakin menarik bukan mengunjungi negara yang satu ini? Selamat menikmati pertandingan sepak bola di negeri tetangga ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.