Jenis Singapore Work Pass yang Perlu Diketahui

Jenis Work Pass di Singapore

Bekerja di luar negeri ternyata membutuhkan banyak perizinan yang harus didapatkan dan diproses dengan lengkap. Tidak hanya mengenai izin kerja (work permit), anda yang ingin bekerja ke luar negeri juga harus mempelajari jenis izin masuk seperti apa yang harus anda dapatkan. Izin masuk (pass) ini berbeda-beda sesuai dengan tujuan anda datang ke suatu negara. Pastinya jika tujuan anda adalah untuk bekerja, maka izin masuk yang harus anda dapatkan adalah jenis work pass atau mungkin berbeda istilah sedikit di beberapa negara. Khusus bagi anda yang ingin bekerja di Singapura, maka anda pun harus mengurus Singapore work pass ini.

Apakah anda salah satu masyarakat Indonesia yang memiliki rencana untuk bekerja di Singapura? Jika iya, maka anda bisa mempelajari terlebih dahulu apa saja jenis-jenis Singapore work pass yang berlaku dan jenis seperti apa yang akan anda dapatkan, serta syarat dan ketentuannya. Seperti disebutkan sebelumnya, ada banyak jenis jenis Singapore work pass yang berbeda sesuai dengan pekerjaan yang anda dapatkan dan informasi lain terkait pekerjaan tersebut. Anda yang tertarik ingin mempelajari mengenai work pass ini lebih dahulu bisa mempelajarinya langsung dari website pemerintahan Singapura. Atau anda juga mempelajari rangkumannya melalui pembahasan berikut ini.

Jenis Singapore Work Pass

4 Jenis Singapore Work Pass yang Perlu Diketahui

Telah disebutkan sebelumnya bahwa setiap orang bisa mendapatkan izin kerja dan izin masuk yang berbeda untuk pekerjaan yang didapatkannya. Informasi ini penting namun terkadang tidak lengkap bisa ditemukan mengenai apa saja yang diberikan oleh jenis work pass tersebut masing-masing. Oleh sebab itulah, anda membutuhkan pengetahuan mengenai setidaknya 4 jenis Singapore work pass yang berlaku hingga saat ini. Bagian berikut akan mencoba menjelaskannya untuk membantu anda dalam memahami perizinan masuk dan kerja di Singapura.

  • Miscellaneous Work Pass

Jenis work pass pertama yang bisa didapatkan bernama miscellaneous work pass. Izin bekerja ini diberikan pada warga negara asing yang akan melakukan tugas kerja dalam jangka waktu pendek di Singapura. Izin kerja jangka waktu pendek di Singapura dijelaskan sebagai pekerjaan yang berlangsung maksimal hingga 60 hari lamanya.

  • Work Pass Exempt Activities

Ada juga jenis work pass yang diberikan untuk kegiatan kerja jangka pendek namun tidak perlu anda mengurus work pass secara langsung. Hal ini disebut sebagai work pass exempt activities, pengecualian pekerjaan untuk warga negara asing tertentu. Namun tetap harus melaporkan apa saja jenis kegiatan kerja tersebut.

  • Work Pass Exemption for Foreign Students

Ada lagi work pass yang diberikan untuk para siswa atau mahasiswa warga negara asing yang melanjutkan pendidikannya di Singapurra. Namun jenis siswa atau mahasiswa yang berhak mendapatkan work pass ini adalah mereka yang melanjutkan pendidikan full-time dan atau telah diterima di sekolah dan kampus di Singapura.

  • Work Passes for Holders of Long Term Visit Passes Issued by ICA

Berikutnya ada juga work pass untuk pemegang izin masuk jangka panjang ke Singapura dari ICA. Biasanya jenis izin masuk seperti ini didapatkan oleh warga negara asing yang menikah dengan warga negara Singapura atau warga tinggal permanen, atau juga bisa orangtua yang memiliki anak yang melanjutkan sekolah di Singapura.

Bagaimana menurut anda, apakah anda bisa mendapatkan salah satu dari jenis jenis Singapore work pass di atas? Sekarang perhatikan apa saja jenis peluang kerja yang banyak ditawarkan di Singapura. Informasi ini akan sangat membantu anda dalam menentukan pekerjaan apa di Singapura yang sesuai dengan kemampuan anda dan bagaimana mendapatkan work permit and pass di sana. Jadi tetap simak informasi dalam pembahasan ini selanjutnya.

Singapore Work Pass

Berbagai Macam Peluang Kerja di Singapura

Seperti disebutkan di atas, ada banyak pekerjaan yang menarik untuk dicoba masyarakat dan semuanya bisa anda coba lamar menjadi pekerjaan anda. Namun mungkin untuk memudahkan anda membedakannya, anda perlu mengetahui macam peluang kerja di Singapura saat ini. Informasi itu yang akan coba dijelaskan di bagian berikut dan menjadi panduan anda dalam memilih pekerjaan. Semoga bisa bermanfaat informasinya untuk anda!

  • Bidang Pendidikan

Anda berencana melanjutkan pekerjaan di Singapura? Maka pertimbangkanlah bekerja di bidang pendidikan, jika anda memiliki pengalaman dan latar belakang di bidang tersebut. Pendidikan di Singapura merupakan bidang yang sangat fokus dikembangkan dan bisa menjadi tempat anda mengembangkan karir profesional anda.

  • Bidang Entertainment

Selain itu, dunia hiburan di Singapura pun memiliki peluang kerja yang cukup menjanjikan. Singapura memiliki banyak tempat hiburan yang menghasilkan banyak keuntungan untuk negara setiap waktunya. Keuntungan ini yang membuat pekerjaan di bidang entertainment terus menarik banyak peminat bahkan dari luar negeri.

  • Bidang Bisnis

Pastinya sebagai negara yang perkembangan ekonominya sangat pesat, Singapura pun menjadi lokasi tujuan bisnis yang menjanjikan keuntungan. Anda memiliki bisnis yang ingin diperluas? Maka pertimbangkan mengembangkannya di Singapura. Singapura memiliki peluang yang tinggi untuk menyukseskan bisnis anda.

  • Bidang Pariwisata

Terakhir, anda juga bisa mengembangkan karir dan pekerjaan anda di Singapura dalam bidang pariwisata. Pariwisata di Singapura terus dikembangkan dan diperbaiki untuk semakin banyak menarik wisatawan. Itulah mengapa anda yang memiliki ketertarikan dan latar belakang ini, bisa mencari pekerjaan baru anda di Singapura.

Itulah tadi penjelasan yang merupakan rangkuman dari informasi mengenai apa saja jenis jenis Singapore work pass yang bisa anda dapatkan. Jadi sekarang untuk anda yang memiliki rencana bekerja di Singapura bisa mulai mempersiapkan persyaratan untuk memenuhi ketentuan dalam mendapatkan work pass ini. Setelahnya, anda bisa melanjutkan pekerjaan di Singapura sesuai dengan impian anda. Semoga dengan ini anda bisa menjalani pekerjaan yang menyenangkan di negara yang banyak menjadi lokasi idaman untuk seseorang tinggal. Selamat mengumpulkan pengalaman menarik selama bekerja di luar negeri ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.