Home Tujuan Wisata Singapore Kidzania Singapore, Wisata Anak yang Paling Brilian

Kidzania Singapore, Wisata Anak yang Paling Brilian

KidZania Singapore adalah sebuah tempat wisata edukatif untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak sekaligus cita-cita mereka. Konsep role playing dengan 60 tema keren di dalam 7000 meter persegi tempat bermain ini bisa ditemukan di 31 Beach View, #01-01/02, Singapore 098008. Bermain sambil belajar adalah aktivitas yang disukai oleh anak-anak sehingga mereka akan merasakan so much fun. Anak-anak berusia 3 hingga 17 tahun bisa mengetahui dan mencoba semua profesi yang ada di dunia.

Apa saja hal menarik dari KidZania Singapore yang membedakannya dengan Kidzania Indonesia? Simak ulasan artikel ini agar tahu tentang KidZania Singapore yang mungkin akan dikunjungi saat berada di Sentosa Island.

Role Playing Job in Kidzania Singapore

Anak-anak diajak untuk belajar sambil bermain atau experential learning di Kidzania Singapore. Mereka akan melakukan role playing bersama teman-teman sebaya dengan mencoba beberapa profesi. Di Kidzania Singapore, tidak diberlakukan time slot (waktu tertentu) sehingga para pengunjung bisa datang kapan saja asalkan pada jam operasional, yaitu buka setiap hari pukul 10:00-17:00 saja.  Perhatikan juga jadwal maitenance di web ini https://kidzania.com.sg/opening-times-services/ karena tempat ini akan tutup saat ada maintenance.

Anak-anak berusia 4 hingga 12 tahun bisa melakukan role playing sesuai keinginan mereka. Setiap anak akan diberi kredit asalkan anak ini melakukan aktivitas tertentu. Kredit ini bisa digunakan untuk masuk ke berbagai aktivitas dan membeli sesuatu yang diinginkan. Adapun beberapa role play yang paling digemari anak-anak sebagai berikut.

  1. Role Play Menjadi Pilot

Anak-anak bisa menjadi pilot sungguhan karena tersedia pesawat dan peralatan pendukung lainnya di tempat ini. Anak-anak juga bisa memakai seragam pilot lengkap yang juga tersedia di tempat ini.

  1. Role Play Menjadi Koki

Setiap anak yang tertarik dengan kegiatan memasak bisa melakukan role play menjadi koki atau chef. Mereka bisa membuat masakan karena disediakan peralatan dapur seperti koki sungguhan.

  1. Role PlayMenjadi Dokter

Dokter adalah profesi yang diimpikan oleh banyak anak. Di KidZania Singapore, anak-anak boleh mencoba dan mencari tahu tentang profesi dokter sesungguhnya. Tersedia replika alat-alat kedokteran yang bisa digunakan untuk bermain oleh anak-anak. Mereka akan merasa seperti dokter sungguhan.

  1. Role Play Menjadi Detektif

Role play ini pasti disukai oleh anak-anak yang mengidolakan Detective Conan. Ketelitian dan kejelian anak-anak diasah dalam permainan ini. Mereka bisa mengenakan jas atau jaket hitam sehingga akan terlihat misterius.

  1. Acting Academy Theater

Jika si anak ingin menjadi selebritis maka arena ini cocok untuk dimainkan. Tidak hanya menjadi aktris atau actor, anak-anak juga bisa berperan sebagai kru film. Anak-anak akan merasa seperti superstar karena ada banyak kostum yang bisa dipakai.

  1. Fashion Boutique

Anak-anak yang tertarik dengan dunia fashion bisa datang ke tempat ini. Mereka boleh bergaya ala model internasional dengan mengkreasikan gaya dan penampilan sesuai keinginan.

  1. Fire Fighter Station

Menjadi pemadam kebakaran pasti sangat disukai oleh anak-anak. Mereka bisa bermain air karena harus memadamkan api seperti pemadam kebakaran sungguhan.

Tujuan dari Wisata Edukasi Ini

Kidzania memiliki tujuan, yakni membangun karakter anak-anak yang berfokus pada tanggung jawab, komunikasi, social skill, rasa percaya diri, kreatif, dan berpikir logis serta sadar akan keuangan. Kidzania juga ingin membangun life skill yang berfokus pada kemampuan yang tepat guna seperti bahasa inggris, matematika, kuliner, kesehatan, keramahtamahan, dan olahraga karena bermanfaat untuk seumur hidup.

Harga Tiket Masuk KidZania Singapore

Harga tiket yang tertera di loket (Published Rate) sebagai berikut.

  • Untuk dewasa 35 SGD atau sekitar Rp 350.000 per orang sesuai dengan kurs dollar Singapura terkini.
  • Untuk anak 62 SGD atau sekitar Rp 620.000 per anak sesuai dengan kurs dollar Singapura terkini.
  • Untuk lansia 25 SGD atau sekitar Rp 250.000 per orang sesuai dengan kurs dollar Singapura terkini.
  • Anak kecil (infant) di bawah 3 tahun tidak perlu bayar atau gratis.

Transportasi Umum Menuju KidZania Singapore

Alat transportasi yang bisa dinaiki menuju KidZania Singapore adalah Mass Rapid Transit (MRT) menuju Stasiun CC29 Harbourfront/NE1. Perjalanan dilanjutkan dengan transfer atau ganti kereta menjadi Sentosa Express yang berada di Vivocity Level 3 dan turun di Beach Station (pemberhentian terakhir). Lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki mengikuti tanda arah selama 5 menit menuju Palawan Kidz City melalui Coach Park dan Overhide Bridge. Jika tidak ingin berjalan maka Anda bisa naik tram gratis ke arah Palawan Beach (1 stasiun saja).

Tips Penting

Keamanan di tempat ini sangat terjaga. Jadi, anak-anak yang orangtuanya tidak ikut masuk ke dalam karena tidak ingin membayar tiket masuk tidak perlu khawatir. Setiap anak diberikan gelang RFID dan orangtua juga harus memakainya. Anak dapat keluar dari Kidzania jika gelangnya bisa pairing dengan orang dewasa yang menjemputnya. Kemungkinan anak hilang atau diculik sangat kecil. Anak-anak sebaiknya memakainya jaket karena AC di dalam ruangan sangat dingin. Anak-anak sebaiknya memakai celana panjang dan sepatu karena ada aktivitas ketangkasan seperti memanjat sehingga si anak tidak terluka atau lecet apabila terjatuh.

Itulah Kidzania Singapore yang sangat cocok untuk anak-anak. Orangtua sebaiknya memberikan wisata edukasi seperti ini sehingga anak-anak tidak hanya bermain, tetapi ada makna yang bisa disimpan dalam memorinya. Anak-anak akan tahu seperti apa profesi yang ada di dunia sehingga mereka yang belum punya cita-cita mungkin jadi punya cita-cita. Have a nice vacation!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Category

Most Popular

Kidzania Singapore, Wisata Anak yang Paling Brilian

KidZania Singapore adalah sebuah tempat wisata edukatif untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak sekaligus cita-cita mereka. Konsep role playing dengan 60 tema keren di...

Bercengkrama dengan Alam di Sentosa Nature Discovery

Sentosa Island adalah sebuah pulau di Singapura yang direklamasi dan direkayasa menjadi kawasan wisata untuk para turis lokal dan internasional. Di pulau kecil ini terdapat banyak wahana seru untuk...

Tanya Jawab Untuk Yang Pertama Ke Singapore

Kadang bila bepergian pertama kali ke negara lain, kita punya perasaan takut kalau-kalau terjadi kejadian tidak mengenakan di luar negeri. Agar hal tersebut tidak...

Singapore Zoo: Kebun Binatang di Singapura

Singapore Zoo adalah kebun binatang seluas sekitar 30 hektar di Singapura. Terdapat berbagai macam hewan yang dipelihara di sini. Dari binatang yang mudah ditemui...

What's New

Bercengkrama dengan Alam di Sentosa Nature Discovery

Sentosa Island adalah sebuah pulau di Singapura yang direklamasi dan direkayasa menjadi kawasan wisata untuk para turis lokal dan internasional. Di pulau kecil ini terdapat banyak wahana seru untuk...

Kidzania Singapore, Wisata Anak yang Paling Brilian

KidZania Singapore adalah sebuah tempat wisata edukatif untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak sekaligus cita-cita mereka. Konsep role playing dengan 60 tema keren di...

Uji Adrenalin di AJ Hackett Singapura

Singapura ternyata negara kepulauan juga, walaupun ukurannya kecil. Salah satu pulau yang dimiliki oleh Singapura adalah Sentosa Island yang dahulu diberi nama Pulau Blakang...

Menjelajahi Virtual Reality di Headrock VR Singapura

Salah satu wahana terbaru di Sentosa Island adalah Headrock VR. Sesuai dengan namanya, Digital Action Theme Park pertama di Singapura ini memberikan keseruan dengan...