Langkah Menyusun Itinerary Perjalanan Wisata

TeroVesalainen / Pixabay

Melakukan perjalanan wisata adalah hal menyenangkan yang bisa dilakukan saat sedang liburan. Tidak perlu jauh, Anda bisa pergi ke luar kota saja untuk melakukan perjalanan wisata. Agar wisata yang Anda lakukan bisa tersusun dengan rapi, maka Anda membutuhkan sebuah itinerary. Itinerary daftar jadwal perjalanan dalam satu kali trip. Menyusun itinerary ini bisa dilakukan sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyusun itinerary perjalanan wisata.

1.     Memastikan Destinasi

Jika Anda ingin melakukan perjalanan wisata, sudah pasti Anda harus memiliki bayangan kemana akan pergi. Apabila Anda ingin melakukan perjalanan yang membutuhkan waktu lama, maka Anda bisa menentukan berapa lama akan tinggal di kota atau tempat tersebut. Misalnya, Anda ingin pergi liburan ke kota lain. Maka Anda bisa menyusun itinerary sesuai dengan hari libur yang Anda miliki. Apabila Anda memiliki waktu libur 3 hari, maka Anda harus menyesuaikannya.

Kalau waktu liburan Anda terlalu mepet untuk bisa berlibur ke luar negeri, maka Anda bisa pergi ke luar kota yang masih dekat dengan kota asal. Pertimbangkan juga waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan perjalanan pulang dan pergi. Pilih transportasi yang memungkinkan Anda untuk sampai di lokasi wisata dalam waktu yang sesingkat mungkin. Pilih juga transportasi yang sesuai dengan budget Anda. Anda harus mempertimbangkan untuk membeli tiket secepat mungkin sesudah Anda menentukan destinasi perjalanan.

2.     Menentukan lokasi wisata

Hal ini sangat mudah untuk dilakukan, karena Anda bisa menentukan lokasi wisata berdasarkan search di google. Misalnya, Anda akan pergi ke kota Malang. Maka Anda bisa menentukan dimana Anda akan pergi terlebih dahulu dan berapa lama. Setelah menuju ke lokasi tersebut, Anda harus menentukan ke arah mana akan pergi. Pastikan rute perjalanan yang Anda pilih tidak berbelit-belit, misalnya Anda pergi dari arah barat ke timur. Carilah informasi sebanyak mungkin untuk mendukung itinerary yang Anda buat. Untuk menentukan rute, gunakan google maps agar Anda tahu pasti dimana alamat lokasi wisata yang ingin Anda kunjungi.

3.     Mencari tempat penginapan yang cocok

Jika ingin berlibur ke luar kota, tentu saja Anda harus membooking penginapan. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membooking penginapan. Kalau fokus Anda adalah mencari penginapan yang termurah, maka Anda bisa melakukan filter di aplikasi. Tapi kalau fokus Anda adalah mencari penginapan yang letaknya strategis, maka Anda bisa menentukan tempat yang paling dekat dengan lokasi wisata impian Anda. Misalnya, Anda ingin berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya. Maka Anda harus mencari lokasi yang dekat dengan KBS sehingga perjalanan bisa ditempuh dengan kaki. Apabila memilih lokasi yang strategis, Anda juga bisa lebih menghemat biaya transportasi.

Kalau Anda ingin aman dan dekat dari mana saja, maka Anda bisa menginap di penginapan yang tengah kota. Anda bisa mendapatkan makanan dengan mudah, selain itu transportasi umum juga bisa dijangkau dengan lebih dekat. Meski demikian, harga sewa di pusat kota akan lebih mahal dibandingkan penginapan yang ada di pinggiran kota. Tapi kalau Anda suka dengan suasana yang tenang, maka Anda bisa menginap di pinggiran kota.

4.     Menentukan akomodasi lainnya

Di kota orang, tentu Anda tidak bisa membawa kendaraan pribadi. Maka dari itu, biaya untuk akomodasi berupa transportasi harus dipertimbangkan apabila sedang menyusun itinerary. Apabila Anda ingin mengutamakan kenyamanan, maka Anda bisa mengecek berapa biaya taksi atau ojek online. Total biayanya bisa Anda tambahkan dan dibulatkan. Tapi kalau Anda ingin berhemat, maka Anda bisa mencoba untuk naik transportasi umum. Terkadang, naik transportasi umum justru bisa membuat Anda merasakan sisi lain dari sebuah kota. Anda bisa membeli kartu transportasi juga sebelum naik transportasi umum.

Untuk makanan, Anda bisa memilih menu yang paling sesuai dengan budget Anda. Apabila uang bukan masalah, maka Anda bisa mencari cafe-cafe yang memiliki menu lezat dan tempat cozy. Sedangkan kalau Anda ingin menjadi seorang backpacker, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan-makanan di pinggiran jalan. Suasana ramai akan membuat Anda sadar dan senang dengan liburan kali ini.

5.     Mencatat waktu perjalanan

Buatlah itinerary seperti rundown sebuah acara. Anda bisa meletakkan itinerary di notes handphone atau mencetaknya sehingga lebih mudah dilihat. Anda bisa memasukkan nama lokasi wisata dan berapa lama waktu yang ingin Anda habiskan di lokasi tersebut. Misalnya, Anda ingin pergi ke kebun binatang dan menghabiskan waktu selama 3 jam disana, maka catatlah mulai dari jam berapa Anda berada disana. 3 jam kemudian, Anda sudah harus bersiap untuk pergi ke lokasi berikutnya. Jangan lupa untuk masukkan perkiraan waktu perjalanan dalam itinerary. Anda bisa menggunakan google maps untuk hal ini.

6.     Mencatat Pengeluaran

Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi khusus untuk mencatat keuangan selama liburan. Anda perlu mencatatat semua pengeluaran ketika sedang berlibur. Hal ini cukup penting. Beberapa orang bahkan memasukkan berapa pengeluaran maksimal yang bisa mereka habiskan dalam satu kali kunjungan. Jangan sampai Anda kehabisan uang tunai selama melakukan perjalanan wisata. Belilah souvenir atau oleh-oleh yang sesuai dengan budget Anda. Perkirakan berapa uang bensin dan parkir yang harus Anda keluarkan apabila menggunakan kendaraan pribadi selama waktu liburan.

Itinerary dibutuhkan apabila Anda akan berpergian bersama dengan kerabat maupun saudara. Beberapa orang merasa malas untuk membuat itinerary apabila hanya pergi sendirian. Anda bisa hanya memasukkan list lokasi wisata yang ingin dikunjungi apabila ingin itinerary sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.