Menjelajahi Kampong Glam di Singapore

Kampong Glam Singapore

Singapore sebagai suatu negara tujuan wisata yang wilayahnya tergolong kecil ternyata terbagi menjadi beberapa daerah yang unik. Setiap daerah di Singapore memiliki sejarah dan ciri khasnya sendiri. Ada daerah yang dikenal dengan nama Little India yang menjadi tempat pemukiman utama warga India dan begitu juga dengan Chinatown yang menjadi tujuan belanja para wisatawan. Namun ada lagi daerah di Singapore yang dinamakan Kampong Glam dan tidak kalah terkenalnya. Anda sendiri sudahkah pernah mendengar mengenai daerah Kampong Glam ini? Jika ada rencana berlibur ke Singapore, tertarikkah anda mengunjungi Kampong Glam dan mengeksplorasinya?

Kampong Glam adalah daerah di Singapore yang menjadi daerah utama di mana masyarakat etnis Melayu Singapore bermukim. Nama Kampong Glam sendiri berasal dari kata Kampung Gelam yang memiliki arti kata Kampung sebagai desa dan Gelam sebagai nama pohon. Jadi daerah Kampong Glam ini dahulunya adalah daerah yang dipenuhi oleh pohon Gelam tadi, jadi dinamakanlah sebagai Kampong Glam. Sesuai penamaannya yang menggunakan bahasa Melayu, masyarakat asli yang tinggal di daerah ini pun berasal dari etnis Melayu. Agama mayoritas di daerah ini pun adalah Muslim, sehingga Kampong Glam juga dikenal sebagai bagian Malay-Muslim Singapore di bagian utara Singapore River.

Perkembangan daerah Kampong Glam ini memiliki sejarah tersendiri yang menarik untuk diketahui. Selain itu, anda pun pasti ingin tahu apa saja yang ada di sana yang menarik untuk dikunjungi. Itulah sebabnya pada bagian di bawah ini akan dipaparkan mulai dari sejarah Kampong Glam hingga berbagai tujuan wisatanya untuk anda. Terus simak penjelasannya dan semoga informasi ini bisa membantu anda untuk menyusun rencana liburan dan kunjungan ke wilayah Kampong Glam di Singapore.

Sejarah Kampong Glam

Sejarah Perkembangan Daerah Kampong Glam Singapore

Daerah Kampong Glam sebelunya di masa kolonisasi pemerintahan Inggris adalah daerah di mana salah satu bagian kerajaan Melayu tinggal. Tepatnya di tahun 1819 daerah ini merupakan daerah bagian dari pemerintahan Kerajaan Melayu. Namun setelah penandatanganan pertukaran antara pemerintah Inggris, Sultan Hussein Shah dari Johor, dan Tumenggung Abdul Rahman, akhirnya pemerintah Inggris diberikan hak untuk membangun pelabuhan di Singapore. Selanjutnya, perjalanan sejarah membawa daerah Kampong Glam berada di bawah pengendalian Raffles di tahun 1822. Saat itu, di bawah Raffles Plan, daerah di Singapore dibagi berdasarkan etnis warga Singapore.

Beberapa pengelompokkan etnis yang dilakukan ke beberapa daerah wilayah antara lain adalah etnis Eropa di European Town, etnis Cina di Chinatown, etnis India, hingga sampai di Etnis Melayu. Saat pembagian wilayah berdasarkan pengelompokkan etnis tersebut, diputuskanlah daerah Kampong Glam sebagai tempat tinggal Sultan dengan keluarganya dan juga etnis Melayu serta Arab. Saat Sultan menempati wilayah Kampong Glam ini, Tumenggung menetap di Telok Blangah dan sebagai gantinya Sultan diberikan lahan yang luas menjadi tempat tinggalnya. Lahan inilah yang merupakan bagian Kampong Glam dan dijadikan tempat tinggal untuk banyak etnis Melayu Muslim Singapore dan negara lain, seperti imigran dari Malaka, Riau, Sumatra, dan banyak lagi yang lainnya.

Kebanyakan penduduk di Kampong Glam ini adalah pedagang di masa itu. Perdagangannya terus berkembang hingga ke awal abad dua puluh. Sehingga lama kelamaan daerah Kampong Glam berkembang menjdi pertokoan dan rumah-rumah penduduk. Namun tidak lagi terbatas untuk etnis Melayu saja, saat ini bahkan sudah bisa ditemukan masyarakat etnis Cina dan India yang berdagang di wilayah Kampong Glam ini. Masyarakat Melayu pun beberapa ada yang pindah ke wilayah Geylang, Serai, dan Kampong Eunos sekitar tahun 1920an saat Kampong Glam sudah semakin berkembang menjadi daerah pertokoan. Sejarah yang menarik bukan mengenai perkembangan Kampong Glam?

Istana Kampong Glam

Tujuan Wisata di Kampong Glam Singapore

Sebagai wisatawan Indonesia, tentu anda tertarik mengunjungi Kampong Glam bukan? Mengingat kebanyakan masyarakat Imigran dari Indonesia ke Singapore pun banyak bermukim di daerah ini. Selain itu, karena banyak dihuni oleh masyarakat Muslim, bagi anda yang ingin mencari makanan halal pun mudah ditemukan di sini. Itulah sebabnya anda bisa menyimak informasi mengenai beberapa rekomendasi tujuan wisata di Kampong Glam berikut ini.

  1. Istana Kampong Glam

Tujuan wisata pertama di daerah Kampong Glam ini adalah istana Kampong Glam yang merupakan peninggalan tempat tinggal Sultan di masanya. Saat ini Istana Kampong Glam telah dijadikan bangunan bersejarah yang dilindung. Anda bisa mengunjunginya untuk mengambil beberapa foto bersejarah.

  1. Restoran Kampong Glam

Ada banyak sekali restoran di wilayah Kampong Glam ini yang sangat direkomendasikan untuk anda. Kebanyakan restoran menghidangkan masakan melayu dan cina namun mayoritas halal. Anda jadi lebih mudah mencari tempat makan dan jangan lupa bahwa harganya pun lebih terjangkau.

  1. Toko Belanja Kampong Glam

Terakhir, saat mengunjungi Kampong Glam anda bisa berbelanja banyak barang. Ada sangat banyak toko belanja di sini yang menawarkan beragam barang. Mulai dari barang antik yang tua hingga barang-barang trendy yang cocok menjadi souvenir untuk anda bawa.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Kampong Glam yang merupakan salah satu daerah di Singapore yang populer. Anda kini sudah mengetahui lengkap mulai dari sejarah hingga tujuan wisatanya yang masih ada sampai sekarang. Oleh sebab itu, anda kini sudah bisa menentukan apakah akan mengunjungi Kampong Glam dan apa saja kegiatan yang anda rencanakan untuk dilakukan di sana. Tertarik dan tidak sabar mengunjungi Kampong Glam di Singapore? Segera rencanakan liburan anda ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.