Home Tip Imigrasi & Cukai Pertanyaan Seputar Imigrasi & Cukai Singapura

Pertanyaan Seputar Imigrasi & Cukai Singapura

Maskot Singapore

Pertanyaan berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan traveler dari Indonesia bila ke Singapura.

Apakah ke Singapore pakai Visa? Berapa lama orang Indonesia boleh ke Singapura?

Selama anda ke Singapore tidak untuk bekerja, anda boleh tinggal di Singapura selama 30 hari tanpa visa.
Bila anda ke Singapore untuk tinggal lebih lama atau untuk bekerja tentu saja anda butuh dokumen lainnya.

Dokumen apa yang perlu diberikan kepada petugas imigrasi Singapore?

Dua dokumen utama yang perlu diberikan yaitu paspor dan kartu kedatangan Singapore. Bila anda diijinkan masuk, dokumen tersebut akan dicap kalau anda boleh masuk ke Singapore selama beberapa hari.
Info lebih lanjut silakan baca cara membuat paspor, dan kartu kedatangan Singapore.

Ketika di imigrasi Singapore biasanya ditanya apa saja?

Beberapa pertanyaan yang kadang ditanyakan antara lain:

  • Apakah baru pertama kali ke Singapore?
  • Apa tujuan ke Singapore?
  • Berapa lama tinggal di Singapore?
  • Tinggal di mana di Singapore? (siapkan voucher hotel anda bila perlu)
  • Sudah ada tiket pulang? Bisa lihat tiket pulang? (siapkan tiket anda bila ditanyakan)
  • Bawa uang berapa? (siapkan uang di dompet sekitar $300)

Ketika masuk Singapura, apakah kita diwajibkan mengisi kartu imigrasi?

Ya, kartu kedatangan akan diberikan kepada anda saat naik pesawat. Anda akan diminta mengisi kartu kedatangan tersebut.
Info lebih lanjut silakan lihat kartu imigrasi Singapore.

Bagaimana kalau kartu imigrasi hilang?

Jangan sampai hilang, sebaiknya diselipin di dalam paspor agar tidak hilang.
Kalau hilang anda akan diwajibkan melapor ke petugas, dan mengurusnya butuh waktu agak lama.

Apakah bisa rame-rame melewati imigrasi Singapore?

Anda harus satu per satu/sendiri-sendiri melewati imigrasi Singapore.
Jangan khawatir bila anda tidak jago berbahasa Inggris, karena petugas imigrasi biasanya bisa berbahasa melayu.

Bolehkah membawa rokok ke Singapura?

Boleh, asal rokok tersebut dideklarasikan di jalur merah, dan anda wajib membayar bea cukai atau pajaknya. Petugas akan menghitung pajak yang harus anda bayar berdasar jumlah rokok yang anda bawa.
Bila anda tidak mendeklarasikan di jalur merah, bila ketahuan anda bisa kena denda minimal $200 per bungkus rokok.
Info lebih lanjut silakan lihat rokok di Singapore.

Bolehkah membawa minuman beralkohol ke Singapore?

Minuman beralkohol termasuk barang yang kena pajak, jadi anda wajib mendeklarasikannya di jalur merah, dan membayar pajak sesuai ketentuan yang berlaku.

Barang apa saja yang wajib dideklarasikan di jalur merah?

Yang wajib anda deklarasikan adalah barang kena pajak, barang yang dikontrol peredarannya dan barang terlarang.

Jadi barang apa saja yang kena pajak, dan harus dideklarasikan di jalur merah?

Barang yang wajib bayar pajak dan harus dideklarasikan di jalur merah antara lain:

  • Produk-produk tembakau termasuk rokok
  • Minuman beralkohol
  • Bahan bakar motor
  • Kendaraan bermotor
  • Barang-barang yang akan dijual lagi

Barang apa saja yang perlu ada izin untuk masuk ke Singapore?

Untuk barang yang dikontrol, anda perlu mendapat izin masuk. Barang yang dikontrol antara lain:

  • burung, tumbuhan, ikan, hewan, daging, dan produk turunannya
  • hewan/tumbuhan langka
  • bahan peledak, pistol, rompi anti peluru, dan senjata polisi lainnya
  • untuk selengkapnya dapat dilihat di sini.

Barang apa saja yang dilarang masuk Singapore?

Beberapa barang yang dilarang masuk antara lain:

  • permen karet (kecuali untuk kesehatan)
  • tembakau kunyah, atau produk imitasi tembakau misal roko elektronik
  • korek api berbentuk pistol
  • kembang api
  • narkoba
  • lebih lanjut silakan lihat di sini

Berapa denda membawa barang-barang di atas di atas tetapi tidak mendeklarasikan di jalur merah?

Dendanya bervariasi tergantung peraturan yang anda langgar.
Untuk rokok bila anda tidak mendeklarasikan di jalur merah, anda bisa kena denda minimal $200 per bungkus. Jadi bila anda membawa 5 bungkus, anda bisa kena denda minimal $1,000.
Bila anda berulang kali melanggar anda bisa dipenjara maksimal 3 tahun.

Apakah GST Refund itu?

GST refund adalah skema pengembalian pajak dari barang-barang yang dibeli oleh turis.
Untuk info lebih lanjut silakan lihat pengembalian pajak Singapore.

Bagaimana kalau paspor hilang di Singapore?

Segera lapor ke polisi setempat. Dengan surat laporan polisi tersebut datanglah ke KBRI Singapura. Nanti anda akan diberi surat perjalanan pengganti paspor (SPLP), setelah proses selama 3 hari dengan biaya $7.
Dokumen yang perlu persiapkan antara lain:

  • surat kehilangan dari polisi
  • pas foto sekitar 6 lembar (lihat syarat foto di bawah – foto box banyak tersedia di dekat stasiun MRT)
  • mengisi formulir Permohonan (PERDIM:14 – formulir warna hijau).
  • fotokopi KTP
  • Special Pass dari Imigrasi Singapura (ICA) – Silakan datang ke kantor ICA untuk mendapatkan special pass

Persyaratan foto untuk paspor:

  1. Foto ukuran paspor 3.5cm x 4.5cm
  2. Latar belakang putih
  3. Berpakaian sopan dan rapi
  4. Posisi badan tegak dan wajah menghadap lurus ke depan
  5. Tidak memakai kacamata
  6. Tidak terlihat gigi
  7. Rambut tidak menutup mata
  8. Harus foto terbaru

Untuk alamat KBRI silakan lihat alamat KBRI Singapore.

Info lebih lanjut:

81 COMMENTS

  1. mau tanya. saya dapet tiket surabaya(juanda)-johor(senai) sama changi-sukarno hatta jakarta.
    apakah boleh kita masuk singapura lewat woodlands keluar lewat changi?
    makasih

  2. Admin, kalau misalnya saya pengen travelling ke SG tapi umur saya baru 16 tahun, dan saya berdua dengan teman saya yang berumur 17 tahun. Susah gak sih masuk imigrasinya? Thank youu

  3. Hi admin..

    Apakah uang yang harus disiapkan adalah sekitar 300$, bagaimana kalau pada saat ditanyakan bagian imigrasi, kita hanya mempunyai sekitar 130$, apakah tidak apa2?

    • Untuk imigrasi kemungkinan tidak ada masalah. Namun untuk airline, beberapa airline mensyaratkan umur tertentu. Silakan hubungi pihak airline untuk lebih jelasnya.

    • Kalau makan di bandara budget minimal $5, belum sama minum. Di airport tidak kena biaya apa-apa, karena pajak sudah dimasukkan kedalam harga tiket.

  4. Hi Admin,
    mau tanya, kl nama di tiket dan nama di paspor berbeda apakah nanti akan dipermasalahkan di imigrasi singapore? karena sy dan teman sy tdk mempunyai nama belakang. jd wkt booking tiket nama belakang sy tulis title sy, contoh: Kartika, SE
    mohon pencerahannya admin…terima kasih sebelumnya

    • Untuk imigrasi tidak masalah nama satu kata saja, walau kadang kena ‘random check’ di bagian imigrasi.
      Kalau nama cuma satu kata saja, biasanya nama depan dan belakang di tiket sama misal Kartika Kartika.
      Untuk lebih jelasnya silakan hubungi pihak airline, karena yang memperbolehkan terbang atau tidak adalah pihak airline.

  5. Admin, kalau misalnya saya dan teman-teman saya ke singapore hanya sehari saja tanpa menginap karna akan ke malaysia dengan jalur darat (woodlands) apakah ada kesulitan diimigrasi? Mengingat kami tidak membawa uang yang terlalu banyak. Makasih.

  6. halo..
    saya mau tanya.. qlo ke singapore paspor itu harus punya jangka minimal 6 bulan sebelum masa berlaku habis yah ??
    punya saya 6 bulan lebih 3 hari gt.. apa masih bisa ke singapore ?

  7. Bagaimana jika kami cari hotel di Singapura setelah kami tiba ? (Karna kami cukup kesulitan mencari hotel di Singapura dari Indonesia) ?
    Mohon balasan dan infonya sesegera mungkin. Trims šŸ™‚

    • Bisa saja, tetapi kemungkinan bisa tidak dapat kamar. Pesan hotel dari Indonesia bisa dari agen travel yang agak besar.

  8. Hai admin,mau nanya :
    1. Apakah di changi ada pembayaran airport tax kaya di airport indonesia?
    2. Jika di singapura sekitar 4 hari,apakah bermasalah di imigrasi,jika uang yg di bawa sekitar 550 sgd (untuk berdua/2 orang) ?sedangkan hotel and tiket pulang sudah lunas.
    Terimakasih.

    • 1. Tidak perlu bayar lagi karena Airport tax sudah dimasukkan ke dalam harga tiket pesawat.
      2. Seharusnya tidak masalah.

  9. Hi šŸ™‚

    Mau tanya, kalau sudah sampai di singapore kan kita harus ke imigrasi ya. Nah yang mau di tanyain, kantor imigrasinya ada dimana? Apakah di changi ada? Atau gimana? Habis nyampe kan kita ambil luggage abis ngambil luggage terus kita ke imigrasi kan?

    Thanks šŸ™‚

    • Imigrasinya ada di pintu keluar. Keluar bandara otomatis ngelewatin bagian imigrasi.

      Bagasi dapat diambil setelah lewat imigrasi.

  10. saya akan terbang 2 hari lagi, saya baru taw kalau nama di ticket dan paspor harus sama, tapi nama saya di paspor dan tiket itu beda 3 kata,
    dari hanya Oka Bxxxxx Pxxxxx (tiket), Anak Agung Ayu Oka Bxxxxx Pxxxxx (paspor) saya sudah menghubungi pihak maskapai, akan tetapi blm mendapat respon, dan saya telah melakukan web check-in, apa yang saya harus persiapan seandainya di tanya oleh imigrasi?

  11. Saya skrng di hk trs majikan sy mau pindah kerja di singapore .aku mau di bawa juga…gimana cr ngrus visanya?apa sy hrs plng indo dl…?

  12. selamat siang admin,,,, saya mau tanyakan soal teman…..beberapa waktu yg lalu teman saya pergi kesingapore dia disana tinggal sudah selama 25hari…tapi salahnya dia disana bekerja…dan dipanggil pihak imigrasi singapore terus pasport nya di stempel bahwa tidak bisa masuk singapore sampai batas waktu yg ditentukan…..pertanyaan saya apakah temen saya inii bisa masuk singapore lagi dengan syarat tertentu…??? Sebelumnya terimakasih untuk jawabanya ,:)

    • Kalau sudah melewati batas waktu, seharusnya sudah boleh masuk lagi. Tetapi nanti bisa masuk atau tidak itu wewenang bagian imigrasi Singapura.

  13. Siang, kalau nama orang tua yang tercantum di passport anak ada kesalahan penulisan kurang 1 huruf apakah ada masalah? Umur anak 15 tahun.
    Untuk nama di tiket Mohamad, tetapi di passport Muhamad , apakah ada masalah ?
    Terimakasih.

  14. Halo pak Admin. Maaf nih saya mau nanya.. anak saya umur 12 tahun mau pergi ke singapore ikut budenya. orang tua enggak ikut. selain passport apa perlu surat-surat lainnya di imigrasi singapore ? terimakasih atas bantuannya… wassalam.

  15. Siang admin, sy mw ke sing, dan nama di ktp beda dng pasport, di ktp ada nama keluarga, di pasport tdk ada, apa bisa bermasalah di imigrasinya? Krn pernah ada salah 1 huruf aja ditahan dlu ga bs masuk. Mksi

    • Nama di passport bisa beda dengan di KTP. Tetapi kalau pasport namanya hanya satu kata, biasanya akan ‘bermasalah’ di imigrasi luar negeri (kena ‘random check’, biasanya diinterview terlebih dahulu).

      Bila namanya hanya satu kata, sebaiknya mengurus penambahan nama di imigrasi.

      Untuk nama di tiket penerbangan, harus sama dengan yang ada di paspor.

  16. mau tanya, waktu saya mau terbang dr sing ke indonesia, di imigrasi changi kena rasia, waktu itu saya bawa pasta gigi, shampoo n conditioner rambut dr indo, nah kena razia nya waktu mau pulang ke indo.
    dan alhasil, dibuanglah pasta gigi, shampoo n conditioner rambut itu.
    kenapa ya?
    bisa tolong dijelaskan?
    thanks

    • Cairan yang boleh dibawa ke kabin maksimal ukurannya 100ml, bila lebih dari itu akan disita.
      Bila bawa cairan lebih dari 100ml, lebih baik dimasukkan ke checked baggage.

  17. admin, kan saya sudah membeli tiket pulang pergi dengan teman saya ke singapore untuk 3 hari, tapi umur kita berdua baru 16 tahun. kami takut engga diperbolehkan masuk oleh imigrasi. Sebenarnya boleh tidak? kami sudah mempunyai hotel dan uang untuk tinggal selama 4 hari.. terimakasih

  18. admin saya mau tanya. saya kena random check dipelabuhan. saya di kembalikan lagi ke indonesia, lalu tidak boleh masuk ke sg. tapi tidak diberitahu berapa lama, apakah skg sy sdh boleh masuk?

  19. kalau nama 2 suku kata gak masalah kan ?? truss klo mo tambah nama apa harus berhub. dgn nama keluarga, atau bisa memakai nama lain ??

    • Maksud dua suku kata, seperti bejo, slamet? Untuk nama paspor tidak masalah, tetapi untuk nama satu kata sering kena random check oleh imigrasi di luar negeri.

      Untuk tambah nama silakan bertanya ke pihak imigrasi saat membuat paspor.

  20. hi admin..
    bulan ini saya ada rncn ke singapore hanya 3hari,,tapi passport habis di bulan agustus 2014..apa tdk masalah di imigrasi indo n singapore??

  21. Min.
    Ane prnh msk sg lewat jalur darat dri johor bahru. Lalu di bagian imigrasi nya. Ane kena random check. Krn nma cm 1kata saja. Lalu ane di perbolehkan msk. Nah prtnya an nya.
    1mngu lagi ane mau ke sg lagi. Kr2 masi bsa kena random check gk yah klo msk sg lagi?

  22. Min, saya mau tanya. Saya berniat pergi ke Sing awal tahun dengan adik sepupu (12th). Saat masuk ke imigrasi kan harus satu-satu yah? masalahnya, adik sepupu sy nggak bisa bahasa inggris. Kalau pas ditanya dia grogi gimanja? Apakah kita boleh berdua saat masuk imigrasi?

  23. min, mau tanya saya mau sekolah di singapura tp dr sekolah tidak bisa mengurus visa dan bukan sekolah/universitas formal, hanya seperti kursus per 4 bulan aja. bisakah saya tinggal disana hanya 4-5 bulan tanpa visa? atau harus tetap mengurus student visa atau apa ya? saya masih bingung slnya tp saya tidak bekerja disana. makasii šŸ™‚

  24. Min, kasus saya sama seperti mas yg diatas
    Masa kadaluarsa passport tinggal 4 bulan
    Saya rencana berangkat rabu depan dan kayanya gak sempat kalau buat passport baru
    Kira2 ada solusi lain gak agar tetap bisa berangkat?
    Karena saya sudah punya tiket pp dan booking penginapan
    Mohon bantuan info
    Terimakasih

  25. min saya mau ke singapura pake jalur udara, namun saya berniat pulang via Kuala Lumpur dengan tiket kepulangan dari malaysia. apakah akan bermasalah bila tiket kepulangan bukan lewat singapura?

  26. Kalau mau Dari Singapore ke Malaysia lalu ke Thailand lewat jalur Darat apa diminta ktp? Sebab saya masih 15 Tahun dan berencana untuk traveling sendiri. Apakah tidak masalah?

  27. hai admin, bulan depan saya ada rencana ke singapur bersama keluarga, masalahnya nama saya berbeda antara di ktp dan di paspor. yang ktp menggunakan nama belakang suami sementara nama di paspor menggunakan nama lahir (buku nikah). apakah ktp akan diperiksa? terima kasih.

  28. Sore min, mau tanya nih, lewat imigrasi singapura apa perlu menunjukkan ktp indonesia? Apabila beda spasi pada nama, apakah bermasalah? Terima kasih

    • KTP tidak perlu ditunjukkan. Beda spasi bisa bermasalah sama maskapai penerbangan. Sebaiknya perbaiki tiket sesuai dengan nama di paspor.

  29. Hi Admin,
    aku mau tanya kalau saya disuruh mengunjungi kantor cabang perusahaan saya yg di singapore untuk bekerja beberapa hari disana habis itu balik lagi ke Jakarta apa perlu visa juga?kalau saya bilang nya untuk berlibur ketahuan gak ya?soalny repot klo hrs urus visa lg..

  30. Min saya mau tanya. Suami lupa menulis namabelakang saya waktu beli tiket online naik tiger air. Nama saya di tiket aida gemala, tapi nama dipaspor Aida gemala munar. Kamiudh konfirm ke tiger air tadi,tp suruhnunggu besok untuk kepastiannya. Padahal lusa udhharus brgkt kesingapore. Jika maskapai tidak mengganti perubahan nama saya, apa nanti diimigrasi singapore sy dideportasi? Aduhh,lg bingung bgt sy min,

    • Nama di tiket pesawat tidak berhubungan dengan imigrasi.
      Tetapi berhubungan dengan pihak maskapai sendiri. Jadi pastikan maskapai memperbolehkan anda naik pesawat.

  31. gan, saya rencananya mau bawa boneka horta yang bisa tumbuh rumput, kira kira bisa gak ya masuk singapur? dan kena karantina ga? makasih gan

  32. Selamat sore, admin..

    saya dan seorang teman akan berangkat ke singapore Juli nanti. tapi, teman saya baru akan kan mengurus paspornya minggu ini. apakah di imigrasi nanti teman saya boleh masuk? mengingat masa berlaku paspor teman saya baru sekitar 2 bulan…

    terima kasih atas jawabannya.

  33. Hi, pagi admin

    Saya mau tanya sedikit, pacar saya adalah singaporean, dan sedang dalam masa wajib militer. Oleh karena itu, saya sangat sering pergi ke singapura untuk mengunjungi pacar saya (setiap bulan sekali). kemarin saya juga ke singapura dan mendapati petugas imigrasi mulai banyak pertanyaan kenapa saya sering sekali datang. saya sudah jelaskan semua beserta dokumen-dokumen yang menyatakan bahwa saya memiliki pekerjaan di indonesia. any idea ini kenapa ya tidak boleh terlalu sering datang? Thanks!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Category

Most Popular

Kidzania Singapore, Wisata Anak yang Paling Brilian

KidZania Singapore adalah sebuah tempat wisata edukatif untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak sekaligus cita-cita mereka. Konsep role playing dengan 60 tema keren di...

Bercengkrama dengan Alam di Sentosa Nature Discovery

Sentosa IslandĀ adalah sebuahĀ pulauĀ di Singapura yang direklamasi dan direkayasa menjadi kawasan wisata untukĀ para turisĀ lokal dan internasional. Di pulau kecil ini terdapat banyak wahana seru untuk...

Tanya Jawab Untuk Yang Pertama Ke Singapore

Kadang bila bepergian pertama kali ke negara lain, kita punya perasaan takut kalau-kalau terjadi kejadian tidak mengenakan di luar negeri. Agar hal tersebut tidak...

Singapore Zoo: Kebun Binatang di Singapura

Singapore Zoo adalah kebun binatang seluas sekitar 30 hektar di Singapura. Terdapat berbagai macam hewan yang dipelihara di sini. Dari binatang yang mudah ditemui...

What's New

Tips Persiapan Traveling ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri lebih diminati pada saat ini karena harga tiket pesawat keluar negeri jauh lebih murah daripada tiket pesawat di dalam negeri....

15 Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Malaysia

Malaysia adalah negara tetangga Indonesia yang memiliki potensi wisata menarik dan beragam seperti Indonesia. Wilayah Malaysia tidak seluas Indonesia, tetapi Malaysia memiliki berbagai macam...

13 Tempat Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Thailand

Thailand menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan asing terutama wisatawan dari Eropa karena keindahan dan keunikan yang dimilikinya. Land of Smiles adalah sebutan...

4 Show Terbaik Wajib Lihat Saat Berlibur di Universal Studio Singapura

Universal Studio adalah salah satu lokasi wisata favorit yang wajib masuk dalam list itinerary. Rasanya tidak puas apabila datang ke Singapura tapi melewatkan lokasi...