test
Home Tujuan Wisata Singapore Sejarah Orchard Road yang Menarik

Sejarah Orchard Road yang Menarik

Singapura adalah negara yang memiliki banyak sekali tempat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satu tempat umum yang gratis dan sangat menarik untuk menghabiskan waktu liburan anda di Singapura adalah Orchard Road. Orchard Road adalah jalan yang ada di Singapura dan hingga kini menjadi jalan yang dipenuhi oleh pertokoan dan tempat hiburan. Walau namanya adalah jalan Orchard, saat ini jalan ini bukanlah jalan menuju kebun buah. Lalu mengapa namanya adalah Orchard Road? Alasan penamaan jalan ini ada dalam sejarahnya.

Penasaran bagaimana sejarah dari Orchard Road ini? Orchard Road memang adalah lokasi yang sangat menarik saat ini, sehingga wajar saja sejarah mengapa jalan ini bisa terbentuk dan dinamakan sebagai kebun buah pasti membuat orang bertanya-tanya. Jika anda ingin tahu mengenai sejarah dari Orchard Road ini lebih lengkap, maka anda bisa menyimak penjelasan terkaitnya pada bagian berikut ini. Semoga informasinya dapat bermanfaat!

Orchard Road

Sejarah Orchard Road dari Kebun Buah Hingga Berkembang Pesat Sekarang

Seperti yang sempat disebutkan di bagian sebelumnya, Orchard Road adalah nama jalan yang berarti kebun buah. Nama jalan ini memang mewakili kondisi Orchard Road dahulu kala. Tepatnya lebih dari 150 tahun yang lalu, Orchard Road adalah jalan yang sangat berbeda dengan yang anda temukan saat ini di Singapura. Orchard Road yang saat ini anda kenal adalah jalan yang sangat sibuk dan padat. Anda bisa menemukan berbagai toko dan tempat hiburan bahkan pusat perbelanjaan besar di sini. Namun tidak begitu saat lebih dari 150 tahun yang lalu.

Dahulu kala Orchard Road sesuai namanya adalah sebuah daerah perkebunan. Ada banyak komoditi yang dihasilkan dari daerah di Orchard Road ini. Khususnya, di daerah banyak ditemukan perkebunan buah dan merica. Sepanjang jalan Orchard perkebunan itu terhampar berjajar rapi. Namun semakin padatnya wilayah Singapura di tahun 1850-an menyebabkan perubahan fungsi dari jalan ini. Beberapa bagian dari daerah mulai berubah menjadi pusat jajanan, tempat ibadah, bahkan pemakaman.

Begitu juga 50 tahun setelahnya yaitu tahun 1903, toko-toko akhirnya bermunculan di jalan orchard ini. Tepatnya toko serba ada yang sangat besar Centrepoint akhirnya dibuka di Orchard Road ini pada tahun 19598. Pemilik toko serba ada tersebut adalah saudagar kaya bernama C.K. Tang. Tahun 1982, akhirnya Centrepoint digantikan dengan gedung baru yang sangat besar yaitu Tang Plaza. Tang Plaza ini menjadi tidak hanya pusat perbelanjaan tetapi juga hotel untuk masyarakat setempat.

Setelah kemunculan Tang Plaza, terus menerus bermunculan bangunan lain di jalan Orchard. Mulai dibangunlah biosko, mal-mal yang lebih besar, dan pusat hiburan lainnya. Memang perkembangan pembangunan di Orchard Road ini sangatlah pesat. Restoran pun terus menerus bertambah dan berbagai bangunan penting lainnya muncul di daerah ini. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh bagaimana strategisnya lokasi Orchard Road. Anda tentu wajib mengunjungi Orchard Road ini ketika berkunjung ke Singapura. Jika anda belum tahu lokasinya, simaklah penjelasan di bagian berikutnya.

Orchard Road Sign

Bagaimana Menuju Orchard Road?

Anda berencana mengunjungi Singapura dalam waktu dekat? Maka pastikan untuk mengunjungi Orchard Road setelah mengetahui sejarahnya tadi. Pastinya anda akan terheran-heran melihat bahwa sebuah perkebunan bisa berkembang pesat menjadi seperti Orchard Road sekarang ini. Mengunjungi Orchard Road juga bisa membawa anda ke beberapa lokasi terbaik di Singapura, baik itu restoran, pusat perbelanjaan, dan tempat hiburan. Jadi jangan sampai anda tidak mengunjungi Orchard Road ya. Informasi untuk anda yang ingin mengunjungi Orchard Road, anda bisa mencapainya dengan beberapa cara.

Itulah mengapa pada bagian di bawah ini akan coba dijelaskan beberapa pilihan cara untuk menuju Orchard Road. Jadi perhatikan dan simak masing-masing pilihan transportasi untuk mengunjungi Orchard Road bagi para wisatawan berikut ini.

  • Bus

Jika anda ingin mengunjungi Orchard Road menggunakan transportasi umum berupa bus, maka anda bisa menggunakan bus yang dikelola oleh SBS Transit atau SMRT. Kedua bus tersebut memiliki rute yang melewati Orchard Road. Anda bisa menaiki bus tersebut dari beberapa halte yang tersebar di beberapa wilayah Singapura.

  • Mass Rapid Transit (MRT)

Pilihan yang paling menarik bagi wisatawan adalah penggunaan MRT untuk menuju Orchard Road. Menuju ke Orchard Road ini dilakukan dengan menggunakan jalur yang berhenti di salah satu dari 3 stasiun berikut Orchard, Somerset, dan Dhoby. Jadi anda bisa memilih ingin turun di stasiun mana yang terdekat dengan tujuan anda. Misalnya anda ingin ke mal ION Orchard maka turunlah di stasiun Orchard.

  • Mobil Pribadi

Bisa juga anda menuju Orchard Road dengan menggunakan mobil pribadi. Hal ini cocok untuk anda yang memiliki kerabat yang menggunakan mobil pribadi untuk mengantarkan anda. Atau bisa juga dengan menyewa mobil pribadi. Anda bisa mengambil jalan Napier dari arah barat Orchard Road, atau Jalan Paterson, dan Jalan Bras.

  • Taksi

Terakhir, gunakan juga taksi sebagai pilihan untuk mengunjungi Orchard Road. Taksi di Singapura memang memiliki tarif yang cukup mahal. Namun saat ini sudah ada taksi online juga, seperti Grab dan Gojek. Jadi pilih salah satu transportasi yang paling sesuai dengan keinginan anda.

Jadi itulah tadi penjelasan yang bisa diberikan mengenai sejarah Orchard Road yang ternyata sangat menarik dan tidak banyak diketahui. Khususnya bagi wisatawan dari luar Singapura, pastinya seringkali bukan anda bertanya-tanya mengenai nama jalan ini yang sangat berbeda dengan perkembangan pesat jalan tersebut. Namun ternyata sejarah bisa menjelaskan mengapa nama Orchard Road adalah nama yang memang mewakili pembentukan dari jalan tersebut sesuai sejarahnya. Jadi kini anda bisa menghabiskan waktu di Orchard Road sambil membayangkan bagaimana bentuk kebun buah yang ada di sana seperti yang dijelaskan dalam sejarah bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Category

Most Popular

Kidzania Singapore, Wisata Anak yang Paling Brilian

KidZania Singapore adalah sebuah tempat wisata edukatif untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak sekaligus cita-cita mereka. Konsep role playing dengan 60 tema keren di...

Bercengkrama dengan Alam di Sentosa Nature Discovery

Sentosa Island adalah sebuah pulau di Singapura yang direklamasi dan direkayasa menjadi kawasan wisata untuk para turis lokal dan internasional. Di pulau kecil ini terdapat banyak wahana seru untuk...

Tanya Jawab Untuk Yang Pertama Ke Singapore

Kadang bila bepergian pertama kali ke negara lain, kita punya perasaan takut kalau-kalau terjadi kejadian tidak mengenakan di luar negeri. Agar hal tersebut tidak...

Pertanyaan Seputar MRT di Singapore

MRT adalah salah satu alat transportasi utama di Singapura. MRT adalah jaringan kereta yang menghubungkan banyak tempat di Singapura. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering...

What's New

Tips Persiapan Traveling ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri lebih diminati pada saat ini karena harga tiket pesawat keluar negeri jauh lebih murah daripada tiket pesawat di dalam negeri....

15 Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Malaysia

Malaysia adalah negara tetangga Indonesia yang memiliki potensi wisata menarik dan beragam seperti Indonesia. Wilayah Malaysia tidak seluas Indonesia, tetapi Malaysia memiliki berbagai macam...

13 Tempat Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Thailand

Thailand menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan asing terutama wisatawan dari Eropa karena keindahan dan keunikan yang dimilikinya. Land of Smiles adalah sebutan...

4 Show Terbaik Wajib Lihat Saat Berlibur di Universal Studio Singapura

Universal Studio adalah salah satu lokasi wisata favorit yang wajib masuk dalam list itinerary. Rasanya tidak puas apabila datang ke Singapura tapi melewatkan lokasi...