Sejarah Patung Merlion di Singapura

Merlion

Siapa yang tidak tahu patung Merlion yang merupakan ikon utama negara Singapura ini? Patung Merlion adalah patung yang berkepala Singa namun berbadan ikan. Merlion ini adalah hal yang pertama diingat oleh siapapun anda ketika mendengar kata Singapura pastinya. Karena keunikan bentuknya, patung Merlion ini menarik untuk diketahui sejarah dan cerita di balik rancangan patung ini. Sangat wajar banyak orang yang bertanya-tanya mengapa patung kepala singa berbadan ikan ini menjadi ikon negara Singapura. Apalagi anda yang ingin berlibur ke Singapura bersama anak-anak. Pastikan untuk mempelajarinya terlebih dahulu ya.

Patung Merlion ini berada di samping One Fullerton yang merupakan taman yang luasnya mencapai 2.500 meter persegi. Namun sesuai sejarahnya, lokasi patung Merlion yang sekarang bukanlah lokasi pertama dari patung ini. Sebelumnya, patung Merlion tidak ditempatkan di sini, tetapi di bagian depan Singapore River. Apa alasan patung ini dipindahkan dan mengapa bisa dibangun di sana? Hal tersebutlah yang akan anda ketahui dengan mengetahui sejarah patung Merlion ini. Jadi tetaplah simak pembahasan berikut ini, karena pada bagian berikutnya akan dijelaskan secara lengkap mengenai sejarah dibalik pembangunan patung Merlion dan pemindahannya ke lokasi baru.

Patung Merlion

Sejarah Patung Merlion dan Cub Anaknya

Anda pasti sudah tidak sabar bukan ingin mengetahui sejarah patung Merlion ini. Namun tahukah anda bahwa patung Merlion memiliki ukuran yang lebih kecil dan dinamakan sebagai Cub? Cub adalah anak dari Merlion yang keduanya di bangun di depan Singapore River. Peresmian kedua patung tersebut dilakukan pada 15 September 1972. Namun sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 1964. Perencanaan pembangunan Merlion ini dilakukan sebagai lambang promosi keunikan dari negara Singapura, yaitu melalui lambang Singapore Tourist Promotion Board (STPB). Berawal dari rencana pembangunan inilah diputuskan dibangun singa dengan badan seekor ikan.

Alasan dibalik bentuk patung Merlion tersebut dapat dijelaskan oleh perancangnya, yaitu Mr. Fraser Bruner. Perancang patung Merlion ini adalah anggota dan kurator dari Akuarium Van Kleef. Beliau menjelaskan bahwa Merlion dibuat sebagai ilustrasi saat wilayah Singapura ditemukan sekitar tahun 11 M. Sejarah penemuan wilayah Singapura memang tercatat dalam “Sejarah Melayu” yang menuliskan bahwa Kepala Singa (Singa) dilihat oleh Pangeran Sang Nila Utama. Tercatat dalam sejarah bahwa Singapura dalam bahasa Sansekerta berarti kota Singa. Dahulu kala terjadilah badai petir yang luar biasa di kepulauan nelayan ini. Penduduk ketakutan akan keselamatannya. Akhirnya, penduduk pun meminta bantuan untuk mengatasi badai tersebut. Gemuruh besar terjadi dan muncullah singa berekor laut dari dalam air. Singa berekor ikan itulah yang membantu menghentikan badai dengan mengeluarkan sinar dari matanya.

Sebelumnya, sebagai lambang dari STPB patung Merlion dan anaknya Cub ditempatkan di depan Singapore River di seberang Elizabeth Walk. Namun akhirnya patung ini dipindahkan ke lokasi baru yang jaraknya sekitar 120 meter dari lokasinya yang lama. Saat ini lokasi patung Merlion yang baru dinamakan sebagai Merlion Park. Lokasi yang sekarang memang jauh lebih strategis, karena menjadi lokasi yang memberikan panorama langsung ke Marina Bay Sands, Esplanade Theater, dan The Fullerton. Lalu untuk lokasi Cub, anak dari Merlion diberikan jarak sekitar 28 meter darinya. Keduanya pun dipasangkan pompa agar bisa menyemburkan air sepanjang waktu.

Merlion Park

Cara Menuju Patung Merlion dengan Mudah

Kini anda sudah mengetahui mengenai sejarah patung Merlion yang menjadi ikon Singapura dan terkenal di seluruh dunia. Setelah ini, pasti saat anda akan tidak rela jika tidak mengunjunginya ketika pergi ke Singapura. Tentu memang anda wajib mengunjung Merlion Park dan berfoto dengan patung Merlion dan anaknya Cub. Namun anda harus tahu bagaimana bisa menuju ke lokasinya berada saat ini. Lokasi patung Merlion yaitu Merlion Park bisa anda kunjungi dengan menggunakan MRT. MRT (Mass Rapid Transit) adalah pilihan transportasi terbaik yang bisa anda gunakan untuk menuju Merlion Park. Untuk dapat menuju ke sana anda bisa memilih mengambil jalur yang menuju ke Raffles Place MRT Station. Saat anda sampai di stasiun tersebut, ambil jalur keluar di pintu H. Keluar dari pintu H ini anda bisa menyusuri pinggir sungan Singapura dan menikmati keindahannya. Sejujurnya memang perjalanan anda cukup panjang melalui daerah ini. Namun memilih jalur perjalanan yang lebih panjang akan memberikan anda pengalaman yang lebih menyenangkan.

Namun saat sampai dekat patung Merlion anda harus bersabar. Pastinya sangat banyak wisatawan yang memenuhi lokasi ini. Semua wisatawan pastinya juga berburu lokasi yang paling pas untuk mendapatkan foto yang menarik. Tidak puas rasanya mengunjungi Singapura tanpa membawa oleh-oleh berupa foto dengan patung Merlion ini. Itulah mengapa anda harus mempertimbangkan waktu berkunjung dan pintar memilih lokasi foto. Jika anda ingin mendapatkan foto yang lebih sepi dan tidak terlalu banyak gangguan turis lain, maka anda bisa memilih berfoto dengan Cub yang ukurannya sedikit lebih kecil. Namun apapun alasannya, anda harus menyempatkan waktu berlibur anda untuk mengunjungi Merlion dan Cub saat tiba di Singapura ya.

Demikianlah penjelasan mengenai sejarah patung Merlion lengkap dengan panduan bagi anda yang tertarik untuk mengunjunginya. Sekaranga anda sudah tahu bukan mengapa dan apa cerita sejarah dibalik pembuatan patung Merlion tersebut. Jadi sekarang saat anda mengunjungi Singapura, pastikan untuk mengunjunginya patung Merlion ini. Jangan sampai anda melewatkan kesempatan berfoto dan menikmati keunikan dari ikon Singapura yang satu ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.