Home Seputar Sentosa Island Sejarah Pulau Sentosa yang Mengejutkan

Sejarah Pulau Sentosa yang Mengejutkan

Berkunjung ke Singapura tidak lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi pulau sentosa. Pulau sentosa atau yang biasa dikenal sebagai sentosa island ini adalah pulau yang menjadi lokasi tempat salah satu taman hiburan ternama di Singapura. Jadi tidak aneh tentunya mengapa pulau sentosa ini jauh lebih populer dari berbagai tujuan wisata lain di Singapura, mengingat memang salah satu taman hiburan terbesar dan ternama ada di sana. Walau menjadi pulau yang menyediakan taman hiburan, ternyata ada cerita pilu dibalik pembangunan pulau ini. Sudah pernahkah anda mendengar sejarah pulau sentosa sebelumnya?

Pulau sentosa memiliki nama yang sangat indah. Sesuai dengan namanya sentosa dalam bahasa Melayu berarti tenteran dan damai. Namun dahulu kala, pulau ini lebih dikenal sebagai Pulau Belakang Mati. Apa yang menjadi alasan pulau ini dinamakan dengan nama yang menyedihkan tersebut? Semuanya tercatat dalam sejarah pulau sentosa. Itulah mengapa anda yang tertarik untuk mengetahuinya bisa mencari tahu mengenai sejarah pulau tersebut dan untuk apa sebelumnya pulau tersebut digunakan. Mungkin setelah mendengar sejarahnya, anda akan terheran-heran bagaimana pulau tersebut kini bisa berubah menjadi seperti sekarang. Pulau sentosa sekarang memang merupakan pulau yang sangat ramai dan penuh keceriaan. Tapi tidak ada salahnya mempelajari sejarah tentangnya bukan?

Pulau Sentosa

Sejarah Pulau Sentosa, Pulau Belakang Mati karena Banyak Pertumpahan Darah

Anda mungkin mengetahui pulau sentosa dan telah memasukkannya dalam daftar tempat wisata yang ingin anda kunjungi di sana. Memang tempat tujuan wisata yang satu ini sangat populer dan terus mendatangkan wisatawan setiap harinya. Namun tahukah anda sejarah pulau sentosa dahulu kala sebelum dikembangkan menjadi tempat hiburan dan wisata seperti sekarang ini? pulau sentosa dahulunya adalah daerah di mana benteng militer Inggris berada. Selama perang dunia, negara-negara yang terlibat dalam perang memang memiliki benteng militer untuk pertahanan daerah kekuasaannya.

Tepatnya, sejak tahun 1827 dibangunlah benteng militer Inggris di pulau ini untuk pelindung dari pelabuhan Keppel. Pertumbuhan ekonomi terus terjadi sehingga tidak cukup hanya satu benteng. Dibangunlan beberapa benteng seperti Siloso, serapong, Mount Imbiah Batteri, dan Connaught. Semuanya dibangung untuk menjaga daerah koloni Inggris di Singapura. Ada banyak senjata yang disimpan di benteng-benteng tersebut dan memastikan daerah koloni Inggris terjaga dari penjajahan Jepang. Namun strategi inggris ini salah, Jepang tidak menyerang melalui pulau sentosa, melainkan melalui Malaysia. Akhirnya di tahun 1942, pulau sentosa berhasil dikuasai oleh Jepang.

Saat itu, pulau sentosa dijadikan kamp tempat tahanan Inggris disekap oleh Jepang. Ada banyak pertumpahan darah dan pertikaian antara militer Inggris dan Jepang yang berlangsung di sini. Sehingga akhirnya pulau sentosa dijuluki sebagai pulau belakang mati. akhirnya, tahun 1945 dilakukan pertukaran dan kembali pulau sentosa dikuasai oleh Inggris. Pulau sentosa kemudian diputuskan akan dibangun menjadi resimen resmi Singapura dan benteng-benteng dijadikan tempat peristirahatan umat gereja Katolik dan Protestan pada masanya.

Lalu tepa 10 tahun setelah kemerdekaan Singapura, akhirnya pemerintah memutuskan untuk membangun tempat hiburan untuk wisatawan lokasi di pulau ini. Pulau ini kemudian dihubungkan dengan Singapura menggunakan cable car. Tidak sampai di situ saja, terus dilakukan pengembangan pada pulau ini hingga akhirnya terdapat Universal Studio dan Jembatan yang langsung menghubungkan pulau sentosa dengan pulau utama Singapura. Tidak hanya wisatawan lokal pada akhirnya yang tertarik mengunjungi pulau ini. Wisatawan mancanegara pun berbondong-bondong menghabiskan waktu liburannya dengan berbagai tempat hiburan di pulau sentosa.

Pulau Sentosa

Cara Menuju Pulau Sentosa yang Paling Mudah

Anda pastinya berminat mengunjungi pulau yang penuh tempat hiburan ini bukan? Namun perlu anda ketahui bahwa pulau sentosa merupakan pulau terpisah dari Singapura yang utama. Agar bisa mengunjungi pulau ini, anda harus menggunakan transportasi khusus yang menghubungkannya dengan beberapa lokasi di pulau utama Singapura. Sebagai wisatawan, anda tentu tidak ingin kebingungan mencari transportasi yang bisa menghantarkan anda ke pulau ini bukan? Artinya, anda membutuhkan informasi yang akan dibahas pada bagian berikut. Informasi berikut akan menjelaskan pada anda langkah-langkah untuk menuju ke pulau sentosa dengan mudah. Penasaran? Berikut ini penjelasan lengkapnya:

  • Kereta Gantung (Cable Car)

Transportasi pertama menuju pulau sentosa adalah kereta gantung atau yang biasa disebut cable car. Kereta gantung ini adalah kereta gantung pertama yang melintasi laut dan pelabuhan. Anda bisa menaikinya melalui Mount Faber atau Merlion Park dengan harga 29 dollar singapura untuk dewasa dan 18 dollar singapura untuk anak-anak.

  • MRT

Jika anda ingin menaiki MRT, maka perlu anda ketahui bahwa MRT tidak ada yang mencapai pulau sentosa. Anda bisa menaikinya hingga stasiun Harbourfront saja. Ambil jalur yang menuju stasiun pelabuhan ini dan pergilah ke arah Vivo City. Langsung naik ke lantai 3 dan naiklah Sentosa Express dari sana.

  • Sentosa Bus

Bisa juga anda menaiki Sentosa Bus yang melalui beberapa halte di daerah dekat Harbourfront. Namun perlu anda ketahui bahwa bus ini nantinya juga akan melintasi lautan menggunakan ferry. Biasanya juga akan memakan waktu yang lebih lama dari pilihan transportasi lainnya.

  • Sentosa Express

Pilihan yang paling umum untuk dicoba wisatawan adalah menggunakan Sentosa Express ini. Jadi setelah anda menaiki MRT dan menuju Vivo City lantai 3, anda bisa lanjut dengan kereta khusus yang menghubungkan pulau utama Singapura dengan pulau sentosa. Anda cukup membayar biaya tiket sebesar 4 dollar singapura untuk mengunjungi pulau Sentosa.

Jadi demikianlah sejarah pulau sentosa dan bagaimana cara anda bisa mengunjunginya telah dijelaskan. Ternyata sebuah tempat yang saat ini penuh keceriaan, ternyata memiliki sejarah yang cukup memilukan bukan. Itulah fungsi sejarah untuk membuat anda mengetahui berbagai hal yang terjadi di masa lampau. Mengetahui sejarah membuat anda dapat lebih menghargai apa yang bisa anda nikmati saat ini. Seperti layaknya pulau sentosa yang bisa menjadi taman hiburan saat ini, ternyata menjadi lokasi pertumpahan darah karena pembajakan dahulunya. Semoga dengan mengetahui informasi ini anda menjadi semakin tertarik untuk mengunjungi Singapura dan tentunya pulau sentosa ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Category

Most Popular

Kidzania Singapore, Wisata Anak yang Paling Brilian

KidZania Singapore adalah sebuah tempat wisata edukatif untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak sekaligus cita-cita mereka. Konsep role playing dengan 60 tema keren di...

Bercengkrama dengan Alam di Sentosa Nature Discovery

Sentosa Island adalah sebuah pulau di Singapura yang direklamasi dan direkayasa menjadi kawasan wisata untuk para turis lokal dan internasional. Di pulau kecil ini terdapat banyak wahana seru untuk...

Tanya Jawab Untuk Yang Pertama Ke Singapore

Kadang bila bepergian pertama kali ke negara lain, kita punya perasaan takut kalau-kalau terjadi kejadian tidak mengenakan di luar negeri. Agar hal tersebut tidak...

Singapore Zoo: Kebun Binatang di Singapura

Singapore Zoo adalah kebun binatang seluas sekitar 30 hektar di Singapura. Terdapat berbagai macam hewan yang dipelihara di sini. Dari binatang yang mudah ditemui...

What's New

Bercengkrama dengan Alam di Sentosa Nature Discovery

Sentosa Island adalah sebuah pulau di Singapura yang direklamasi dan direkayasa menjadi kawasan wisata untuk para turis lokal dan internasional. Di pulau kecil ini terdapat banyak wahana seru untuk...

Kidzania Singapore, Wisata Anak yang Paling Brilian

KidZania Singapore adalah sebuah tempat wisata edukatif untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak sekaligus cita-cita mereka. Konsep role playing dengan 60 tema keren di...

Uji Adrenalin di AJ Hackett Singapura

Singapura ternyata negara kepulauan juga, walaupun ukurannya kecil. Salah satu pulau yang dimiliki oleh Singapura adalah Sentosa Island yang dahulu diberi nama Pulau Blakang...

Menjelajahi Virtual Reality di Headrock VR Singapura

Salah satu wahana terbaru di Sentosa Island adalah Headrock VR. Sesuai dengan namanya, Digital Action Theme Park pertama di Singapura ini memberikan keseruan dengan...