Singapore Botanic Garden

FASerra / Pixabay

Singapore memang tidak pernah lelah untuk memanjakan para wisatawannya. Selain terkenal sebagai negara yang bersih, aman dan tertib. Negara ini juga memiliki sejumlah lokasi wisata yang patut Anda kunjungi. Selain wisata dengan tema kecanggihan teknologi, Anda juga dapat memilih untuk mengunjungi tempat-tempat yang berhubungan dengan alam. Salah satunya dengan berkunjung ke Singapore Botanic Garden.

Mendengar nama tempat ini rasanya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Meskipun belum pernah kesana, namun tempat ini begitu dikenal d mata dunia. Sebagai salah satu hutan kota yang ada di Singapore, Botanic Garden memang memiliki reputasi yang cukup gemilang di negara ini. Bahkan hutan kota ini telah dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia pertama di negara Singapore oleh UNESCO.

Apa Itu Singapore Botanic Garden?

Botanic Garden adalah taman kota atau hutan kota di negara Singapore yang telah ditetapkan sebagai salah satu lokasi wisata terbaik yang ada di negara ini. Taman dengan luas 60 hektar ini, dulunya merupakan bekas perkebunan yang kemudian bertransformasi menjadi taman kota dengan sejumlah fasilitas yang disediakan.

Taman ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Selain menjadi tempat olahraga bagi warga lokasl Singapore. Tempat ini juga menjadi tujuan para turis asing yang sengaja ingin menghabiskan waktu disini untuk menikmati pemandangan hijau dengan udara yang sangat segar. Selain itu, pemandangan yang ada di taman Botanic ini seringkali dijadikan sebagai salah satu tempat untuk melaksanakan foto pre-wedding bagi kebanyakan calon pengantin.

Kini jika biasanya pergi ke Singapore hanya dihabiskan untuk berkunjung ke tempat wisata yang itu-itu saja atau hanya sekedar untuk berbelanja. Maka kali ini Anda bisa menikmati keindahan alami dari taman kota yang ada di negara ini. Jika Anda mengajak serta anak-anak. Maka tempat ini sangat cocok sekali untuk mengenalkan kepada mereka mengenai alam dengan deretan tanaman yang ada disini.

Beberapa Hal Menarik Tentang Singapore Botanic Garden

Selain dimanjakan dengan suasana taman yang bersih dengan udara yang sangat segar. Ada beberapa hal menarik yang bisa Anda lihat di Botanic Garden Singapura ini:

• Taman Raksasa yang Ada di Tengah Kota Singapore

Taman yang terletak di jantung kota Singapura ini memang sangat menarik. Selain menjadi hutan kota dengan fasilitas yang sangat memadai. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat rekreasi bagi warga lokal Singapura maupun para wisatawan asing. Mulai dibangun di tahun 1895, tempat ini kemudian dikembangkan menjadi lembaga ilmiah, penelitian, pendidikan, dan konservasi tanaman oleh Singapore Agri Horticultural Society. Taman ini juga menjadi pusat penelitian dan konservasi tanaman karet di Asia Tenggara mulai dari tahun 1875 dan telah dinobatkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO di tahun 2014.

• Bangunan Bersejarah dengan Nuansa Inggris

Ada satu bangunan yang menjadi icon dari tempat ini. Bangunan bersejarah dengan nuansa budaya Inggris ini dapat Anda temui tepat berada di tengah taman ini. Di bangunan inilah biasanya orang mengabadikan moment terbaik mereka. Bahkan tidak jarang yang menggunakannya sebagai latar foto pre-wedding bagi kebanyakan calon pengantin dari berbagai negara lain.

Selain itu, terdapat tiga buah danau dengan konsep yang berbeda, yaitu Eko Lake, Swan Lake, dan juga Symphony Lake. Bahkan pengunjung dapat menikmati konser klasik secara gratis yang diadakan di Symphony Lake setiap weekendnya. Dalam konser klasik ini menampilkan Singapore Chinese Orchestra dan Singapore Symphony Orchestra. Sedangkan untuk Swan Lake merupakan danau dengan konsep yang sangat romantis. Terdapat sebuah gazebo yang terletak di tengah-tengah danau.

• Wisata Edukasi di Singapore

Selain bisa menikmati hijaunya taman di tengah kota, ada satu lagi daya tarik dari tempat ini, yaitu National Orchid Garden. Lokasinya tepat berada di sisi tengah bagian barat. Disini pengunjung dapat melihat koleksi 1.000 spesies dan 700 tanaman anggrek dari seluruh penjuru dunia dan 2.000 tanaman anggrek hibrida (hasil persilangan) dengan jenis yang berbeda. Di lokasi seluas 3 hektar ini, Anda bisa melihat berbagai jenis tanaman anggrek langka yang sengaja diberi nama mirip dengan para tokoh dunia dan selebriti ternama, seperti Paravanda Nelson Mandela, Vanda William Catherine, dan masih banyak lagi.

Selain itu tempat ini juga nenawarkan fasilitas-fasilitas yang bisa dinikmati para pengunjung, seperti Cool House, Palm Valley, dan juga Plant House yang menawarkan berbagai jenis tanaman yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Selain itu, untuk anak-anak yang bosan menikmati suasana yang ada di sekitar taman. Maka mereka bisa bermain sambil belajar di Jacobs Balls Children. Tempat ini menyediakan banyak sekali jenis permainan, seperti rumah pohon, labirin, perosotan, dan masih banyak lagi.

Lokasi

Lokasi Singapore Botanic Garden berletak di Cluny Road, Singapore 259569

Jam Buka

Singapore Botanic Garden buka setiap hari mulai dari pukul 05.00 hingga 24.00

Harga Tiket Singapore Botanic Garden

Untuk Singapore Botanic Garden, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Sedangkan jika ingin masuk ke National Orchid Garden, maka pengunjung akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp 80.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Cara Menuju Ke Singapore Botanic Garden

Untuk Anda yang ingin menikmati suasana taman di jantung kota Singapore, maka bisa berkunjung ke Singapore Botanic Garden dengan menggunakan transportasi umum:

• MRT: Silahkan naik MRT terdekat menuju ke Botanic Garden MTR Station dengan kode CC19 atau DT9.

• Bus: Jika menggunakan transportasi Bus, Anda bisa memilih bus yang melewati Bukit Timah Singapore atau Holland Road. Untuk Bus yang melewati Bukit Timah, silahkan naik SBS nomor 48, 66, 153, 156, dan SMRT 67 dan 171. Sedangkan, untuk Bus yang melewati Holland Road, silahkan naik SBS nomor 7, 123, 174.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.