Singapore Math dan Keunggulannya dalam Mengajar Matematika

Singapore Math

Sebagai negara tetangga yang sangat dekat di Indonesia, banyak hal menarik di Singapore yang menjadi suatu hal untuk dipelajari oleh masyarakat Indonesia. Salah satu yang paling menarik dari negara ini dan terus menjadi perhatian adalah pendidikannya. Selain karena menggunakan sistem pendidikan yang berbeda, Singapore diketahui memiliki kurikulum yang dikembangkan dengan baik untuk membantu siswa lebih mudah belajar dan mencapai tuntas dalam belajar. Termasuk juga dalam mata pelajaran matematika. Ada yang dikenal dengan Singapore Math di dalam kurikulum Singapura. Apa itu Singapore Math dan bagaimana kelebihannya dibandingkan pembelajaran matematika lainnya?

Singapore Math adalah teknik atau metode mengajarkan matematika yang dikembangkan dala kurikulum nasional Singapura. Teknik atau metode mengajar matematika ini adalah teknik dasar atau yang dilakukan untuk mengajarkan matematika pada anak-anak usia dini hingga sekolah dasar (primary school). Bagaimana metode mengajar matematika yang disarankan oleh teknik mengajar ini? Mengajar matematika berdasarkan metode Singapore Math akan berkaitan dengan bagaimana siswa diajarkan untuk belajar konsep matematika sedikit demi sedikit namun dengan tahapan pembelajaran yang tepat.

Tahapan pembelajaran matematika ini yang menjadi kunci utama dari Singapore Math. Penasaran apa saja tahapan pembelajaran matematika berdasarkan Singapore Math? Berikut ini penjelasan lengkapnya untuk anda.

Concrete Phase Learning

Tiga Tahapan Pembelajaran dalam Singapore Math

Seperti dijelaskan pada bagian di atas, ada tahapan pembelajaran matematika yang harus diterapkan dalam Singapore Math ini. Tahapan pembelajaran tersebut ada tiga prosesnya, yaitu concrete, pictorial, dan abstract. Apa yang dimaksud dengan tahapan-tahapan ini? Mari kita pelajari bersama-sama pada pembahasan di bawah ini.

  • Concrete Phase

Tahapan pertama dalam Singapore Math dikenal dengan nama concrete. Sesuai dengan namanya, pada tahapan ini siswa akan belajar dengan menggunakan contoh konkret (nyata) dari topik pembelajaran yang sedang dipelajari. Misalnya dalam pembelajaran matematika awal yaitu menghitung, siswa akan menghitung benda yang nyata ada di depannya dan bisa disentuh. Guru akan menyiapkan sejumlah benda seperti misalnya paper clip untuk dihitung oleh siswa ada berapa jumlahnya. Jika sudah menguasai teknik berhitung, berikutnya bisa juga dilanjutkan ke tahapan operasi bilangan.

  • Pictorial Phase

Sudah menguasai konsep nyata atau konkret dalam suatu pembahasan matematika, akan ada transisi tahapan pembelajaran ke tahap yang diberi nama pictorial. Jadi pada tahapan ini hal nyata yang sebelumnya sudah dilakukan oleh siswa akan dibuatkan model visualisasinya. Visualisasi ini akan membantu siswa tidak harus selalu membawa benda nyata untuk bisa menghitung misalnya. Jadi bisa dibuat misalnya suatu gambar bahwa ada 10 paper clip untuk panjang 5 cm. Maka ketika ada ruang sepanjang 10 cm, bisa ada 20 paper clip di sana.

  • Abstract Phase

Tahapan terakhir dalam belajar matematika menggunakan Singapore Math adalah abstract. Pada tahapan ini akan dilakukan setelah siswa benar-benar mahir dan mampu menguasai pembelajaran pada tahapan pictorial sebelumnya. Saat di tahapan pictorial, siswa akan diberikan berbagai macam jenis masalah sehari-hari yang berkaitan dengan materi matematika. Terbiasa menyelesaikan berbagai masalah sehari-hari dengan kemampuan visualisasi yang baik akan melatih kemampuan pemecahan masalah siswa secara keseluruhan. Akhirnya, sudah bbisa diberikan simbol abstrak dalam pembelajaran seperti nomor dan simbol.

Kelebihan Singapore Math

Alasan Mengapa Singapore Math Lebih Baik Digunakan

Anda sudah memahami apa saja tahapan dalam Singapore Math yang membuatnya lebih mudah dipahami oleh siswa. Namun selain itu, masih ada beberapa alasan lagi yang jika anda ketahui akan membuat anda memahami mengapa sebaiknya belajar matematika dilakukan dengan menggunakan proses Singapore Math ini. Apa saja alasan tersebut? Berikut ini akan dijelaskan secara lebih lengkap.

  • Singapore Math Berfokus pada Penguasaan Bukan Ujian

Keunggulan dan kelebihan utama dari Singapore Math terletak pada fokus pembelajarannya. Pembelajaran matematika dengan teknik ini fokus pada penguasaan materi walau jumlahnya sedikit dan bukan pada ujian untuk mengejar pengetahuan sebanyak-banyaknya. Inilah yang menyebabkan pemahaman matematis siswa menjadi lebih baik.

  • Singapore Math Menggunakan Kemampuan Visual dan Pendengaran Semaksimal Mungkin

Selain itu, karena belajar selalu dimulai dengan tahapan konkret lalu pictorial dan dilanjutkan dengan abstrak, maka siswa menggunakan kemampuan visual dan pendengarannay secara maksimal untuk menguasai pembelajaran. Jadi pengetahuan muncul dari dalam diri anak itu sendiri bukan langsung dari buku tapi dari pengalaman nyatanya.

  • Singapore Math Membangun Pengetahuan dengan Landasan Pengetahuan

Layaknya membangun lego, pengetahuan harus dibangun dengan dasar yang kuat. Dasar yang kuat ini adalah pengetahuan juga. Jadi dalam Singapore Math setiap materi pembelajaran disusun untuk mendukung pembelajaran materi selanjutnya. Ketika pemahaman atas suatu materi sudah baik, maka untuk mendukung materi berikutnya pun bisa dilakukan sebagai landasan yang kuat.

  • Singapore Math Sesuai dengan Standar Pembelajaran yang Diharapkan

Kelebihan yang terakhir dari Singapore Math dalam pembelajaran matematika terletak pada kesesuaiannya dengan standar pembelajaran. Sudah banyak negara-negara yang menggunakan Singapore Math menjadi teknik pembelajaran yang tepat untuk pendidikan di negaranya. Bahkan saat ini sudah ada buku matematika Singapore yang dijualluas untuk mendukung pembelajaran.

Jadi itulah tadi penjelasan lengkap mengenai Singapore Math dan apa yang membuatnya lebih baik digunakan daripada pembelajaran matematika yang digunakan di Indonesia saat ini misalnya. Ternyata memang Singapore Math memiliki alur pembelajaran yang lebih mudah untuk diterima oleh siswa, khususnya di usia pendidikan yang masih sangat real atau konseptual. Bahkan penggunaan dari Singapore Math ini pun sudah terbukti menghasilkan anak-anak yang memiliki kemampuan matematika sangat baik bahkan di kancah dunia. Tertarik belajar matematika dengan metode Singapore Math? Anda bisa mendaftarkan sekolah anak anda di sekolah Indonesia yang sudah menerapkan kurikulum Singapore dalam pembelajaran sekolahnya. Selamat mempelajari matematika layaknya belajar Singapore Math langsung di sana ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.