Taman Anggrek The National Orchid Garden

Jika Anda berkunjung ke Botanic Garden Singapore, maka sempatkan untuk melihat berbagai jenis tanaman anggrek yang ada di National Orchid Garden Singapore. Tempat ini terletak di area Botanic Garden, sehingga untuk menjangkau lokasinya pun juga sangat mudah. Disini Anda bisa melihat berbagai jenis koleksi dari tanaman anggrek dengan jenis yang berbeda-beda. Bahkan anggrek-anggrek disini sengaja didatangkan dari seluruh penjuru dunia.

Apa Itu National Orchid Garden?

Untuk Anda yang belum pernah berkunjung ke Singapore Bonatic Garden, tentu akan bertanya mengenai tempat yang satu ini. National Orchid Garden adalah taman yang dikhususkan untuk tanaman anggrek yang berasal dari seluruh dunia. Tempat ini memiliki lebih dari 700 jenis anggrek yang berasal dari seluruh penjuru dunia dan 2.000 jenis anggrek hibrida atau jenis anggrek yang berasal dari hasil persilangan.

Anggrek yang menjadi lambang bunga nasional bagi negara Singapore ini, tak herak jika keberadaannya begitu spesial. Bahkan Singapore memiliki tempat khusus untuk pembudidayaan tanaman anggrek yang berasal dari seluruh dunia. Taman anggrek di National Orchid Garden ini diklaim menjadi display anggrek tropis terbesar yang ada di dunia. Bahkan pembudidayaan anggrek disini di mulai dari tahun 1928 hingga saat ini lebih dari 2.000 jenis anggrek dapat Anda lihat di taman dengan luar 3 hektar ini.

Tempat ini bisa menjadi lokasi pilihan terutama bagi Anda penyuka tanaman anggrek. Anda bisa melihat berbagai jenis anggrek dari mulai yang biasa hingga jenis anggrek yang langka di dunia. Di taman ini, selain bisa melihat pembudidayaan tanaman anggrek. Tempat ini juga dijadikan sebagai lokasi konservasi dan pelestarian tanaman anggrek.

Ada banyak jenis tanaman anggrek yang bisa Anda saksikan di National Orchid Garden Singapore. Mulai dari Moth Orchid, Dancing Lady Orchid, Boat Orchid, Singapore Orchid, dan masih banyak lagi. Bukan hanya menyaksikan tanaman anggrek, disini juga disediakan fasilitas berupa ruang baca yang di dalamnya terdapat berbagai macam buku bacaan seputar tanaman anggrek. Sehingga untuk Anda yang ingin membudidayakan tanaman anggrek di rumah. Maka tempat ini bisa menjadi pilihan untuk menggali informasi yang lebih mendalam tentang tanaman anggrek.

Apa yang Bisa Dilakukan di National Orchid Garden?

Selain bisa melihat berbagai jenis tanaman anggrek dan proses pembudidayaannya. Disini Anda juga dapat menikmati fasilitas lain yang tersedia di National Orchid Garden, seperti:

• Cool House

Ada satu tempat yang bisa Anda masuki saat berkunjung ke National Orchid Garden, yaitu Cool House. Cool House adalah sebuah rumah kaca yang sengaja dibuat untuk menstimulasi kawasan hutan hujan tropis yang ada di dunia. Di dalam rumah kaca ini, pengunjung bisa melihat pepohonan hijau, sungai, batu-batuan, hingga suhu udara yang sengaja dibuat mirip seperti daerah hutan hujan tropis sungguhan. Kelembapan suhu disini juga dibuat sama seperti aslinya. Tempat ini dikhususkan untuk beberapa jenis anggrek tertentu agar bisa hidup dan tumbuh dengan baik.

• Tan Hoon Mist House

Selain Cool House, di dalam National Orchid Garden ini juga terdapat satu ruang bernama Tan Hoon Mist House. Ruangan ini dikhususkan untuk jenis anggrek yang tergolong langka di dunia. Dimana di ruangan ini Anda bisa melihat dan tahu beberapa jenis anggrek yang memang sangat langka di dunia dan bahkan hanya bisa Anda temui disini.

• Ruang Baca

Selain bisa melihat berbagai jenis anggrek yang ada disini. Tempat ini juga menyediakan fasilitas berupa ruang baca. Ruang baca disini di dalamnya terdapat berbagai macam buku bacaan seputar tanaman anggrek. Sehingga untuk Anda yang ingin membudidayakan tanaman anggrek di rumah. Maka tempat ini bisa menjadi pilihan untuk menggali informasi yang lebih mendalam tentang tanaman anggrek.

Jadi, selain bisa melihat berbagai jenis tanaman anggrek yang berasal dari seluruh penjuru dunia, jenis anggrek hidrida, hingga jenis anggrek terlangka. Anda juga bisa menggali informasi seputar tanaman anggrek lewat buku bacaan yang telah disediakan di ruang baca National Orchid Garden. Anda bisa menggali informasi tentang tanaman anggrek sepuasnya disini.

Selain beberapa tempat di atas, National Orchid Garden juga menyediakan tempat-tempat yang bisa Anda kunjungi, seperti Heritage Orchid Display, Burkill Hall, Yuen Peng MC Neice Bromeliad Collection, dan masih banyak lagi.

Lokasi

Lokasi National Orchid Garden sendiri berletak di sisi tengah bagian barat taman Singapore Botanic Garden yang terletak di Cluny Road, Singapore 259569.

Jam Buka

Untuk Anda yang ingin melihat berbagai jenis tanaman anggrek, maka bisa berkunjung ke National Orchid Garden yang dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.30 – 19.00 dengan terakhir masuk jam 18.00.

Harga Tiket Singapore Botanic Garden

• Dewasa (usia di atas 13 tahun): $ 5 SGD
• Anak-Anak (usia di bawah 12 tahun): Gratis

Cara Menuju Ke National Orchid Garden Singapore

Untuk Anda yang ingin melihat berbagai jenis tanaman anggrek yang ada di National Orchid Garden Singapura. Maka bisa berkunjung ke tempat ini dengan menggunakan transpotasi umum, seperti:

• MRT: Silahkan naik MRT terdekat menuju ke Botanic Garden MTR Station dengan kode CC19 atau DT9.

• Bus: Jika menggunakan transportasi Bus, Anda bisa memilih bus yang melewati Bukit Timah Singapore atau Holland Road. Untuk Bus yang melewati Bukit Timah, silahkan naik SBS nomor 48, 66, 153, 156, dan SMRT 67 dan 171. Sedangkan, untuk Bus yang melewati Holland Road, silahkan naik SBS nomor 7, 123, 174. Anda bisa berjalan kaki menuju National Orchid Garden.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.