Taman Neraka Haw Par Villa Singapore

Mendengar namanya saja sudah sangat menyeramkan, apalagi jika Anda benar-benar masuk ke dalamnya. Haw Par Villa Singapore memang menjadi salah satu destinasi wisata Singapura yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selain menjadi arena wisata gratis, di lokasi ini Anda bisa melihat kehidupan alam akhirat yang menjadi kepercayaan bangsa China.

Jika sebelumnya negara Singapore dikenal sebagai negara dengan gaya hidup yang cukup mahal. Namun kali ini Anda tidak perlu kuatir jika ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Dimana tempat ini menjadi salah satu lokasi wisata gratis di Singapore yang bisa Anda kunjungi setiap saat. Bahkan disini pula Anda bisa merasakan dan tahu bagaimana kehidupan di alam akhirat dengan berbagai siksaan yang teramat pedih sesuai dengan apa yang telah mereka lakukan di dunia.

Apa Itu Haw Par Villa Singapore?

Haw Par Villa adalah sebuah taman bermain atau bisa disebut dengan museum neraka outdoor mitologis Tionghoa yang terdapat di negara Singapore. Taman ini menyimpan lebih dari 150 diorama raksana yang menggambarkan tentang cerita rakyat, sejarah, legenda, dan berbagai ilustrasi tentang aspek konfusianisme China. Selain itu, di taman ini pula Anda bisa melihat lebih dari 1.000 patung dengan penampakan yang aneh dan menyeramkan.

Beberapa ilustrasi patung menggambarkan tentang Budha Tertawa dan Dewi Kwan Im, diorama tentang perjalanan ke barat, dan ilustrasi 10 pengadilan neraka yang paling terkenal di taman Haw Par Villa ini. Disini Anda bisa melihat gambaran tentang alam neraka yang dipercaya menurut mitologi bangsa China. Selain itu, tersedia pula jajak naga yang memiliki panjang 60 meter.

Sejarah Haw Par Villa Singapore

Dulunya taman ini bernama Tiger Balm Garden yang sudah ada sebelum Perang Dunia II. Taman ini merupakan hasil karya dua orang kakak beradik asal Myanmar bernama Boon Haw Lah dan Boon Par. Keduanya merupakan pemilik perusahaan brand Balsem Cap Macan. Pada awal pembangunannya, tempat ini sempat dilengkapi dengan fasilitas kebun binatang. Namun karena terjadi Perang Dunia II, kedua kakak beradik tersebut keluar dari negara Singapura hingga berakhirnya perang.

Semenjak itu, taman ini kurang terawat dan mengalami kerusakan yang cukup parah. Setelah itu, anak dari Boon Par bernama Aw Cheng Chye sengaja datang ke Singapore untuk merenovasi taman ini. Di tahun 1937, taman mulai dibangun untuk merayakan tradisi China. Namun setelah di renovasi, penampakan dari taman tersebut justru terlihat aneh dan lebih menyeramkan dibanding sebelum di renovasi. Dimana taman ini dilengkapi dengan berbagai jenis patung yang menggambarkan kehidupan neraka dengan berbagai diorama tentang sejarah dan legenda China.

Beberapa Patung yang Bisa Disaksikan di Haw Par Villa

Untuk Anda yang berkunjung ke Singapura, maka sempatkan untuk berkunjung ke taman Haw Par Villa. Di taman ini Anda bisa menyaksikan berbagai adegan patung dengan gambar yang aneh dan menyeramkan. Bahkan tidak sedikit dari pengunjung yang datang merasa terpana dengan adegan-adegan patung yang ada disini.

Taman Haw Par Villa ini menyimpan lebih dari 1.000 jenis patung yang bisa Anda saksikan. Beberapa patung menggambarkan tentang mitologi China mengenai alam neraka. Disini Anda bisa melihat siksaan yang begitu menakutkan dari orang-orang yang telah berbuat dosa selama hidup di dunia. Misalnya saja seperti patung manusia yang diambil jantungnya, patung dengan kepala di atas batu, siksaan bagi mereka yang telah berbuat dosa, kepiting berkepala manusia, seekor tikus yang menyelamatkan rekannya, kaki manusia yang digigit srigala, dan masih banyak lagi.

Selain patung-patung yang aneh dan menyeramkan. Di taman ini pula Anda bisa melihat lebih dari 150 diorama raksana yang menggambarkan tentang cerita rakyat, sejarah, legenda, dan berbagai ilustrasi tentang aspek konfusianisme China. Anda bisa melihat sebuah patung yang dipercaya sebagai patung Buddha Tertawa dan patung Dewei Kwan Im. Selain itu, Anda juga bisa melihat legenda ular putih yang sangat terkenal di negara China.

Selain bisa melihat berbagai adegan patung dan diorama, tempat ini juga cocok sekali untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil foto yang berbeda dari biasanya. Dimana selain bisa berfoto di area taman, Anda pun juga bisa mendekat ke patung-patung yang ada disini untuk hasil foto yang lebih bagus. Taman ini juga dilengkapi dengan sebuah bangunan berbentuk pagoda yang berdiri di atas kolam kecil.

Lokasi

Untuk Anda yang penasan dengan isi museum Haw Par Villa Singapura, maka bisa berkunjung ke Haw Par Villa yang terletak di kawasan Pasir Panjang Road, Singapore 118628.

Jam Operasional

Untuk jam buka taman Haw Par Villa dimulai dari pukul 09.00 – 19.00 malam.

Harga Tiket Masuk

Jangan kuatir jika ingin menghabiskan waktu libur di taman neraka ini. Dimana pengunjung tidak dikenakan tarif tiket masuk alias GRATIS jika ingin melihat dan mengetahui isi dari taman Haw Par Villa Singapore.

Cara Menuju Ke Haw Par Villa Singapore

Untuk bisa sampai ke taman neraka Haw Par Villa Singapore, maka cukup mudah untuk Anda tempuh. Dimana Anda bisa menggunakan beberapa transportasi umum seperti MRT dan Bus.

• Dengan MRT: Jika ingin menggunakan MRT, Anda bisa mencari Stasiun MRT terdekat kemudian turun di Stasiun dekat Haw Par Villa (CC25), setelah itu, lewati jalur Circle Line dan lanjut berjalan kaki menuju taman Haw Par Villa.

• Dengan Bus: Jika ingin naik Bus, Anda bisa naik Bus nomor 176, 252, 716 yang menuju kawasan Pasir Panjang Road, Singapore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.