Tujuan Wisata Singapore River

Ingin berkunjung ke Singapore tetapi bingung apa yang bisa anda lakukan di sana memang akan membuat anda gelisah. Merencanakan liburan dengan jelas dan lengkap bisa membuat perjalanan menjadi lebih berkesan. Apalagi jika anda mengunjungi suatu lokasi berlibur tanpa informasi apapaun mengenai tujuan tersebut. Pastinya akan sangat membingungkan dan kurang memberikan semangat. Oleh karena itu, anda membutuhkan informasi dan rekomendasi mengenai tujuan wisata sebelum berangkat ke sana. Termasuk juga saat anda ingin berlibur ke Singapore, anda tentu tahu bahwa Singapore merupakan negara maju dan menarik karena keberadaan air di berbagai bagian wilayahnya.

Tahukah anda  bahwa ada suatu sungai di Singapore yang mengalir ke berbagai daerah di Singapore dan memberikan pemandangan kota yang indah? Sungai tersebut adalah Sungai Singapore atau yang lebih dikenal sebagai Singapore River. Singapore River dalam bahasa Melayu juga disebut sebagai Sungei Singapura oleh masyarakat Melayu di sana. Sungai ini mengalir secara paralel ke Jalan Alexandra dan kemudian bermuara ke Marina Reservoir di bagian selatan Singapore. Sebenarnya ada hal menarik mengenai sungai ini bahkan mulai dari lokasinya hingga panjangnya dan daerah yang dilalui. Itulah sebabnya anda perlu mengikuti pembahasan yang akan diberikan di bawah ini. Setidaknya ada cukup banyak informasi mengenai Singapore River yang  bisa anda ketahui dengan menyimak pembahasan berikut.

Singapore River

Informasi Umum dari Singapore RIver

Pertama-tama anda harus tahu terlebih dahulu informasi umum mengenai sungai yang satu ini. Berbicara mengenai sungai, maka penitng untuk anda mengetahui berapa panjangnya. Sungai Singapore ini memiliki panjang mencapai 3,2 kilometer. Panjangnya membentang mulai dari sumber airnya di Alexandra Canal hingga ke Marina Channel. Perlu diketahui bahwa bagian atas Singapore River dikenal sebagai Singapore River Planning Area dan bagian barat agak ke bawahnya dikenal dengan nama River Valley Planning Area. Masing-masing area tersebut melintasi daerah yang berbeda-beda.

Daerah Singapore River Planning Area mencakup wilayah Central Area Singapore atau daerah pusat Singapura. Pusat Singapore ini dinamakan sebagai Urban Redevelopment Authority. Lalu untuk bagian daerah lainnya yaitu River Valley Planning Area mencakup batasan daerah seperti River Vallet dan Museum di bagian selatan, Bukit Merah dan Tanglin di bagian barat, dan ada juga Downtown Core di bagian timur serta Outram di bagian selatan. Jadi itulah tadi penjelasan singkat mengenai Singapore River dan kini anda bisa lanjut mempelajari mengenai sejarah pengembangannya hingga bisa menjadi seperti sekarang ini. Simak terus pembahasannya di bawah ini.

Sejarah Singapore River

Sejarah Lengkap Pengembangan Singapore River

Catatan sejarah Singapore menjelaskan bahwa seluruh air dari Singapore River ini bermuara ke pelabuhan lama Singapore. Pelabuhan inilah yang menjadi titik awal berkembangnya kota Singapore itu sendiri. Dahulu kala berawal dari dibangunnya pelabuhan, muncullah aktivitas ekonomi, jual-beli, dan pertukaran di sini. Sejak dibuka pertama kali, Singapore River menjadi saksi aktivitas ekonomi yang terjadi di pelabuhan ini sehingga banyak juga kisah-kisah legenda mengenainya.

Salah satu legenda yang paling populer mengenai Singapore River adalah legenda putri Melayu yang pernah berlayar hingga menemukan jalur hingga akhirnya sungai bisa bermuara ke tempatnya saat ini. Setelah memasuki masa kepemimpinan Sir Stamford Raffles, akhirnya pentingnya sungai ini mulai dirasakan dan diperhatikan hingga akhirnya dikhususkanlah bagian utara untuk pemerintahan dan baian selatan dibangun berbagai sarana pendukung. Ada banyak dibangun jembatan di beberapa bagian Singapore River untuk memudahkan aktivitas yang berlangsung.

Pernah juga Singapore River mengalami masalah polusi. Air sungai tercemar karena sampah industri dan rumah tangga. Akibatnya dilakukan upaya keras untuk memastikan Singapore River bisa kembali bersih.seperti sedia kala. Saat ini Singapore River sudah terjaga kebersihannya walau ada sebagian daerahnya yang telah menjadi lokasi reklamasi.

Hal Menarik di Singapore River

Berbagai Hal Menarik di Sekitar Singapore River

Anda yang tertarik berlibur ke Singapore River jangan sampai melewatkan berbagai hal menarik di sekitarnya. Beberapa yang menarik perhatian adalah keberadaan patung-patung di sepanjang sisi Sungai Singapore ini. Patung yang bisa anda temukan antara lain adalah Fishing at Singapore River oleh Chern Lian Shan yang menampilkan aktivitas memancing di sini. Atau anda juga bisa menemukan patung The River Merchants oleh Aw Tee Hong dan mengambil beberapa foto di sini. Patung-patung di sepanjang sungai ini merupakan kontribusi para seniman yang ingin membuat Singapore River semakin berkesan sebagai tujuan wisata andalan Singapore saat ini.

Tidak hanya ada banyak patung di sepanjang sungai, anda juga bisa mengunjungi jembatan-jembatan yang melintasi sungai. Sebanyak setidaknya 14 jembatan di bangun di berbagai lokasi berbeda di atas sungai ini. Ada jembatan yang dibangun menggunakan kayu dan ada juga yang sudah direnovasi menjadi jembatan trendy saat ini. Anda bisa mengunjungi beberapa jembatan seperti Kim Seng Bridge, Robertson Bridge, Helix Bidge, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak sabar ingin berkunjung ke Singapore River dan menikmati keindahannya bukan?

Jadi demikianlah penjelasan menarik mengenai Singapore River yang mungkin belum banyak dketahui oleh para wisatawan. Ternyata Singapore River sangat menarik dikunjungi bukan. Jadi pastikan untuk memasukkan Singapore River sebagai tujuan wisata anda di Singapore ya. Nikmati keindahan sungai yang jernih dan tenang di berbagai wilayah di Singapore dan ambil juga beberapa foto di sekitarnya. Liburan anda di Singapore tidak lagi membosankan karena anda sudah mengetahui banyak mengenai berbagai lokasinya, seperti Singapore River ini, sebelum mengunjunginya. Nikmati liburan anda di sana ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.