Zona Menarik di S. E. A. Aquarium

SEA Aquarium Marine Life

S. E. A. Aquarium adalah salah satu tempat tujuan wisata di Singapore yang akhir-akhir ini banyak menarik perhatian wisatawan. Sebenarnya S. E. A. Aquarium adalah Singkatan dari South East Asia Aquarium atau yang banyak juga dituliskan menjadi Southeast Asia Aquarium. Sesuai dengan namanya, S. E. A. Aquarium adalah sebuah aquarium yang menampung sangat banyak makhluk hidup bawah laut untuk disaksikan langsung oleh para pengunjung. Saat ini S. E. A. Aquarium adalah aquarium terbesar di dunia yang mengalahkan Chimelong Ocean Kingdom di Hengqin, China yang sebelumnya sempat menempati urutan pertama. Ukuran besar aquarium ditentukan oleh banyaknya volume air yang ditampung dalam aquarium raksasa tersebut. Tidak tanggung-tanggung bahwa S. E. A. Aquarium ini menampung hingga 45.000.000 liter air untuk menjadi tempat hidup lebih dari 100.000 hewan laut dari 800 jenis spesies yang berbeda.

Tentunya makhluk hidup bawah laut yang sangat banyak hidup di dalam aquarium ini yang menjadi alasan para pengunjung tertarik untuk mengunjunginya. Sebenarnya apa saja makhluk hidup laut yang bisa anda temukan di aquarium? Bagaimana desain interior aquarium yang banyaknya membuat makhluk hidup laut tersebut bisa ditonton dengan mudah? Anda bisa mengetahui informasi lengkap mengenai aquarium ini pada pembahasan selanjutnya. Oleh karena itu, terus simak penjelasannya di bawah ini dan pelajari S. E. A. Aquarium sebelum anda mengunjunginya pada liburan berikutnya di Singapore.

SEA Aquarium Singapore

Apa Saja yang Ada di S. E. A. Aquarium?

Pergi berlibur ke Singapore dan tertarik mengunjungi aquarium, maka S. E. A. Aquarium ini adalah tujuan yang paling direkomendasikan. Berlokasi di dalam The Marine Life Park dari Resorts World Sentosa membuatnya dibangun dengan konsep yang sangat menarik. Anda bisa mengunjungi pulau Sentosa dan menjadikannya salah satu tujuan utama apalagi ketika berlibur dengan anak-anak. Sejumlah lebih dari 100.000 hewan laut hidup dalam 10 zona berbeda. Namun yang paling menjadi pusat perhatian dari aquarium ini adalah Open Ocean yang merupakan tanki berisi 18.000.000 liter air dengan sejumlah 50.000 hewan. Open Ocean ini yang paling menarik namun bukan hanya itu yang bisa dikunjungi di S. E. A. Aquarium. Anda bisa mengetahui apa saja yang ada di S. E. A. Aquarium dengan menyimak pembahasan mengenai 10 zona aquarium di bawah ini.

  1. Strait of Karimata and Java Sea

Zona pertama yang menjadi atraksi pertama di S. E. A. Aquarium adalah Strait of Karimata and Java Sea. Sesuai dengan namanya daerah ini adalah daerah habitat makhluk hidup yang berada di selat antara Karimata dan Laut Jawa. Jenis hewannya adalah ikan pompano, ikan kelelawar, ikan napoleon wrasse yang berada di bagian bawah Selat Karimata dekat sisi timur pulau Sumatra.

  1. Strait of Malacca and Andaman Sea

Selanjutnya ada zona kedua yang dinamakan sebagai Strait of Malacca and Andaman Sea. Kali ini makhluk hidup yang ditampilkan di zona ini adalah makhluk hidup yang berhabitat di Selat Malaka dan Laut Andaman. Jenis hewannya adalah ikan leopard wrasse dan ikan flasher wrasses biru.

  1. Bay of Bengal and Laccadive Sea

Ada juga daerah zona ketiga yang disebut sebagai Bay of Bengal and Laccadive Sea yang berarti Teluk Bengal dan Laut Laccadive. Zona ini berisikan banyak bintang laut dan timun laut. Ada juga banyak tumbuhan laut yang terancam punah di Teluk Bengal serta bisa juga ditemukan belut, ikan badut, dan lobster.

  1. Ocean Journey

Berikutnya anda bisa menuju ke zona keempat yang dinamakan sebagai Ocean Journey. Zona yang satu ini memungkinkan pengunjung untuk melakukan interaksi muka ke muka dengan Lumba-lumba hidung botol yang memiliki habitat di laut Indo-Pacific. Selain itu, ada juga kepiting raksasa serta berbagai macam ubur-ubur.

  1. Open Ocean

Inilah zona yang paling ramai dan menarik pengunjung S. E. A. Aquarium. Zona bernama Open Ocean ini menjadi tempat tinggal sangat banyak hewan laut yang berukuran besar. Salah satu yang pastinya paling ditunggu-tunggu adalah hiu leopar dan ikan pari manta yang sangat besar ukuran tubuhnya.

Ikan di SEA Aquarium Singapore

  1. Persian Gulf and Arabian Sea

Zona keenam yang menjadi zona di mana anda bisa melihat berbagai makhluk hidup laut yang berasal dari Persian Guld dan Laut Arab ini juga tidak kalah menarik. Ada sangat banyak pari berduri dengan bintik-bintik biru, bintang laut dengan tangan delapan buah, serta kepiting berkaki lembek. Jangan lewatkan juga ada banyak taman terumbu karang yang menjadi habitat ikan.

  1. Red Sea

Memasuki zona lainnya yang merupakan tempat hidup berbagai makhluk hidup yang berasal dari Laut Merah. Lokasinya ada sangat banyak terumbuh karang dan ikan-ikan yang hidup di dalamnya seperti fairy basslet, orangle-lined triggerfish, dan cowfish. Banyak sekali bukan ikan-ikan dari Laut Merah yang bisa anda pelajari di sini.

  1. East Africa

Kunjungi zona East Africa atau Afrika Timur di S. E. A. Aquarium juga untuk melihat banyak makhluk hidup laut yang baru. Lokasinya di desain sangat mirip dengan habitat aslinya yaitu di Danau Victoria dan Tanganyika. Jadi airnya sangat jernih dan menjadi tempat hidup ikan macam dari Afrika serta Frontosa.

  1. South China Sea

Penasaran dengan makhluk hidup yang berhabitat di Laut Cina Selatan? Anda bisa mengunjunginya di S. E. A. Aquarium ini. Anda bisa menemukan banyak jenis lobster, ikan singa, elut, dan banyak lagi yang lainnya. Silahkan nikmati keindahan habitat laut di zona-zona ini ya.

  1. Shark Seas

Zona terakhir anda bisa mengunjungi zona khusus habitat hiu laut. Anda bisa menemukan dan melihat langsung hiu silvertip dan hiu pasir. Perlu diketahui bahwa salah satu hiu terbesar di lautan ada di zona ini dan bisa anda saksikan secara langsung.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa saja yang ada di S. E. A. Aquarium yang dibagi menjadi 10 zona. Selain itu, anda yang lelah saat mengeliling aquarium juga bisa menikmati makanan lezat di restoran bernama Ocean Restaurant dan S. E. A. Side Snacks. Jika anda ingin membeli oleh-oleh, maka anda bisa menemukan banyak penjual souvenir di dekat pintu keluar aquarium. Jadi silahkan kunjungi S. E. A. Aquarium dan nikmati berwisata edukatif bersama makhluk hidup bawah laut di Singapore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.