Zona Waktu Singapura

Waktu Singapura

Anda ada keinginan untuk berlibur ke negara lain? Jika iya, maka anda harus mengetahui bahwa setiap daerah tertentu memiliki perbedaan waktu dengan daerah di mana anda berada. Artinya, ada banyak negara lain yang memiliki zona waktu berbeda dengan Indonesia. Bahkan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia yang notabene merupakan negara tetangga dari Indonesia pun, memiliki zona waktu yang berbeda. Jika anda berencana ingin mengunjungi Singapura, maka ketahuilah bagaimana zona waktu Singapura.

Zona waktu Singapura berbeda satu jam lebih cepat dari zona waktu Indonesia Barat dan sama dengan zona waktu Indonesia Tengah. Sebenarnya, secara posisi seharusnya zona waktu Singapura sama dengan zona waktu Indonesia Barat, namun ada beberapa hal yang menjelaskan mengapa zona waktu Singapura ini menjadi lebih cepat satu jam daripada zona waktu Indonesia Barat. Ingin tahu mengenai berbagai hal tentang zona waktu Singapura? Simaklah penjelasannya pada bagian berikut ini. Semoga dengan ini anda bisa menyiapkan waktu liburan ke Singapura dengan baik dan bisa dengan mudah menyesuaikan waktu selama berlibur di Singapura.

Zona Waktu Singapura

Apa Zona Waktu Singapura?

Singapura memiliki zona waktu yang dijelaskan sebagai GMT +08:00 atau UTC +08:00. Artinya, zona waktu Singapura ini memiliki waktu yang 8 jam lebih cepat dari waktu di GMT. Secara sebutan disebut sebagai Singapore Standard Time (SST). Namun dalam bahasa Indonesia bisa dijelaskan sebagai Waktu Standar Singapura. Karena Singapura juga memiliki masyarakat Tionghoa yang cukup banyak, maka bisa juga dinamakan sebagai 新加坡標準時間. Selain itu, juga banyak masyarakat Melayu di Singapura ini jadi bisa juga dinamakan sebagai Waktu Piawai Singapura (WPS).

Singapura dalam sejarahnya memiliki beberapa kali pergantian zona waktu. Mulai sejak tahun 1905 hingga sekarang sudah diterapkan 6 jenis zona waktu yang berbeda. Penasaran apa saja zona waktu yang diterapkan selama masa tersebut? Berikut ini daftar periode perbedaan waktu Singapura dalam zona waktu GMT.

  • Jangka waktu 1 Juni 1905 – 31 Desember 1932:                 UTC +07:00
  • Jangka waktu 1 Januari 1933 – 31 Agustus 1941:                UTC +07:20
  • Jangka waktu 1 September 1941 – 15 Februari 1942:         UTC +07:30
  • Jangka waktu 15 Februari 1942 – 11 September 1945:       UTC +09:00
  • Jangka waktu 12 September 1945 – 31 Desember 1981:    UTC +07:30
  • Jangka waktu 1 Januari 1982 – sekarang:                            UTC +08:00

Jadi berdasarkan penjelasan di atas, anda bisa membandingkan bahwa jika Singapura memiliki zona waktu GMT +08:00 dan Indonesia Barat adalah GMT +07:00, maka ada perbedaan waktu selama satu jam antara kedua negara ini. Kedua negara yang jaraknya sangat dekat bahkan bagian baratnya ada di lokasi yang kurang lebih sama, ternyata memiliki perbedaan waktu selama satu jam? Apa yang menjadi penyebabnya dan apa pertimbangannya? Informasi tersebut yang menarik untuk anda ketahui dan dapat anda pelajari pada bagian berikut ini. Jadi simak terus pembahasannya dan tambah pengetahuan anda mengenai perbedaan waktu saat travelling menjadi lebih banyak.

Zona Waktu Singapura

Pertimbangan Mengenai Zona Waktu Singapura

Ada alasan mengapa Singapura mengalami beberapa kali perubahan waktu jika dibandingkan dengan zona waktu GMT. Jika anda penasaran mengenai pertimbangan mengenai zona waktu Singapura ini, maka cobalah anda terus simak pembahasannya di sini. Ada alasan dan penjelasan mengenai setiap perubahan zona waktu yang sudah disebutkan di atas. Setidaknya ada 6 kejadian yang menyebabkan adanya 6 jenis zona waktu Singapura yang berbeda. Masing-masing alasan dan penjelasa mengenai perubahan zona waktu ini bisa anda ketahui melalui penjelasan pada bagian berikut ini. Semoga bisa menambah pengetahuan anda!

  • Awalnya pada tanggal 1 Juni 1905 – 31 Desember 1932, karena Singapura masih merupakan bagian dari Malaya saat itu maka secara zona waktu masih sama dengan Indonesia yaitu GMT +07:00. Jenis waktu ini bertahan hingga lebih dari 27 tahun lamanya. Jadi pada masa itu, waktu di daerah Singapura dengan Indonesia masih sama.
  • Berikutnya sekitar tanggal 1 Januari 1933 – 31 Agustus 1941, ada perbedaan waktu sedikit di daerah Singapura yaitu GMT +07:20. Alasannya adalah penyempurnaan waktu karena ditentukan sebagai bagian dari Britania Malaya dan menjadi berbeda sejauh 7 jam 20 menit.
  • Selanjutnya dilakukan lagi penyempurnaan zona waktu Singapura karena menjadi bagian dari Britania Malaya. Penyempurnaan ini hanya berlaku selama hampir setahun saja. Tepatnya berlaku sejak 1 September 1941 – 15 Februari 1942 menjadi GMT +07:30.
  • Singapura sempat juga berada di bawah penjajahan Jepang, sehingga kemudian Singapura kemudian diterapkan zona waktu sama dengan Tokyo yaitu GMT +09:00. Waktu ini berlaku di Singapura sejak 15 Februari 1942 – 11 September 1945 atau sekitar 3 tahun.
  • Perang Dunia II berakhir, kemudian menyebabkan daerah Malaya termasuk Singapura kembali dalam kekuasaan Britania. Jadi kembali lagi dalam zona waktu GMT +07:30 dan berlaku selama 36 tahun, yaitu 12 September 1945 – 31 Desember 1981.
  • Terakhir, zona waktu Singapura yang berlaku dari 1 Januari 1982 sampai sekarang adalah GMT +08:00. Hal ini disebabkan oleh penyempurnaan sekali lagi dari zona waktu Singapura terhadap zona waktu GMT.

Itulah tadi penjelasan mengenai zona waktu Singapura dan pertimbangan mengenai zona waktu ini. Sekarang anda sudah bisa memperhatikan mengenai zona waktu  ini dan bersiap untuk melakukan liburan ke Singapura. Jika anda memiliki kegiatan yang perlu diperhatikan di Indonesia selama sedang di Singapura, maka anda bisa menyesuaikan dengan perbedaan waktunya. Jadi cobalah untuk memahami mengenai perbedaan waktu ini mulai dari sekarang. Selamat belajar dan berlibur ke Singapura ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.