test
Home Tip Umum Liburan 12 Jenis Barang yang Wajib Dibawa ke Luar Negeri

12 Jenis Barang yang Wajib Dibawa ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri butuh perencanaan yang matang. Perencanaan yang perlu dilakukan antara lain menentukan pengeluaran (budget) untuk biaya hidup di luar negeri. Selain itu, tiket transportasi, visa,  akomodasi, dan keperluan lainnya sangat penting untuk diurus sebelum keberangkatan. Supaya perjalanan lebih menyenangkan karena tidak membawa barang-barang yang tidak penting maka simak artikel ini sampai selesai. Apa saja barang-barang wajib untuk traveling ke luar negeri? Ulasannya berikut ini.

  1. Pakaian Sesuai Musim di Negara Tujuan

Pakaian adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi ketika traveling. Perhatikan musim yang sedang berlangsung di suatu negara agar tidak saltum atau salah kostum. Ketika musim dingin bersalju maka siapkan coat, baju tebal, sarung tangan, dan kaos kaki agar tidak merasa kedinginan atau hipotermia. Begitu juga dengan musim gugur, bawalah baju tebal karena suhu masih dingin ketika musim gugur. Ketika musim semi dan panas maka bawalah pakaian casual yang pantas untuk dipakai. Untuk jumlah, pastikan baju yang dibawa tidak terlalu banyak sehingga koper atau travel bag tidak terlalu penuh.

  1. Paspor

Barang utama yang harus dibawa ketika traveling ke luar negeri adalah paspor. Jika belum punya paspor maka buatlah terlebih dahulu karena pembelian tiket pesawat membutuhkan nomor paspor. Jika paspor sudah atau akan kadaluarsa sebentar lagi maka segera perpanjang. Setidaknya paspor berlaku 6 bulan sebelum masa kadaluarsa agar tidak ada masalah di imigrasi negara mana saja.

  1. Berkas Perjalanan

Berkas perjalanan seperti tiket pesawat, bukti pemesanan hotel atau hostel, visa, dan lainnya adalah hal yang dibutuhkan setelah paspor. Tidak hanya membawa dokumen asli, fotokopi dokumen tersebut juga harus dibawa untuk mencegah kemungkinan buruk. Gunakan tas lain untuk menyimpan fotokopi berkas-berkas tersebut.

  1. Botol Minum

Harga air mineral dalam kemasan di luar negeri jauh lebih mahal sehingga dengan membawa botol air tentu akan menghemat pengeluaran. Harga satu botol air mineral di Indonesia sekitar Rp 3.000 hingga Rp 5.000 saja. Sedangkan di luar negeri, harga sebotol air mineral lebih dari Rp 20.000 yang sangat mahal. Isilah botol yang dibawa di penginapan secara gratis sehingga bisa menghemat pengeluaran.

  1. Travel Adaptor, Charger, dan Powerbank

Ketahuilah bahwa setiap negara mempunyai bentuk colokan listrik yang berbeda-beda antara lain colokan pipih, bulat, colok tiga, dan colok dua. Bentuk colokan di Indonesia adalah colok dua dengan bentuk yang agak bulat. Namun, bentuk colokan berbeda-beda di berbagai negara. Jangan beli travel adaptor di luar negeri karena harganya jauh lebih mahal. Ada perbedaan sistem kelistrikan di berbagai negara. Sistem listrik di Indonesia adalah 220 Volt. Sedangkan sistem listrik di Jepang sebesar 110 Volt. Perbedaan sistem listrik bisa mengakibatkan perangkat elektronik konslet sehingga Anda harus membeli travel adaptor yang mendukung double voltage atau tidak.

  1. Smartphone

Tidak hanya dibutuhkan untuk komunikasi, smartphone sangat dibutuhkan untuk maps dan kamus online. Dengan adanya maps, perjalanan akan lebih mudah sehingga Anda tidak akan tersesat. Selain itu, kamus online diperlukan untuk berkomunikasi dengan orang lokal yang tidak bisa berbahasa Inggris. Smartphone juga bisa dipakai untuk berfoto secara ringkas dan cepat. Jangan sampai smartphone tertinggal ya!

  1. Uang Tunai

Sediakan uang tunai berupa dollar USD dan mata uang negara tujuan. Mata uang USD akan memudahkan kita untuk menukarkan ke mata uang yang berlaku di negara tujuan. Ketersediaan uang tunai yang cukup akan mempermudah transaksi di negara tujuan terutama untuk membeli barang dan makanan di pedagang kaki lima.

  1. Kartu Kredit

Ketika bepergian ke luar negeri maka sebaiknya membawa kartu kredit. Kartu ajaib ini bisa menjadi penyelamat ketika kehabisan uang tunai. Namun, pastikan terlebih dahulu sisa limit kartu kredit sebelum membawanya ke luar negeri agar kartu bisa dilakukan untuk transaksi.

  1. Obat-Obatan Pribadi dan P3K

Manusia tidak pernah tahu apa yang akan terjadi sehingga antisipasi adalah hal yang harus dilakukan. Salah satu cara antisipasi ketika traveling ke luar negeri adalah membawa obat-obatan pribadi dan P3K. Ketahuilah, obat-obatan yang dibeli di luar negeri belum tentu cocok dengan tubuh kita sehingga cara terbaik adalah membawa obat-obatan dan P3K.

  1. Peralatan Mandi

Peralatan mandi terutama handuk dan tisu basah wajib dibawa ketika bepergian ke luar negeri. Belilah alat mandi dalam ukuran kecil (travel package) supaya tidak menghabiskan banyak ruang dalam tas. Tisu basah sangat penting ketika perjalanan jauh karena kita mungkin sulit mencuci tangan atau membersihkan bagian vital setelah buang air kecil atau buang air besar. Toilet di negara-negara maju umumnya tidak menyediakan pancuran atau wadah untuk air bersih. Kita sebagai orang Indonesia yang terbiasa membersihkan dengan air harus menggantinya dengan tisu basah.

  1. Kantong Plastik

Kantong plastik bisa membantu ketika liburan ke pantai atau tempat-tempat yang basah. Untuk itu, Anda harus membawa kantong plastik untuk berbagai keperluan darurat atau untuk menyimpan barang-barang basah.

  1. Kamera

Bepergian ke luar negeri terutama liburan harus membawa kamera untuk mendokumentasikan momen indah. Foto bisa dijadikan kenang-kenangan dan bukti kalau Anda pernah ke suatu negara. Kamera saku, kamera DSLR, atau kamera mirrorless bisa menjadi pilihan yang tepat. Ingatlah, bawa kamera yang dimiliki sekarang daripada harus menyewa.

Itulah 12 jenis barang yang wajib dibawa ke luar negeri. Jika memang membeli bagasi di pesawat maka Anda bisa membawa koper atau tas besar. Namun, untuk menghemat budget sebaiknya membeli bagasi ketika pulang saja. Kenapa demikian? Karena Anda mungkin harus membeli banyak oleh-oleh untuk orang-orang tersayang di tanah air. Happy traveling good people!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Category

Most Popular

Kidzania Singapore, Wisata Anak yang Paling Brilian

KidZania Singapore adalah sebuah tempat wisata edukatif untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak sekaligus cita-cita mereka. Konsep role playing dengan 60 tema keren di...

Bercengkrama dengan Alam di Sentosa Nature Discovery

Sentosa Island adalah sebuah pulau di Singapura yang direklamasi dan direkayasa menjadi kawasan wisata untuk para turis lokal dan internasional. Di pulau kecil ini terdapat banyak wahana seru untuk...

Tanya Jawab Untuk Yang Pertama Ke Singapore

Kadang bila bepergian pertama kali ke negara lain, kita punya perasaan takut kalau-kalau terjadi kejadian tidak mengenakan di luar negeri. Agar hal tersebut tidak...

Pertanyaan Seputar MRT di Singapore

MRT adalah salah satu alat transportasi utama di Singapura. MRT adalah jaringan kereta yang menghubungkan banyak tempat di Singapura. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering...

What's New

Tips Persiapan Traveling ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri lebih diminati pada saat ini karena harga tiket pesawat keluar negeri jauh lebih murah daripada tiket pesawat di dalam negeri....

15 Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Malaysia

Malaysia adalah negara tetangga Indonesia yang memiliki potensi wisata menarik dan beragam seperti Indonesia. Wilayah Malaysia tidak seluas Indonesia, tetapi Malaysia memiliki berbagai macam...

13 Tempat Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Thailand

Thailand menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan asing terutama wisatawan dari Eropa karena keindahan dan keunikan yang dimilikinya. Land of Smiles adalah sebutan...

4 Show Terbaik Wajib Lihat Saat Berlibur di Universal Studio Singapura

Universal Studio adalah salah satu lokasi wisata favorit yang wajib masuk dalam list itinerary. Rasanya tidak puas apabila datang ke Singapura tapi melewatkan lokasi...