13 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Pergi Ke Singapore

Singapore menjadi salah satu negara tujuan wisatawan dunia, termasuk warga Indonesia sendiri. Selain terkenal dengan destinasi wisatanya, Singapore juga terkenal sebagai negara maju dengan peraturan yang cukup ketat. Bahkan tidak sedikit yang menjulukinya sebagai negara dengan seribu satu larangan. Nah, untuk kamu yang baru pertama kali pergi ke Singapore. Ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum menginjakan kaki ke sana.

Apa yang Harus Diketahui Sebelum Pergi Ke Singapore?

Demi kenyamanan kamu saat pergi ke Singapore, maka beberapa hal ini wajib kamu ketahui. Dimana saat berada di negara Singapore, sebaiknya tinggalkan kebiasaan-kebiasaan yang mungkin sering kamu lakukan saat berada di negaramu sendiri, seperti:

1. Jangan Buang Sampah Sembarangan

Untuk kamu yang baru pertama kali pergi ke Singapore, maka jangan sekali-kali buang sampah sembarangan. Dimana untuk warga yang membuang sampah tidak pada tempatnya, maka akan dikenakan denda sebesar $ 300 – 1000 SGD. Tak heran jika negara ini begitu sangat bersih dan tertata rapi.

2. Mengunyah atau Buang Permen Karet

Untuk kamu yang suka permen karet, maka sebaiknya tidak membawanya saat pergi ke Singapore. Dimana Singapore memiliki peraturan yang sangat ketat bagi siapa saja yang mengunyah atau membuang permen karet sembarang maka akan dikenakan sanksi kurungan selama 2 tahun dan denda sebesar $ 100.000 SGD. Wah, sangat besar ya!

3. Lupa Menyiram Toilet Umum

Kebiasaan seperti ini memang sangat sering terjadi di Indonesia. Namun jangan coba-coba saat kamu berada di Singapore. Dimana bagi siapa saja yang lupa menyiram toilet umum setelah menggunakannya, maka akan dikenakan sanksi denda sebesar $ 1000 SGD.

4. Bermesraan di Tempat Umum

Bahkan untuk pasangan suami istri sekalipun Singapore menerapkan aturan untuk tidak boleh bermesraan ataupun berbuat mesum di tempat umum. Bagi warga lokal maupun warga asing yang melanggarnya, maka akan dikenakan denda dan hukuman sanksi pidana kurungan hingga 3 bulan lamanya.

5. Bertengkar atau Melakukan Kekerasan di Tempat Umum

Melakukan kekerasan ataupun bertengkat di tempat umum ternuata juga dilarang di Singapore. Dimana bagi warga lokal maupun warga asing yang bertandang ke Singapore dan melakukan kekerasan ataupun pertengkaran, maka pihak berwenang Singapore menerapkan denda sebesar $ 5000 SGD. Jadi, harus hati-hati ya jika mau bertengkar ataupun tidak sengaja melakukan kekerasan.

6. Merokok Sembarangan

Mungkin jika di Indonesia kebiasaan ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun jika berada di Singapore, kebiasaan seperti merokok di tempat umum maka ada hukumannya. Dimana untuk warga yang merokok sembarangan ataupun membuang putung tidak pada tempatnya akan dikenakan sanksi denda sebesar $ 1000 SGD.

7. Pasangan “Homoseksual” Tidak Diperbolehkan Masuk Singapore

Untuk pasangan “homoseksual” sepertinya Singapore bukanlah negara yang tepat untuk kalian. Dimana negara ini menolak pasangan sesama jenis untuk masuk ke negaranya. Selain itu, bagi turis yang sengaja melakukannya, maka akan ada sanksi pidan dan denda yang harus mereka tanggung sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

8. Kebut-Kebutan di Jalan Raya

Tindakan kebut-kebutan di jalan raya memang sangat dilarang di beberapa negara, termasuk di Indonesia sendiri. Namun Indonesia sepertinya kurang tegas dalam menindak lanjuti kasus tersebut. Hal ini sangat berbanding dengan negara Singapore. Dimana untuk warga yang melakukan kebut-kebutan di jalan raya akan dikenakan sanksi kurangan selama 2 bulan dan juga denda sebesar $ 5000 SGD. Untuk kamu yang ingin lebih aman, maka sebaiknya gunakan transportasi umum seperti MRT atau bus saja.

9. Menyebrang Sembarangan

Di Singapore kamu tidak akan menjumpai orang-orang yang menyebrang jalan dengan sembarangan. Karena di negara ini menyebrang jalan secara sembarangan akan dikenakan sanksi denda sebesar $ 500 SGD. Jadi, kamu tidak akan terjebak macet karena lalu lintas di negara ini begitu sangat tertib dan teratur.

10. Jangan Sampai Kamu Mencuri WiFi Orang Lain

Untuk kamu yang suka menyambung WiFi orang lain tanpa izin, maka siap-siap kena denda saat kamu berada di Singapore. Dimana pihak pemerintah negara Singapore menerapkan aturan bagi siapa saja yang mencuri atau membobol WiFi orang lain akan dikenakan sanksi denda sebesar $ 1000 SGD. Maka berhati-hatilah untuk kamu yang suka menyambung WiFi orang lain meskipun WiFi tersebut dalam keadaan terbuka.

11. Meludah di Tempat Umum

Meskipun berada di tempat sepi, jangan sampai kamu meludah saat pergi ke negara Singapore. Dimana kamu akan diawasi CCTV selama 24 jam. Bahkan jika kamu melanggarnya ataupun tidak snegaja meludah di tempat umum. Siap-siap dikenakan denda sebesar $ 1000 SGD.

12. Makan dan Minum Didalam Transportasi Umum

Jangan heran jika transportasi umum seperti MRT dan Bus di Singapore begitu sangat bersih dan nyaman. Dimana untuk siapa saja yang makan dan minum di dalam transportasi umum maka akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar $ 1000 SGD. Bahkan untuk kamu yang belum tahu pun, denda ini tetap diberlakukan meskipun tanpa sengaja melakukannya.

13. Bisa Minum Lewat Air Kran

Selain banyak peraturan yang harus kamu perhatikan, Singapore juga memiliki keunikan lain. Dimana setiap warga dan turis asing yang haus ketika berada di tempat umum. Maka tidak perlu jauh-jauh membeli air mineral. Dimana air kran yang ada di negara Singapore begitu sangat stereel sehingga airnya dapat diminum lamgsung.

Untuk kamu yang baru pertama kali menginjakan kaki di Singapore, maka beberapa hal di atas harus benar-benar kamu perhatikan. Jangan sampai kamu melakukan hal-hal yang menjadi larangan di negara ini jika ingin liburanmu terasa nyaman, aman dan mengasyikan. Itulah beberapa hal yang wajib diketahui sebelum ke Singapore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.