Hawker Singapura: Tempat Makan Murah di Singapura

Pergi ke Singapura tak lengkap rasanya jika tidak menjajakan diri untuk menikmati kuliner dari negara yang satu ini. Meskipun sebagian besar orang menganggap jika makanan di Singapura dijual dengan harga yang cukup mahal. Namun, tidak semua tempat makan memiliki harga yang mahal. Apalagi jika Anda memang tahu tempat makan murah di Singapura. Selain itu, negara ini juga memiliki Hawker yang khusus menjual aneka makanan dengan harga yang lebih murah.

Apa Itu Hawker?

Hawker adalah pusat makanan olahan atau pedagang kaki lima yang khusus menjual berbagai olahan makanan dengan harga yang lebih terjangkau. Mungkin saat di Indonesia makanan kaki lima seperti ini cukup mudah untuk ditemui. Bahkan hampir di sepanjang jalan atau pusat-pusat kota selalu ada makanan yang bisa Anda beli. Namun hal tersebut rupanya sulit ditemui di negara Singapura. Apalagi negara ini dikenal sebagai salah satu negara yang sangat bagus dari sisi tata kelola kota. Dimana hampir tidak ditemui pedagang kaki lima di sepanjang jalan Singapura.

Meskipun Anda tidak bisa menemui pedagang kaki lima di sepanjang jalan Singapura. Ternyata semua pedagang tersebut memang diharuskan untuk berada dalam satu lokasi yang telah disediakan. Di tempat-tempat inilah Anda akan menumui berbagai makanan olahan dengan harga yang lebih murah. Bahkan saat ini hampir di setiap kota yang ada di Singapura ada Hawkernya.

Selain bisa membeli makanan dengan harga murah, enaknya makan di Hawker adalah pilihan makanannya yang lebih banyak. Jadi untuk Anda yang bingung cari menu makanan di Singapura, cukp datang ke Hawker maka Anda bisa menemukan menu favorit di negara ini. Dan yang lebih bagusnya lagi, makanan disini sangat terjamin kebersihannya.

Untuk Anda yang bingung cari tempat makan murah di Singapura, beberapa Hawker Center Singapore ini bisa menjadi pilihannya:

1. Kompleks Chinatown Food Center

Kompleks Chinatown Food Center menjadi salah satu rekomendasi tempat makan murah yang bisa Anda kunjungi saat ke Singapura. Lokasinya sendiri berada di area Chinatown, Singapore. Di tempat ini Anda bisa menemui berbagai makanan murah dengan pilihan yang cukup beragam. Bahkan tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Kebanyakan warga lokal yang mampir ke tempat ini hanya untuk makan, minum, nongkrong, ataupun sambil membaca koran. Namun dari sekian banyaknya konter yang ada, ada satu konter yang cukup menarik perhatian dan bahkan selalu dipadati oleh turis asing, yaitu Hongkong Soya Sauce Chicken and Noodle.

2. Maxwell Food Center

Masih berada di kawasan Chinatown, Singapore. Tepatnya di sebuah gedung apartemen tualantai dasar, Anda bisa menemui jajakan aneka makanan yang dijual. Bentuknya hampir sama seperti Hawker Center pada umumnya. Disini Anda bisa memilih berbagai makanan dan minuman dengan harga yang lebih murah. Tetapi ada satu yang cukup menarik dan patut Anda coba, yaitu Tian-Tian Hainanese Chicken Rice yang menjadi favorit bagi para turis.

3. Makansutra Gluttons Bay

Salah satu Hawker teramai ini berada di area pinggir Marina bay. Dimana suasana disini sangat hidup dan lebih banyak dikunjungi di malam hari. Banyak orang lokal yang mencari makanan dan minuman disini. Meskipun tidak terlalu banyak jumlah Hawkernya, namun tempat ini cukup difavoritkan bagi turis asing yang bertandang ke Singapura.

4. Lau Pa Sat

Untuk Anda yang ingin mencari Hawker dengan jam buka 24 jam, maka tempat ini bisa menjadi pilihannya. Disini tersedia banyak konter yang menjual aneka makanan, bahkan untuk Anda suka berkuliner di malam hari tempat ini bisa jadi rekomendasinya. Selain itu, gaya bangunan dari tempat inipun juga unik dan bersejarah. Dimana bangunan berbentuk segi delapan yang ditopang dengan tiang raksasa. Meskipun dari segi arsitekturnya lebih klasik, namun tempat ini justru banyak menjual makanan-makanan modern khas Singapura.

5. Singapore Food Trail

Untuk Anda yang ingin mencari tempat makan murah di pusat kota Singapira, maka tak perlu jauh-jauh. Disini di Singapore Food Trail Anda bisa menemui aneka makanan khas Singapura yang dijual dengan harga yang lebih murah. Lokasinya tepat berada di bawah Singapore Flyer. Tempat ini cukup ramai dikunjungi warga lokal maupun turis asing. Bahkan di tempat ini Anda masih bisa menemui penjual yang menggunakan gerobak dorong.

6. Tiong Bahru Market and Food Center

Sebenarnya tempat ini sudah ada sejak 1950-an, namun belum lama ini gedung direnovasi sehingga bangunannya nampak lebih baru. Tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu Hawker favorit di negara Singapura. Banyak penjual makanan disini yang membuka cabang baru di tempat lain. Sehingga selain bisa menemui aneka makanana khas Singapura di Tiong Bahru Market and Food Center. Anda juga bisa menemuinya di hawker-hawker lain, misalnya saja seperti konter Tiong Hainanese Boneless Chicken Rice.

7. Old Airport Road Food Center

Old Airport Road Food Center menjadi salah satu hawker tertua di Singapura. Disini Anda bisa menemui banyak penjual makanan yang enak-enak. Ada 150 lebih hawker yang bisa Anda temui disini. Meskipun lokasinya sedikit lebih sulit dijangkau, namun hawker ini cukup direkomendasikan untuk Anda yang ingin berburu makanan murah Singapura dengan pilihan yang lebih banyak.

Kini untuk Anda yang ingin berlibur ke Singapura dan masih ragu karena makanan disana mahal-mahal. Maka beberapa Hawker Singapore di atas bisa menjadi pilihan untuk menemukan aneka makanan dan minuman dengan harga yang lebih murah. Bahkan untuk Anda yang suka berburu kuliner, hawker tersebut bisa menjadi rekomendasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.