Imigrasi: Kartu Kedatangan Singapura

Disembarkation / Embarkation Card

Kartu kedatangan/keberangkatan (disembarkation/embarkation card) adalah kartu masuk dan keluar imigrasi Singapura.

Kartu tersebut diberikan pada saat naik pesawat dari Indonesia. Bila anda belum mendapat kartu ini anda bisa memintanya kepada pramugari.

Kartu ini terdiri dua bagian yang dapat disobek, yang pertama kartu kedatangan, dan bagian lainnya kartu keberangkatan.

Setelah kartu anda isi lengkap, kartu akan diperiksa oleh petugas imigrasi. Kartu kedatangan akan disobek dan bagian kartu keberangkatan akan diberikan kepada kita.

Simpan kartu keberangkatan dengan baik, karena pada saat anda keluar Singapura, kartu tersebut akan diminta. Sebaiknya simpan di dalam paspor agar tidak lupa.

Cara Mengisi Kartu Kedatangan Singapore

Kartu Kedatangan

Kartu Keberangkatan

Bagian kiri dari kartu adalah kartu kedatangan (disembarkation card), dan bagian kanan adalah kartu keberangkatan (embarkation card).

Formulir tersebut harus diisi sebenar-benarnya, karena bila tidak diisi benar bisa menjadi masalah dikemudian.

Cara mengisinya cukup mudah, anda tinggal isi kartu tersebut sesuai petunjuk yang ada di situ. Bila anda tidak membawa alat tulis, anda bisa menuju meja di dekat pintu imigrasi, disitu disediakan alat tulis.

Anda wajib mengisi berapa lama anda akan tinggal di Singapura, dan alamat tempat tinggal anda. Bila bagian ini tidak diisi, kemungkinan anda akan kesulitan masuk ke Singapura.

Bila belum tahu berapa lama tinggal silakan isi kira-kira berapa hari anda akan tinggal di Singapura. Bila belum tahu tempat tinggal anda di Singapura, silakan isi kira-kira di hotel mana anda akan menginap.

Kartu Keberangkatan

Kartu kedatangan akan disimpan petugas imigrasi, sedang kartu keberangkatan akan dikembalikan kepada anda.

Simpan baik-baik, jangan sampai hilang. Taruh di dalam paspor supaya tidak tercecer.

Kartu ini akan diminta ketika anda meninggalkan Singapura.

You can leave a response, or trackback from your own site.

28 Responses to “Imigrasi: Kartu Kedatangan Singapura”

  1. dedy says:

    halo,mau tanya nih….klu kartu kedatangannya di sobek dan kartu keberangkatannya sama kita di pegangnya,nah klu kita pulangnya tdk dgn pesawat lg alias ke kuala lumpur gmn tuh?apakah nanti saat cekpoint kita menyerahkannya di perbatasan atau bgimana ya?ok trimakasih

  2. Nasir says:

    tanya bos,
    di bagian imigrasi singapura nanya ke kita pakai bahasa apa ya? inggirs? kalau kurang paham inggris gimana ya? kalau sudah tanya panjang lebar

  3. deden says:

    Mau tnya jg nih ikutan…….klo kartu keberangkatannya hilang gmana solusinya dan apakah kena denda……
    Trima ksih…..

  4. ikrom says:

    mau tanya, rata2 berapa lama yg normal saat proses imigrasi ini ?

  5. Abdillah says:

    min?

    bagaimana klo saya ngga nginep di hotel? maksudnya saya 3hari dsana tapi malamnya lgs ke malaysia.

  6. Dewi Oktaviani says:

    Aq mau tanya dunk … Di form itu kan Ada next city,Kalo aq Pulang ke jkt lewat KL apa harus tulis KL atau ttp Jakarta ?? Thx…

  7. Dendy says:

    mau tanya nih, kalau saya mau pulang lewat malaysia, lalu kartu keberangkatannya gimana? apa masih pake yg singapura? bermasalah tidak?

  8. onny says:

    Tanya donk, klo saya cuma transit di singapur aja stlh smp changi saya ke imigrasi langsung atau nunggu saja di dalam?

  9. Sue says:

    halo…
    saya dari malaysia, tggal di bogor selama 3 bulan utk belajar.
    pulang ke malaysia pada 25dec 2013. kartu yang ditulis di dalam pesawat telah hilang. apa masalah nanti apabila mahu pulang ke malaysia?? perlu kah saya lapor kepada kantor imigrasi di bogor??

  10. eii says:

    haloo..
    saya mau tanya bila saya transit 1 hari di singapore besok nya terbang ke negara lain. bolehkah saya keluar dr airport? untuk jalan2 di kota? dan perlukah saya meminta disembarkation/embarkation card? karena saya pernah hanya transit di singapore namun tidak keluar dari bandara changi, namun tidak perlu mengisi kartu tersebut.

    thank you

    • admin says:

      Kalau tidak keluar imigrasi tidak perlu isi kartu. Kalau keluar dr airport, masuknya harus checkin lagi, jadi pastikan maskapai penerbangan mengijinkan anda untuk checkin kembali.

  11. anonim says:

    Malam min, harus ada asuransi perjalanan ga sih? Saya ga ada asuransi, kira2 masalah ga ya?

    • admin says:

      Asuransi perjalanan tidak diwajibkan. Tetapi sebaiknya punya asuransi perjalanan, bisa beli saat pesan tiket pesawat.

  12. Adi says:

    tanggal 23 april besok saya akan ke singapura dengan passport yg akan expired tanggal 10 october 2014.

    Perjalanan ini untuk lihat pameran di singapore,

    Apakah tidak ada problem dengan masa expire yg 6 bulan kurang 12 hari tersebut?

    • admin says:

      Kami tidak tahu apakah problem atau tidak, pihak imigrasi yang menentukan bisa atau tidaknya. Anda bisa menghubungi pihak imigrasi untuk informasi lebih lanjut.

  13. ade says:

    permisi mau tanya, kalo cuma mau transit sekitar 3 jam n keluar changi, perlu ngisi n ngasih kartu ke datangan juga gak? terimkasih

  14. Asprilia Haifa says:

    Hello. Nama lengkap saya di paspor berbeda dengan nama lengkap saya di tiket pesawat (hanya tiket pergi dari Jkt-SG). Nama di paspor saya Asprilia Haifa Asphian Nur, sedangkan nama di tiket saya Asprilia Haifa Asphiannur. Kurang 1 spasi. Apakah itu bermasalah saat sampai di Singapore? Nama lengkap yang diisi di kartu kedatangan sesuai paspor atau tiket pesawat? Kalau di tiket pulang ke Jkt, nama lengkap sudah benar tidak ada yang salah. Terima kasih.

Leave a Reply